10 Hal Penting yang Harus Dilakukan Ketika Menginjak Usia 30

Blog

Apakah anda baru saja memasuki usia 30 tahun? Tak perlu khawatir, sebab di usia inilah anda perlu menikmati kehidupan yang lebih baik lagi. Yah, usia kepala tiga merupakan usia awal kedewasaan kita dalam menjalani kehidupan ini. Tentunya akan banyak sekali perubahan yang akan anda alami, termasuk anda akan semakin mengerti bagaimana menjalani kehidupan yang sebenarnya. Karena bagaimana pun anda pasti memiliki sebuah rencana hidup yang matang, dan hal ini bukan soal mudah. Di usia dewasa ini anda akan mengalami pelajaran hebat dari orang lain dan lingkungan sekitar. Apakah anda siap menginjak usia 30? Pastinya ada banyak hal yang ingin anda capai bukan? Nah, agar anda tidak menyesal di kemudian hari, beberapa hal penting ini sebaiknya anda lakukan saat memasuki usia 30-an.

 

1.Mulailah menabung dari sekarang

Sejak kecil kita sudah diajarkan untuk menabung. Apakah hal ini masih anda lakukan? Jika iya, beruntunglah anda. Yah, sebaiknya teruslah menabung meski usia anda kini menginjak 30 tahun. Selain itu, cobalah sedikit demi sedikit mengurangi kebiasaan belanja, membeli barang-barang yang unfaedah. Menabung sejak dini, bukan hanya untuk kehidupan di hari tua saja, tapi juga bisa menjadi pegangan hidup anda kelak. Jadi, cobalah mulai dari sekarang menabung dan barengi dengan kebiasaan hemat agar anda bisa menjadi pribadi yang jauh lebih baik lagi.

 

2.Lakukan apa yang ingin anda lakukan

Apakah masih ada hal yang ingin anda lakukan? Jika ada, ini kesempatan anda untuk melakukannya. Jangan ragu-ragu untuk melakukan hal-hal yang paling ingin anda lakukan di usia 30-an. Misalnya, belajar menjahit, memasak, membuka usaha kecil-kecilan atau pergi ke luar negeri. Asalkan semuanya masih di jalur yang positif dan tidak merugian anda why not? Tapi ingat, tetap bijak dalam melakukan segala hal yah. Misalnya saja, tidak boros pengeluaran dan selalu menjaga kondisi kesehatan tubuh. Yuk, lakukan apa yang menjadi keinginanmu sekarang.

 

3.Belajar mencari solusi sendiri

Hal penting lainnya yang harus anda lakukan adalah sudah waktunya kita tidak boleh “manja” terutama dalam menghadapi masalah. Namun, kita perlu berkembang untuk mencari solusi. Jika ada solusi yang tidak bisa berjalan dengan baik, tidak apa apa, jadikan hal ini sebagai pelajaran untuk anda supaya bisa menjalani hidup dengan lebih baik lagi.

 

4.Berada di dekat orang sukses

Jika anda ingin sukses di usia 30, cobalah berada di lingkungan yang bisa membantu anda untuk meraih kesuksesan itu. Untuk itu saatnya anda memilih teman yang bisa memberikan dampak positif untuk hidup anda, dan jangan ragu menjauhi teman-teman “toxic” anda.

 

5.Saatnya pertahankan hubungan dengan orang-orang terdekat

Pertahankan hubungan, baik dengan orang lain, saudara maupun orang tua. Jangan biarkan masalah terus berlarut dan membiarkan kebencian berakar dalam hati. Keluarga adalah harta paling penting dalam hidup, begitu juga orang lain di sekeliling anda yang berperan membentuk kepribadian anda. Pertahankan dengan menjalin keharmonisan bersama agar di usia anda yang menginjak 30 ini banyak menuai hal positif untuk anda dan orang lain.

 

6.Belajar memberi

Hal berikutnya yang tak kalah penting adalah, anda harus belajar memberikan kebaikan kepada orang-orang sekitar anda. Tak perlu memberikan hal yang besar, cukup dengan hal-hal kecil. Dengan belajar memberi, anda akan semakin bersyukur dengan apa yang anda miliki sekarang. Mungkin semua orang bisa berbicara baik, tapi belum tentu bisa berbuat baik. Yuk, belajar memberi kebaikan dari sekarang.

Belajar

 

7.Belajar bertanggung jawab

Selain belajar memberi, ada hal penting lain yang juga patut dilakukan di usia anda yang ke 30. Seperti belajar bertanggung jawab untuk diri sendiri dan orang lain. Yah, di usia ini anda akan semakin menyadari bagaimana harus bertanggung jawab dengan kehidupan ini. Untuk itu, jangan sia-siakan pelajaran berharga ini untuk membuat diri anda semakin berkembang lebih baik, termasuk dalam karir anda.

 

8.Menjaga kesehatan tubuh

Yakin masih mau menunda olahraga? Kini saatnya anda mulai rutin berolahraga agar tetap sehat dan bugar. Tak perlu olahraga setiap hari atau selama 2 jam perhari, cukup satu minggu sekali tetapi dilakukan secara rutin itu lebih baik dari pada tidak sama sekali. Bagi para wanita, di usia 30-an tentu saja perubahan hormon akan terjadi dan hal ini bisa berdampak pada kesehatan. Maka dari itu, mulailah komitmen untuk olahraga.

 

9.Istirahat yang cukup

Jika tadi sudah membahas pentingnya olahraga di poin delapan. Kini anda juga harus memperhatikan waktu istirahat. Yah, semakin bertambahnya usia, energi yang kita miliki pun mungkin tidak akan sebanyak waktu usia 20-an. Untuk itu, saatnya anda mulai mengatur waktu tidur sebaik mungkin. Mulailah tidur yang cukup dan berkualitas minimal 7-8 jam per hari dan kurangi bergadang.

 

10.Mulai mengonsumsi makanan sehat

Setelah rutin berolahraga dan menjaga kualitas tidur, di usia 30-an ini anda juga harus mulai mengurangi makanan junk food dan menggantinya dengan makanan-makanan sehat seperti sayuran, buah-buahan. Hal ini bertujuan untuk menjaga kesehatan dan menghindari berbagai penyakit yang rentan terjadi di usia 30-an.

Mulai

Berbagai hal di atas adalah sebagian kecil langkah yang harus anda lakukan di usia 30. Masih banyak lagi hal-hal penting dan positif yang mesti anda tanamkan agar kualitas hidup semakin baik. Semua orang akan mengalami perubahan dan baik buruknya akan kembali pada diri masing-masing, semua tergantung pada apa yang dilakukan. Semoga artikel ini bisa menjadi wadah solusi bagi para pembaca dan orang lain disekitar kata.

BACA JUGA : Ketika Aku Salah Mengambil Keputusan

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu