4 Manfaat Tersembunyi dari Persahabatan yang Beracun

4 Manfaat Tersembunyi dari Persahabatan yang Beracun

Blog

Urbanwomen – Persahabatan yang beracun mungkin membuatmu pusing dan mengikuti pilihan orang-orang adalah hal yang mengganggumu. Awalnya mungkin saat berteman dengan mereka, masih terasa menyenangkan dan tidak mengganggu, tapi lama kelamaan terasa bahwa mereka begitu mengaturmu dalam hidup. Namun, persahabatan beracun ternyata memiliki manfaat untuk perkembangan dirimu dalam menjalani hidup. Apa pun alasannya, seringkali susah untuk meninggalkan persahabatan yang beracun seperti halnya hubungan yang beracun dengan seorang kekasih. Perlu diketahui, berikut 4 manfaat tersembunyi dari persahabatan yang beracun. Coba disimak ya.

  1. Kamu belajar untuk berhenti mempercayai orang lain dengan cepat

Untuk alasan apapun persahabatan yang beracun mulai terasa, masalah utama adalah bahwa kedua belah pihak kehilangan rasa kepercayaan dan keyakinan pada orang lain. Setelah melalui pengalaman yang traumatis, kamu mungkin ingin berhenti mempercayai orang lain sama sekali. Kamu pun memiliki pemikiran, “jika teman terdekatmu bisa mengkhianatimu, siapa pun bisa melakukan hal yang sama.” Mungkin benar, tetapi pahamilah bahwa kamu telah melakukan yang terbaik dan memberi orang lain keuntungan dari keraguan untuk menjaga kepercayaan di antara kamu berdua. Mungkin ini adalah jenis peringatan yang perlu kamu pelajari bahwa tidak semua orang layak mendapatkan kepercayaanmu. Setelah keluar dari persahabatan, perlu diingat bahwa kepercayaanmu adalah hak istimewa yang harus diusahakan oleh teman atau kekasih, kepercayaan ini jangan diberikan secara Cuma-Cuma ya.

  1. Sekarang kamu dapat memfokuskan energi pada diri sendiri

Ketika kamu memilih untuk menghabiskan waktu dengan orang lain, kamu akan merasa bahwa kamu memberi orang lain hak istimewa untuk menggunakan waktu dan energimu. Mungkin kamu tipe orang yang senang berada dekat banyak orang, tetapi ketika kamu harus benar-benar berinteraksi dan bersosialisasi dengan orang lain, kamu juga harus bisa mengatur waktu dengan baik. Setelah kamu memisahkan diri dari persahabatan yang beracun, kamu menyadari bahwa kamu bebas dari beban kekhawatiran dan stress yang terus-menerus. Manfaatkan waktu ini untuk mengarahkan energi ke aktivitas atau hal-hal yang menyehatkanmu.

  1. Kamu dapat merasakan keanehan dari jarak terjauh

Setelah pengalaman yang melelahkan dari seorang teman yang beracun merusak kepercayaanmu, kamu sekarang memiliki pengetahuan tentang seperti apa ke anehan tersebut. Kamu harus tahu seperti apa tanda-tanda awal dari hubungan atau persahabatan yang beracun itu. Ini menguntungkan karena mengetahui dengan tepat apa yang membuatmu mati rasa, memungkinkanmu untuk mulai menetapkan Batasan untuk diri sendiri dan orang lain. Jika seseorang yang baru kamu temu memiliki kemiripan yang menakutkan dengan orang beracun yang pernah kamu temui sebelumnya, ketahui dan kenali tanda-tandanya. Naluri pertarungan-atau-lari kamu ada karena suatu alasan! Pahami bagaimana perasaanmu ketika dihadapkan pada situasi dan perilaku tertentu sehingga kamu dapat melindungi diri sendiri. Ubah pengalamanmu tentang rasa sakit dan perasaan terluka menjadi pelajaran hidup berharga di mana kamu dapat mulai mengenali perilaku dan kebiasaan tidak sehat pada orang lain.

  1. Berani mengatakan “tidak”

Selamat, kamu telah mencapai kondisi pikiran yang sehat yang membantumu mengenali tanda bahaya dan berinvestasi pada diri sendiri. Langkah selanjutnya untuk menjadi orang yang lebih baik setelah pertemanan beracun adalah dengan tidak hanya menetapkan Batasan, tetapi juga belajar bagaimana mengatakan “tidak” saat kamu merasa seseorang melewati Batasan tersebut. Batasan dapat mencakup mengizinkan orang lain untuk memiliki waktu pribadi mereka, menghormati ruang pribadi orang lain, tidak mendesak tentang kehidupan orang lain, atau menghormati suka dan tidak suka orang lain. Beberapa teman mungkin tidak keberatan untuk menghabiskan waktu 24/5 satu sama lain, tapi ada juga yang pasti butuh waktu dan ruang untuk sendiri.

Baca Juga: Jangan Rusak Persahabatan Karena Uang

Walaupun persahabatan beracun meninggalkan bekas yang mendalam tapi mengikuti pilihan orang-orang akan membuatmu merasa tidak menjadi diri sendiri. Dengan melihat 4 manfaat di atas, kamu yang berhasil keluar dari persahabatan beracun akan menjadi lebih dewasa. Semangat!

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu