4 Langkah untuk Mengelola Emosi Menjadi Lebih Baik

4 Langkah untuk Mengelola Emosi Menjadi Lebih Baik

Blog

Urbanwomen – Mengatur dan mengelola emosi dengan baik sangat diperlukan untuk tahun 2021 yang baru berjalan dalam hitungan hari ini. Tahun 2020 mungkin menjadi tahun yang melelahkan secara emosional bagi sebagian orang. Bagaimana kamu menangani emosimu yang kuat? Emosi adalah kekuatan yang kuat dan bagian dari proses evolusi. Ketika kamu menyangkal emosi tidak nyamanmu, kamu menyangkal pertumbuhan jiwamu. Emosimu adalah kekuatan yang memberdayakan dalam hidupmu. Hentikan beban emosional yang berlebihan dan mulailah menghargai kekuatan dalam tubuhmu. Ketika kamu menjadi lebih baik dalam merasakan emosimu, kamu akan mengubah kewalahan menjadi kesadaran yang terkandung dan kejernihan mental. Di bawah ini merupakan 4 langkah untuk dapat mengelola emosi menjadi lebih baik.

  1. Perhatikan apa yang kamu rasakan

Ketika kamu terpicu dan mengalami emosi yang kuat, otak logis benar-benar offline dan kamu menjadi reaktif. Bagi sebagian orang, mereka menutup diri. Yang lainnya menyerang. Apa itu cocok untukmu? Ada perilaku negatif yang memutuskan dan bahkan menghancurkan hubunganmu, termasuk hubungan yang kamu miliki. Baik ini meneriaki seseorang, memberikan perlakuan diam, atau beralih ke perilaku merusak diri sendiri, kesadaran emosional dikembangkan dengan memperhatikan terlebih dahulu. Ketika emosi yang kuat muncul, kamu menjadi ‘tidak sadar’. Dengan melakukan langkah pertama ini, kamu membawa lebih banyak kesadaran ke perilaku tidak sadar dan tidak memberdayakan.

  1. Sebutkan perasaan itu

Memperhatikan adalah setengah dari pertempuran. Alih-alih secara otomatis bereaksi terhadap situasi yang sangat emosional secara tidak sadar, memperhatikan akan menggeser energi dan memungkinkanmu untuk mengambil jalan yang berbeda. Sebutkan perasaan tidak nyaman yang kamu alami. Emosi (atau perasaan)-mu sangat luas dan banyak. Ada begitu banyak emosi dan keadaan emosimu berubah sepanjang hari. Untuk menyederhanakan, ada enam jenis emosi; sedih, marah, senang, takut, mati rasa, dan malu. Kamu ingin menarik perhatian ke tubuhmu, tarik napas dalam-dalam dan sebutkan perasaan yang kamu rasakan. Jenis perasaan apa itu dan di mana kamu merasakannya di tubuhmu? “Mati rasa” sebenarnya tanpa perasaan, tetapi termasuk di sini karena, seringkali, ketika orang mulai belajar bagaimana merasakan perasaan mereka, perasaan pertama yang mereka rasakan adalah mati rasa.

  1. Peliharalah perasaanmu

Setelah kamu mengalihkan fokus dengan memperhatikan perilakumu dan menamai perasaan tersebut serta lokasinya di tubuhmu, langkah selanjutnya adalah memeliharanya. Emosimu ada di tubuhmu. Ini seperti bayi yang berteriak menginginkan perhatianmu. Kamu tidak akan menyuruh bayi yang menangis untuk ‘melupakannya’, bukan? Kamu akan merawat bayi itu. Emosi membutuhkan hal yang sama. Mereka menginginkan perhatian penuh. Mereka tidak ingin ditekan, disingkirkan, atau ditolak. Ambil napas dalam-dalam lagi. Letakkan tanganmu di jantung, perut, atau di mana pun rasa sakit emosional itu. Di sinilah emosimu yang terjebak. Tahan. Hadir dengannya. Tarik napas dalam-dalam. Berikan rasa sakit emosional ini perhatian penuh dan kemudian lanjutkan ke langkah terakhir.

  1. Ketahui apa yang kamu butuhkan

Langkah ini adalah hadiah yang kamu dapatkan dengan memperhatikan emosimu alih-alih menyangkalnya. Sekarang setelah kamu melakukan tiga langkah pertama dan berada di sana untuk dirimu sendiri secara emosional, kamu dapat bertanya pada diri sendiri, “Apa yang saya butuhkan?” Kapan pun kamu merasa tidak nyaman, itu berarti kamu memiliki kebutuhan yang belum terpenuhi. Sesederhana itu. Bukan kebutuhanmu untuk memiliki seseorang yang berbeda dari mereka. Ini tentang menemukan kebutuhan intim. Misalnya, kamu mungkin membutuhkan kelembutan, kesabaran, ruang, kebersihan, atau kejelasan. Menyadari kebutuhan intim dalam situasi emosional apa pun akan memusatkan mu dan membuatmu berada pada jalur yang lebih produktif dalam menangani situasi tersebut.

Baca Juga : Berbicara dengan Diri Sendiri Akan Membantumu Mengontrol Emosi

Dengan menerapkan 4 langkah di atas, kamu akan lebih baik dalam mengatur dan mengelola emosimu. Tentunya, kamu akan lebih dewasa dalam menyikapi setiap masalah yang ada di depanmu.

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu