4 Hal Bahwa Pasangan Narsistik Dapat Melukai Harga Dirimu

4 Hal Bahwa Pasangan Narsistik Dapat Melukai Harga Dirimu

Blog

Urbanwomen –¬†Orang narsistik menarikmu dengan pesona dan pujian mereka. Kamu membutuhkan cinta. Tetapi pasanganmu tidak memberikannya. Inilah mengapa kamu harus hidup aman dan tenang tanpa lelaki. Kamu bisa menderita karena memiliki hubungan dengan orang narsistik. Kamu terguncang karena kebingungan dan sakit hati karena terlibat dalam hubungan narsistik. Dia terlihat tampak menyukaimu, semua janji dan kalimat pujian itu. Tapi semuanya berubah. Mereka pun jadi jauh dan kritis. Pasangan narsistik meruntuhkan harga dirimu, membuatku tenggelam dalam keraguan diri. Begitulah cara mereka merasa superior, merekalah yang selalu benar, untuk meningkatkan kepercayaan diri mereka yang goyah. Berikut adalah 4 hal bahwa pasangan narsistik dapat melukai harga dirimu.

1.Kamu tidak bisa membutuhkan atau menginginkan apa pun

Seorang narsistik tidak bisa memberi ruang untuk kebutuhan atau perasaan mereka. Terutama jika kamu mencoba berbicara dengan mereka tentang cara mereka menyakitimu, atau jika kamu menunjukkan janji yang tidak mereka tepati. Mereka membela diri, atau mereka marah. Mereka membuatmu merasa bahwa kamu terlalu membutuhkan mereka. Jika ini adalah pengalamanmu di masa kecil, mereka membuatmu percaya bahwa mereka selalu benar.

2.Kamu tidak merasa dicintai

Menjalin hubungan dengan seseorang narsistik membuatmu meragukan betapa menyenangkannya dirimu. Jika mereka meninggalkanmu, kamu mungkin membayangkan mereka berkencan dengan yang lain. Bagaimana mereka akan memberi orang lain apa yang mereka janjikan kepadamu. Pikiran ini menghancurkanmu. Itu jenis rasa sakit yang paling buruk. Itu adalah jenis rasa sakit yang muncul karena membandingkan diri sendiri dan tidak pernah merasa cukup baik, bahkan sebalum perasaan itu muncul. Mereka membuatmu merasa cukup baik, setidaknya untuk sementara. Sekarang mereka mengambil semuanya. Kamu sangat ingin mendapatkannya kembali, tetapi tidak bisa, bahkan jika kamu mencoba.

3.Kamu meragukan persepsi dirimu sendiri

Berhubungan dengan seorang narsistik seperti memanipulasi pikiran untuk mendapatkan kendali atas dirimu. Itu membuatmu meragukan apa yang kamu pikirkan dan rasakan. Mungkin tindakan mereka tidak sesuai dengan kata-kata mereka. Apakah mereka berbohong? Apakah kamu salah tentang apa yang mereka katakana? Kamu tidak tahu apa-apa dengan pasti, sekarang tidak lagi. Kamu memikirkan satu hal, kemudian berubah dalam perilaku mereka dan dalam pikiranmu sendiri. Lebih buruk lagi, jika bereka benar-benar mengatakan kamu salah. Kamu selalu ragu tentang persepsimu sendiri. Kamu tidak pernah merasa kokoh lagi dalam dirimu sendiri. Kamu ingin mempercayai mereka, tetapi bisakah kamu? Kamu pun tidak yakin, apakah semua itu bohong?

4.Kamu takut untuk mempercayai cinta

Takut mempercayai cinta lagi adalah efek terburuk pada harga dirimu, terutama jika kamu menyalahkan diri sendiri. Mungkin kamu yakin mereka akan tetap tinggal jika kamu tidak terlalu membutuhkan, jika kamu belum melakukan ini atau itu. Jika kamu ingin memberi mereka lebih dari apa yang mereka inginkan. Kamu yakin kamu tidak akan pernah mencintai sebanyak ini lagi. Atau bahwa setiap orang yang bersamamu akan menjadi seperti dia. Kamu terjebak. Mereka sangat menyakitimu. Kamu pikir ini adalah cinta. Kamu berharap itu selamanya. Sekarang kamu sendirian, merindukan mereka.

Baca Juga: Ketika Aku Bertanya-tanya Tentang Harga Diriku

Dari sinilah mengapa kamu perlu tidak terlalu mencintai pasanganmu, karena ini akan berdampak pada harga dirimu. Mulai sekarang, kamu harus bisa hidup aman dan tenang tanpa lelaki dan biarkan orang-orang narsistik melewati dirimu. Pasti kamu bisa!

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu