4 Cara Mengembangkan Diri di Tengah Keterbatasan Bergerak saat Pandemi

4 Cara Mengembangkan Diri di Tengah Keterbatasan Bergerak saat Pandemi

Blog

Mengubah rutinitas di tengah pandemi saat ini memang tidak mudah. Rencana yang telah dipersiapkan sebelumnya tak berjalan sesuai rencana. Tetapi, pandemi bukanlah penghalang untuk terus mengembangkan dirimu. Selama di rumah, kamu masih bisa memanfaatkan waktu luang untuk mengisi kemampuan. Bahkan, menjadi kesempatan untukmu mengasah kemampuan yang selama ini tertunda karena harus melakukan kegiatan di luar rumah sebelum pandemi. Yuk, Urbenesse cari tahu di sini apa saja cara yang bisa dilakukan untuk tetap mengembangkan diri meski di rumah saja.

1. Rajin mengikuti pelatihan online

Saat ini sudah banyak sekali platform yang menyediakan pendidikan pelatihan online yang cocok dilakukan di masa pandemi seperti ini. Kamu bisa mengembangkan keterampilan dari hal yang disukai. Misalnya kamu suka menulis tapi tidak terasah dengan baik karena disibukan dengan rutinitas sebagai pegawai kantoran. Lebih banyak menggunakan waktu di rumah, bisa kamu gunakan untuk mempelajari dunia tulis menulis lebih dalam lagi. Jangan salah, keterampilan menulis bisa kamu gunakan sebagai penghasilan sampingan seperti penulis novel, jurnalis, hingga content writer.

2. Mencoba bisnis online

Mengembangkan diri bisa dimulai dengan merintis bisnis kecil-kecilan. Menjamurnya berbagai e-commerce saat ini membuat sektor usaha daring cukup menjanjikan. Tak harus modal besar untuk memulainya. Bahkan, kamu bisa mencoba sistem dropship jika tidak ingin mengeluarkan uang untuk awal berbisnis. Jadi ketika nanti pandemi berakhir kamu sudah memiliki usaha sendiri di usia muda.

3. Mempelajari bahasa asing

Saat ini juga banyak perusahaan yang membutuhkan freelancer yang membuka jasa penerjemah, lho. Hanya dengan menggunakan handphone kamu untuk banyak mempelajari bahasa asing melalui beberapa aplikasi. Menguasai bahasa asing, bisa dikatakan menguasai dunia. Mempelajari bahasa asing, membantumu dalam perkembangan lingkup pertemanan, pendidikan, dan juga karier.

4. Memulai hobi baru

Banyak hal yang kamu dapat untuk mengembangkan diri seperti memulai hobi baru. Entah itu menjahit, memasak, membuat content video di YouTube, melukis, dan lain sebagainya. Bisa saja hobi baru yang kamu tekuni ini bisa menjadi sumber pendapatan. Jika sudah terlihat hasilnya, kamu bisa menyimpan uangnya untuk menabung dan investasi. Memiliki hobi baru juga membantumu dalam menumbuhkan kebiasaan baik. Jika ada kompetisi tak ada salahnya juga jika kamu mencobanya untuk mengasah hobi baru. Hobi berbau kreativitas sangat bermanfaat dalam mengendalikan emosi di masa pandemi ini, di mana akan ada banyak sekali hal-hal yang terjadi di luar dugaan.

Baca Juga: Menyalurkan Hobi untuk Menggali Potensi Diri

Investasi dalam hal pengembangan diri juga tak kalah penting. Jika kamu berhasil mewujudkan pertumbuhan diri, maka secara otomatis kamu akan mampu memenuhi segala aspek kehidupan termasuk keuangan pribadi. Tidak mudah untuk memelihara semangat dan optimisme di masa seperti sekarang tapi kamu pasti bisa. Pengembangan diri tidak selalu tentang hal-hal yang besar, tapi yang penting ada improvement yang dilakukan meski sedikit demi sedikit.

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu