3 Cara untuk Melindungi Pernikahanmu dari ‘Pernikahan Kelabu’

3 Cara untuk Melindungi Pernikahanmu dari ‘Pernikahan Kelabu’

Blog

Urbanwomen – Perceraian tidak bisa dihindari oleh pernikahan yang dilakukan karena keinginan sendiri atau yang menikah karena tuntutan keluarga. Banyak pasangan tua yang sudah menikah hingga usia puluhan tahun tapi akhirnya memutuskan untuk bercerai. Dari sinilah muncul istilah ‘pernikahan kelabu’. Pasangan tua ini biasanya bertengkar hampir setiap hari. Menurut data statistik di AS, perceraian kelabu (pasangan yang berpisah setelah usia 50 tahun) sedang meningkat. Maraknya hal tersebut tidak menutup kemungkinan bisa marak pula di Indonesia. Tidak bisa dibayangkan bagaimana membagi harta gono-gini dan harus mencari pasangan lagi setelah usia yang tidak muda lagi. Selain itu, dampak emosional ini akan menghancurkan seluruh anggota keluarga. Namun, untuk mencegah ini terjadi, kamu bisa melakukan 3 cara di bawah ini untuk melindungi pernikahanmu dari pernikahan kelabu.

1.Jangan hanya tinggal bersama untuk anak-anak

Jangan memiliki pikiran untuk tinggal bersama hanya karena anak-anak. Hal ini bisa menjadi alasan utama bahwa pernikahan tidak berjalan dengan baik. Memperlihatkan pernikahan yang tidak sehat di depan anak-anak setiap harinya akan mempengaruhi mental anak. Tanpa disadari mungkin kamu bertengkar di depan anakmu yang membuat sang anak akan trauma untuk menikah atau malah membuat sang anak menjadi penyendiri. Tetaplah bersama pasanganmu untuk dirimu sendiri. Perbaiki pernikahanmu karena pernikahan yang baik layak untuk diperjuangkan. Anak-anakmu akan berterima kasih padamu suatu hari nanti.

2.Bermimpilah bersama dan buatlah rencana bersama

Salah satu penyebab terbesar perceraian adalah uang. Beban finansial dalam pernikahan adalah penyebab mimpi buruk. Di usia pensiun, kesengsaraan uang bisa jadi sangat menghancurkan. Kamu dan pasangan mungkin menghabiskan tahun-tahun awal pernikahan dengan mimpi-mimpi masa depan. Namun pada titik tertentu, mimpi tersebut membutuhkan perencanaan yang kokoh untuk menjadi kenyataan. Karena tanpanya, kita mendapati diri kita mengeluarkan uang berlebihan dan kurangnya tabungan untuk pengeluaran yang tak terduga. Jika kamu tidak terlalu paham tentang finansial, pertimbangkan untuk menggunakan jasa perencana keuangan atau tuliskan anggaran secara rinci bersama pasanganmu. Dengan melindungi masa depanmu secara finansial, kamu juga menjaga pernikahanmu.

3.Sadari perubahan

Jika kamu sudah menikah dengan pasangan selama beberapa tahun, kamu pasti tahu bahwa orang-orang pun akan berubah. Kamu telah berubah dan pasanganmu juga. Penting untuk mengetahui kepribadian orang yang kamu nikahi sekarang. Teruslah pahami pasanganmu, entah itu kamu sudah menikah selama setahun, lima tahun, atau bahkan lebih dari 40 tahun. Terlibatlah dalam minat baru mereka, ajukan semua pertanyaan yang kamu inginkan seolah-olah ini adalah kencan pertama dengan mereka. Dan biarkan dirimu terbuka untuk jatuh cinta lagi dengan pasanganmu. Jangan biarkan sesuatu seperti perceraian kelabu merampasnya darimu.

Baca Juga: 7 Cara untuk Mewujudkan Pernikahan Impianmu

Itulah 3 cara untuk melindungi pernikahanmu dari pernikahan kelabu. Semakin tua usia kita, semakin banyak perubahan yang dialami. Menikah karena tuntutan keluarga atau menikah karena keinginan sendiri akan selalu menghadirkan perubahan, oleh karena itu penting untuk kenali pasanganmu dengan baik.

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu