Cara Alam Menenangkan Saraf dan Kecemasanmu

3 Cara Alam Menenangkan Saraf dan Kecemasanmu

Blog

Urbanwomen. Alam merupakan tempat terbaik untuk kamu dapat berdamai dengan masa lalu dan segala hal yang membosankan dalam hidup. Dalam lingkungan yang penuh dengan ketidakpastian ini tidak mengherankan jika kamu mungkin merasa cemas. Terlalu mudah untuk terjebak dalam pikiran cemas, mengkhawatirkan masa depan, dan menjalani skenario terburuk di kepalamu. Kabar baiknya adalah kamu tidak perlu seperti ini. Kamu dapat mengembangkan praktik yang dapat menenangkan pikiran, melepaskan ketegangan, dan memberikan jeda dari kekhawatiran stres, dan kecemasan sehari-hari. Alam, khususnya menawarkan kesempatan yang tak terhitung banyaknya untuk beristirahat dari pikiran yang bermasalah. Ada beberapa cara menakjubkan dan sederhana untuk memanfaatkan anugerah alam untuk meredakan kecemasan. Berikut 3 cara alam menenangkan saraf dan kecemasanmu.

  1.     Alam melibatkan inderamu

Apakah kamu tinggal di dekat hutan dengan anak sungai dan jalan setapak, tinggal di lingkungan pinggiran kota, dan melihat pemandangan kota perkotaan yang berpasir, alam tersedia dalam kelimpahan jika kamu mencarinya. Temukan tempat alammu, tempat di mana kamu bisa menikmati alam sekitar; sebatang pohon, daun, sekuntum bunga yang tumbuh dari celah di trotoar, sehelai rumput. Libatkan semua inderamu. Pertama, biarkan penglihatanmu melembut saat kamu mengambil bentuk pohon, warna daun, cahaya yang terpantul dari bunga, atau tekstur embun pada helai rumput. Lihatlah seberapa banyak indera yang dapat kamu libatkan dalam proses tersebut, dengan melibatkan sentuhan, rasa, dan penciuman, jika memungkinkan. Jika kamu melakukan ini setiap hari, kamu mungkin menemukan kegembiraan yang ditimbulkan secara alam meredakan kekhawatiran, bahkan untuk sesaat.

  1.     Berlatihlah “bersaksi” dengan penuh perhatian

Kehadiran yang penuh perhatian membantumu memperlambat dan mengendurkan sistem saraf, menenangkan kecemasan dan stres. Kamu bisa menggunakan kehadiran yang penuh perhatian di alam untuk mendapatkan kebaikan ganda. Temukan pengalaman yang menyenangkan di alam, yang memberimu kegembiraan. Bisa berupa pemandangan kupu-kupu terbang, cabang yang bergerak tertiup angin, atau suara kicau burung. Jadikanlah sebagai praktik harian untuk berhenti dan luangkan waktu 20 detik untuk menyerap pengalaman. Seiring berjalannya waktu, kamu mungkin memperhatikan bahwa Latihan harian 20 detik jeda alam sadar dan disengaja ini dapat berdampak kuat pada perspektif dan kesejahteraanmu.

  1.     Cobalah membumi

Jika kamu pernah menenggelamkan kaki di pasir di pantai atau berjalan di atas rumput dengan melepas sepatu di taman, kamu tahu perasaan nikmat yang bisa kamu dapatkan saat kakimu bersentuhan dengan bumi. Menyentuhkan kaki telanjangmu ke tanah secara harfiah dikenal sebagai “membumi”. Membumi dapat memiliki manfaat yang tak terhitung banyaknya mulai dari menenangkan sistem saraf hingga meningkatkan rasa nyaman. Menurut artikel yang diterbitkan oleh National Center for Biotechnology (NCBI), para peneliti menemukan bahwa membumi berkontribusi pada pengurangan hormon stres kortisol, yang menghasilkan tidur yang lebih baik, suasana hati yang lebih baik, dan pengurangan kecemasan, stress, dan depresi.

Bersantai di alam akan membantumu melupakan hal buruk dalam hidup dan berdamai dengan masa lalu. Selagi ada kesempatan, yuk mulai menyatu dengan alam!

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu