5 Cara Mudah Merasakan Lebih Banyak Sukacita dalam Pekerjaanmu

5 Cara Mudah Merasakan Lebih Banyak Sukacita dalam Pekerjaanmu

Blog

Urbanwomen – Memiliki lingkungan yang tepat untuk bertumbuh akan membuat pekerjaan menjadi hal yang menyenangkan. Banyak orang yang bahagia di pekerjaan mereka karena lingkungan yang tepat. Mendapatkan kebahagiaan dalam pekerjaan yang sedang kamu kerjakan bukan hal yang mustahil. Mereka bahagia dalam pekerjaannya karena memiliki teman-teman yang tepat dan mereka mencintai pekerjaannya. Berikut 5 cara untuk merasakan lebih banyak kegembiraan dalam pekerjaanmu.

  1. Jangan menutup diri

Saat kamu membenci pekerjaanmu, ada kecenderungan untuk menarik diri dari orang yang bekerja denganmu. Kamu tidak mengobrol dengan mereka karena kamu bahkan tidak ingin berada di sana. Kamu tidak bertanya tentang mereka karena kamu tidak peduli. Dan kamu tidak tertawa bersama mereka karena kamu hanya ingin menyelesaikan pekerjaan dan pulang. Berkali-kali, jajak pendapat telah menunjukkan bahwa orang yang bekerja denganmu adalah alasan nomor satu untuk menyukai pekerjaan. Jadi, memutuskan dirimu dari orang lain tidak hanya akan menjauhkanmu dari hubungan manusia yang dapat memberikan kelegaan, dukungan, dan kegembiraan yang sangat dibutuhkan, tetapi juga akan merusak prospek kebahagiaan dan harga dirimu. Cobalah sapa teman kantormu, tersenyumlah, tawarkan bantuan. Bukan karena kamu harus melakukannya, tetapi karena ada lebih banyak kesenangan yang bisa didapat saat kamu menjadi bagian dari komunitas.

  1. Menerima tanggungjawab

Terkadang hal terakhir yang ingin kamu lakukan adalah mengangkat tangan dan bertanggung jawab, terutama jika kamu sudah memiliki pikiran. Tetapi jika kamu tidak bertanggung jawab  atas sesuatu, kamu akan merasa seperti roda penggerak kecil dan tidak penting dalam mesin besar. Ketika kamu mengesampingkan tanggung jawab atas kontribusi yang kamu berikan, kamu juga mengesampingkan nilai inheren yang kamu peroleh darinya. Lebih dari sekadar perasaan “pekerjaan selesai dengan baik,” mengambil dan menerima tanggung jawab adalah satu-satunya caramu dapat benar-benar melihat kontribusi. Apakah kamu memainkan peran kecil dalam sebuah proyek besar atau memimpin program kerja yang kompleks, kamu memiliki pengaruh. Mungkin kamu menawarkan keterampilan yang dapat diandalkan dan selalu ada yang membantu segala sesuatunya. Mungkin kamu punya ide tentang cara yang lebih baik dalam melakukan sesuatu. Atau mungkin kamu mendengarkan orang dan membuat pilihan terbaik yang kamu bisa.

  1. Jauhi politik di kantor

Kamu tahu mengapa politisi tidak memberikan jawaban langsung? Itu karena mereka ingin menghindari tanggung jawab, ingin mendapatkan apa yang mereka inginkan, dan ingin semua menyukainya. Ini adalah kombinasi luar biasa dari kepentingan pribadi yang terlihat di kantor-kantor mana pun. Politik kantor akan memakanmu hidup-hidup jika kamu membiarkannya. Politik kantor di antaranya seperti, membangun kerajaanmu dengan mengorbankan orang lain hingga memastikan untuk menutupi dirimu sendiri dan menyalahkan orang lain hingga hanya menunjukkan sisimu yang menurutmu akan mendapatkan banyak bantuan. Perhatikan dengan baik. Jika ketahuan dengan pihak HR, kamu akan kena SP lho biasanya. Sebaiknya jauhi politik kantor ya!

  1. Ikut serta

Menolak, melawan, atau berjuang melawan pekerjaanmu hanya akan menghilangkan kemungkinan kenikmatan. Meskipun kamu mungkin tidak terlalu menikmati pekerjaanmu, mengapa menghabiskan energimu untuk menutup diri? Terkadang pekerjaan terasa menyebalkan, tapi pilihlah untuk berjuang dan itu akan menjadi pengalaman. Memilih untuk membenci pekerjaanmu juga merupakan pengalamanmu. Kamu tidak perlu mengubur atau mengabaikan ketidaksukaanmu, tetapi kamu tidak harus membiarkan hal-hal itu mendikte apa yang terjadi. Cukup dengan ikut serta. Libatkan dirimu ke dalamnya, dan kamu akan menciptakan lingkungan tempat kegembiraan bisa terjadi.

  1. Ikuti energi positif

Sangat sulit untuk merasakan kegembiraan, kesenangan, atau bahkan kepuasan apapun saat kamu Lelah, tidak bersemangat, dan tidak termotivasi. Jadi terkadang, kamu harus pergi ke tempat yang menyenangkan. Mintalah untuk terlibat dalam proyek yang selama ini kamu amati karena sepertinya itu benar-benar sesuatu yang istimewa. Terapkan kekuatan atau bakat (kreativitas, empati, pemecahan masalah) dalam pekerjaanmu daripada tidak melibatkannya. Atau terkadang ini berarti pelatihan ulang atau kamu bisa pindah ke perusahaan atau karier yang benar-benar membuatmu bersemangat. Intinya adalah, hidup ini terlalu singkat untuk tidak merasa kegembiraan dalam pekerjaanmu. Tidak harus ada di sana setiap hari dan seharusnya tidak menjadi sesuatu yang kamu harapkan akan diberikan, tetapi kegembiraan adalah sesuatu yang dapat kamu rasakan lebih jika kamu hanya memilih untuk menjadikannya sebagai prioritas.

Baca Juga: 5 Langkah Beradaptasi di Lingkungan Baru Agar Kamu Semakin Berkembang

Untuk dapat merasakan sukacita dalam pekerjaanmu, kamu harus memilih lingkungan yang tepat untuk bertumbuh. Dengan melakukan 5 hal di atas, kamu akan lebih hati-hati dalam menempatkan dirimu di pekerjaanmu dan sukacita akan menyertaimu. 

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu