4 Cara Agar Kamu Menjadi Orang yang Lebih Otentik

4 Cara Agar Kamu Menjadi Orang yang Lebih Otentik

Blog

Urbanwomen – Memiliki berbagai kepribadian menandakan bahwa kamu memiliki pendidikan yang baik, namun apakah kamu pernah bertemu seseorang yang berbeda tergantung pada lingkungannya? Mungkin seseorang tersebut merendahkan orang lain di ruang konferensi, menyindir dan menghakimi dengan satu kelompok teman, dan merasa tidak aman dan mencari persetujuan dengan pasangan mereka. Kamu akan melakukan percakapan normal dengan mereka, dan kemudian orang tersebut mengubah postur tubuh, nada suara, dan kosakatanya saat orang lain memasuki percakapan. Coba jujur, apakah kamu pernah menjadi orang yang seperti ini? Banyak orang yang menjadi palsu dan tidak otentik, hal inilah yang membuat artikel ini ditulis. Berikut 4 cara agar kamu tetap menjadi orang yang lebih otentik.

  1. Sadarlah pada diri sendiri

Seperti banyak jalan menuju peningkatan diri, kamu harus mulai dengan mengamati diri sendiri. Saat kamu bertemu orang baru, terlibat dalam rapat kerja, dan menghabiskan waktu dengan kelompok sosial yang berbeda, cobalah untuk mengamati bagaimana perasaanmu dalam setiap situasi. Kapan kamu merasa paling nyaman? Kapan kamu merasa seperti menggeliat di dekat orang lain? Bersandar untuk lebih jeli dan sadar diri akan memungkinkanmu mengenali saat kamu merasa tidak nyaman, memahami mengapa kamu merasa tidak nyaman, dan memberi isyarat kepada diri sendiri untuk secara sengaja memanfaatkan diri paling aslimu.

  1. Temukan koneksi yang asli

Karena kita semua manusia, kita semua memiliki kesamaan. Berupayalah untuk benar-benar memahami orang-orang di sekitarmu. Ajukan pertanyaan yang bijaksana, dan dengarkan dengan seksama. Dengan mengembangkan pemahaman dan hubungan yang tulis dengan orang-orang yang bersamamu, kamu akan cenderung merasa asli dan otentik.

  1. Jangan mencoba jadi sempurna

Apa salahnya menjadi sempurna? Jawabannya tidak ada yang salah tapi sangat tidak mungkin. Oleh karena itu, jika kamu mencoba menjadi sempurna atau bertindak dengan sempurna, kamu sudah bersikap tidak jujur. Rangkullah ketidaksempurnaanmu dan berani menjadi sedikit rentan. Kamu akan kagum ke mana kerentanan dapat membawamu.

  1. Selalu ada

Sangat mudah untuk berada di tengah-tengah percakapan dengan seseorang, dan saat mereka berbicara, pikiranmu mengembara untuk menyusun respons yang sempurna, skor permainan saat ini, atau semua hal yang ada di dalam daftar tugasmu. Setelah orang lain menyelesaikan pemikirannya, kamu terlibat kembali dan berbagi sanggahan sempurnamu. Meskipun orang lain tidak tahu apa yang sebenarnya kamu pikirkan saat mereka berbicara, orang secara intuitif dapat merasakan fokus dan kehadiran orang lain. Cobalah untuk lebih hadir dalam percakapan dan hubunganmu. Jadilah pendengar yang aktif, dan berikan perhatian penuh kepada orang lain. Menjadi selalu ada merupakan satu-satunya cara paling efektif untuk memastikan keaslian diri dalam situasi apapun.

Baca Juga: 3 Langkah ini akan Membuatmu Lebih Baik dengan Diri Sendiri

Menjadi otentik mungkin sama seperti menjadi jujur pada diri sendiri. Namun, dengan memiliki latar belakang Pendidikan yang tinggi, kepribadian yang terbentuk pun akan lebih baik. Oleh karena itu, sangat penting untuk tetap membuatmu menjadi otentik. 

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu