3 Mantra Ajaib yang Akan Membantu Hidupmu

Inspirasi Hati

Urbanwomen – Hi sist, kamu pernah dengar gak sih istilah ‘the three magic words’?

Atau kamu justru sudah akrab dan terbiasa menggunakannya di kehidupan sehari-hari?

Disebut three magic words atau tiga kata ajaib bukan berarti kata-kata tersebut mengandung sihir atau bisa merubah katak menjadi bunga. Tapi meskipun begitu, tiga kata ini memang benar bisa menjadi keajaiban jika kamu menggunakannya dengan tulus pada kehidupan sehari-hari.

Apa sih tiga kata ajaib itu minsis? Simak penjelasannya sampai habis ya sist

1. PLEASE/TOLONG

Kita semua pasti diajari ketika masih kecil untuk mengatakan “tolong” saat meminta bantuan orang lain, tapi kenapa sih kata itu sangat penting untuk ditambahkan ke setiap permintaan dan percakapan?

Kata tolong adalah kata ajaib pertama yang sering digunakan ketika seseorang ingin meminta bantuan dari yang lain. Tapi, masih ada beberapa orang termasuk diri kita sendiri saat meminta bantuan tidak menyelipkan kata tolong diantaranya. Terlepas dari kepada siapa kamu berbicara. Itu tidak mengubah fakta bahwa hal tersebut tidak sopan. Seperti kata pepatah, 

“kamu harus memberi hormat untuk mendapatkan rasa hormat”. 

Ketika Anda sopan dan berkata tolong, orang-orang akan lebih menghargai Anda sebagai balasannya. Meminta sesuatu dengan hormat dari orang lain dengan menggunakan kata “tolong” memungkinkan orang tersebut untuk menanggapi permintaan kamu lebih cepat, dibandingkan dengan orang lain yang meminta bantuan tanpa sopan santun. Karenanya kamu bisa mendapatkan segalanya lebih cepat hanya dengan satu kata ajaib yaitu “tolong”.

Menyertakan tolong dengan permintaan kamu bukan hanya norma sosial saja tetapi, jika dikomunikasikan dengan rasa penghargaan yang tulus, itu adalah cara yang ampuh untuk menjalin hubungan baik, dan mengembangkan karaktermu sendiri.

2. SORRY/MAAF

Maaf adalah kata ajaib penting kedua yang sangat diperlukan untuk kehidupan dan hubungan kita secara keseluruhan. Bukan hanya maaf tapi permintaan maaf yang tulus. “Maaf” adalah ungkapan sederhana namun terkadang sulit diucapkan. Jelas jika 3 kata ajaib, ini menjadi yang paling sulit digunakan karena banyak alasan.

Kenapa sih meminta maaf itu sulit?

Salah satu alasan utama yang membuat orang sulit menggunakan kata ajaib ini tidak lain adalah egosentrisme. Mengakui bahwa kita salah dan meminta maaf dapat menjadi ancaman bagi ego dan harga diri kita. Kamu harus belajar bagaimana bersikap objektif dan mengakui kesalahan Anda. Beberapa orang lain melihat permintaan maaf sebagai tanda kelemahan, tetapi sebenarnya, itu adalah ciri kekuatan.

Meskipun permintaan maaf tidak dapat mengubah suatu tindakan, permintaan maaf yang tulus dapat membuat seseorang yang terluka merasa jauh lebih baik. Pihak yang tersinggung, yang menerima permintaan maaf, akan memunculkan rasa empati terhadap pelaku, yang kemudian mengubah perasaan terluka menjadi pengampunan.

Itu juga dapat memulihkan pemahaman dalam suatu hubungan. Ketika kamu meminta maaf, pihak lain akan lebih bersedia untuk memahami sesuatu dari sudut pandang kamu. Kata maaf tidak hanya diucapkan ketika kamu telah menyakiti seseorang, tetapi juga dapat digunakan sebagai pengantar ketika kamu akan mengatakan sesuatu yang tidak ingin mereka dengar atau ketika kamu akan menolak sesuatu atau menyampaikan kabar buruk.

Kamu harus memahami bahwa penyesalan mendalam lebih dari sekadar mengatakan kamu menyesal. Bagaimana kamu mengatakannya lebih penting daripada kata itu sendiri. Kamu seharusnya tidak mengucapkan kata “maaf” sementara bahasa tubuh kamu mengatakan kata-kata “Saya tidak peduli”.

3. THANKS/TERIMA KASIH

Dan terakhir, kita memiliki kata ajaib ketiga yaitu kata Terima kasih.  “Terima kasih” berarti saya bersyukur dan saya menghargainya. Kamu pasti tidak bisa maju dalam hidup jika kamu tidak bersyukur atas apa pun. “Terima Kasih” adalah tanda hormat yang sederhana. Jika kita tidak mengungkapkan rasa terima kasih, hubungan kita mungkin berubah karena kita menunjukkan bahwa kita tidak peduli atau menghargai usaha orang lain.

Di dunia di mana banyak dari kita begitu terpaku pada perasaan berhak, kita sering gagal untuk bersyukur. Tidak ada keraguan bahwa orang-orang tertentu memang memiliki peran penting dalam hidup kita. Kita mungkin berpikir

“Ayah dan ibuku membawaku ke dunia ini jadi sudah seharusnya mereka harus bertanggung jawab dan memenuhi setiap kebutuhanku”

Tapi apakah kamu pernah berhenti sejenak untuk memikirkan orang-orang yang sama sekali tidak memiliki siapapun untuk bersandar dan anak-anak yang telah ditelantarkan? Rasa berhak yang melimpah itu seringkali membuat kita lupa untuk mensyukuri sedikit usaha yang dilakukan orang terdekat salah satunya orang tua.

Belajarlah untuk lebih bersyukur. Karena ini akan membuat kamu bergerak lebih cepat dalam hidup dan membuat orang lebih bersedia membantu kamu. Tidak ada yang ingin terus-menerus membantu orang yang tidak tahu berterima kasih yang selalu merasa 

“Memang sudah seharusnya begitu kan?”

Kita harus selalu belajar untuk menghargai perbuatan baik dan waktu yang diberikan untuk melakukan perbuatan itu. Meskipun ‘terima kasih’ tidak boleh menjadi alasan atau motivasi bagi siapa pun untuk membantu orang lain, tetapi seperti yang kita ketahui, beberapa orang melakukan perbuatan tertentu karena mereka mencari pengakuan, rasa hormat, dan kasih sayang.

Baca Juga: Orang Tuaku Hampir Bercerai, Aku Sempat Menyesal Dilahirkan di Keluarga Ini

Ketiga kata yang sudah minsis jelaskan memang kedengarannya sepele, tapi bermakna bagi orang yang menerimanya.

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu