5 Cara Bagaimana Hubungan Toxic Dapat Membuatmu Sakit

5 Cara Bagaimana Hubungan Toxic Dapat Membuatmu Sakit

Blog

Urbanwomen – Sulit untuk dipercaya, namun hubungan toxic akan membuat sakit dan ini adalah pilihanmu untuk melanjutkan hubungan. Sama seperti terpapar bau racun di udara atau tidak sengaja menelan bahan kimia beracun, berada dalam hubungan toxic dapat memiliki efek samping yang serius pada kesehatanmu. Dan efek samping itu bisa sangat melemahkan dan mengubah hidup. Jika kamu berada dalam hubungan toxic, itu mungkin melakukan lebih dari sekadar menghancurkan harapanmu untuk hubungan yang sehat, dan mungkin membuatmu sakit secara fisik. Jika ya, penting bagimu untuk menghentikan toksisitas dan kamu harus berhenti dari hubungan tersebut.

1.Hubungan toxic membuat kelemahan fisik

Hubungan toxic akan membuat tubuhmu berantakan. Stres yang kamu alami (mencoba mengelola hubunganmu, memproses apakah kamu harus tinggal atau pergi, bertahan dalam hubungan toxic, dan mencoba menjalani hidupmu) bisa menjadi terlalu berlebihan. Efek stress pada tubuhmu tidak lah kecil. Stres dapat menyebabkan ketidakseimbangan kimiawi, gangguan makan, dan penyalahgunaan zat. Ini juga dapat menyebabkan masalah pernapasan, pencernaan, dan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, stress dapat menjadi penyebab utama gangguan fungsi seksual. Hubungan toxic perlahan akan membunuhmu, waspadalah!

2.Hubungan toxic membuat keputusasaan mental

Depresi dan kegelisahaan yang ada di pikiran jelekmu dapat membuat menjadi kenyataan. Hubungan toxic terjadi berhari-hari. Ketika hubungan memburuk, lebih sering daripada tidak, orang secara teratur merenungkannya. Jika hubungan semakin buruk, maka kamu bisa menjadi sangat fokus padanya, menyebabkan kamu berpaling dan mengabaikan hal-hal penting dalam hidupmu. Lebih parah lagi, hubungan toxic mengujimu dengan perasaan putus asa dan mudah menyerah, mempengaruhi caramu berpikir tentang diri sendiri dan dunia, membuatmu curiga terhadap motivasi orang lain, dan membuatmu merasa tidak aman. Semua hal itu dapat menyebabkan depresi situasional yang hanya akan menjadi lebih buruk sebelum menjadi lebih baik.

3.Hubungan toxic membuat dirimu terisolasi

Sayangnya, banyak orang yang berada dalam hubungan toxic cenderung mengisolasi. Terkadang, isolasi diri dilakukan oleh pasangan yang melakukan kekerasan sebagai cara untuk mengendalikan mereka, tetapi seringkali, orang mengisolasi diri sendiri. Mereka mungkin merasa tidak berharga atau malu dengan hubungan mereka. Mungkin, teman-teman mereka muak mendengarnya atau mereka duduk di rumah dan menunggu pasangan mereka muncul. Jika ada satu hal yang telah kita pelajari selama pandemi ini, isolasi itu sangat sulit bagi manusia. Manusia adalah makhluk sosial dan perlu berinteraksi dan berkontak fisik. Mereka harus dikelilingi oleh orang-orang yang menyayangi mereka. Tidak memiliki hal-hal itu bisa sangat melemahkan. Kesepian adalah salah satu penyebab depresi yang paling signifikan. Ini juga dapat menyebabkan kebiasaan tidak sehat, ketidakmampuan untuk tidur.

4.Hubungan toxic membuatmu meragukan diri sendiri

Apakah itu karena cara pasanganmu memperlakukanmu, meremehkanmu, memperlakukanmu dengan penghinaan, atau melecehkanmu secara fisik, hasil akhirnya adalah kamu meragukan diri sendiri di setiap kesempatan. Kamu meragukan siapa dirimu sebagai pribadi, yang dapat mempengaruhi pekerjaan mu dan membuatmu mempertanyakan setiap pilihan yang pernah kamu buat. Keraguan diri adalah hal yang berbahaya. Semakin lama berlangsung, semakin dalam mempengaruhi kesehatan fisik dan mental. Untungnya, keraguan diri dapat ditutup jika kamu meninggalkan hubungan toxic-mu dan mencari bantuan.

5.Hubungan toxic membuatmu menyalahgunakan zat

Ketika kamu bergumul dengan masalah fisik dan mental bersama dengan isolasi dan keraguan diri, kamu merasa seperti tenggelam tanpa tahu apa yang harus dilakukan, bagaimana melanjutkan, dan bagaimana menjaga diri sendiri. Kamu pun akan kesulitan tidur dan kamu akan meminum pil tidur agar tidur lebih cepat. Kamu juga minum obat antidepresan agar kamu tidak mudah cemas. Hal-hal inilah yang membuat kamu menyalahgunakan obat-obatan lebih dari dosis. 

Baca Juga: Melupakan Seseorang Memang Sulit, Tapi Ini Tips dari Psikolog untuk Melewatinya

Hubungan toxic akan membuatmu merasa semua pilihanmu dalam cinta adalah salah. Namun, jika kamu berhasil keluar dari hubungan toxic, kamu akan tumbuh menjadi pribadi hebat dan kuat dan mampu menentukan pilihan dengan tepat. Semangat untuk bangkit lagi, ya!

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu