5 Cara Sederhana untuk Menjadikan Meditasi Sebagai Kegiatan Rutin dalam Hidup

5 Cara Sederhana untuk Menjadikan Meditasi Sebagai Kegiatan Rutin dalam Hidup

Blog

Urbanwomen – Salah satu langkah dari berdamai dengan masa lalu adalah memberikan dirimu ketenangan lewat meditasi. Meditasi merupakan teknik untuk menenangkan pikiranmu. Pikiran-pikiran tentang kekhawatiran akan harimu, juga termasuk hal yang sebenarnya bisa kamu kurangi. Meditasi juga mengajarkanmu untuk memperhatikan ketika pikiranmu sibuk dan dengan perlahan mengembalikan perhatianmu saat ini. Meditasi juga akan membantumu lebih tenang dan mampu berpikir positif. Oleh karena itu, 5 cara sederhana di bawah ini akan membantumu menjadikan meditasi sebagai kegiatan rutin.

1. Pertahankan alasan untuk meditasi di awal dan di tengah

Meditasi akan menghadirkan lebih banyak energi dan lebih banyak kedamaian batin. Aliran darah pun jauh lebih baik. Meditasi juga mampu untuk menurunkan kecemasan, kecemasan, depresi, meningkatkan kualitas tidur, meningkatkan suasana hati, dan kepuasan kerja. Sangat banyak sekali manfaat yang didapatkan dari meditasi. Letakkan manfaat tersebut dalam pikiranmu. Pikirkan bagaimana manfaatnya dan ini juga akan meningkatkan kualitas hidupmu. Meditasi sudah ada selama ribuan tahun lalu dan telah berhasil. Jadi, jangan takut gagal ya!

2. Cobalah konsisten untuk bermeditasi setiap hari

Konsisten akan lebih penting daripada jumlah waktu yang dihabiskan untuk bermeditasi secara keseluruhan. Tiga sampai lima menit sehari akan memberikan manfaat dalam hidup untuk seminggu kedepan. Setiap latihan pun akan terasa berbeda dan kamu dapat mencampur jenis meditasi yang kamu praktikkan. Meditasi melatih pikiran agar pada saat stres, kamu bisa lebih mudah menemukan ketenangan. Hanya satu menit sehari, meditasi dapat membantumu menjalani hari.

3. Gunakan aplikasi meditasi untuk kemudahaan

Aplikasi meditasi dapat membantumu mudah bermeditasi dan tetap termotivasi. Cari tahu aplikasi meditasi terbaik atau bisa dengarkan para pakar meditasi yang membagikan berikan tips meditasi mereka. Di YouTube juga banyak video yang bisa kamu tonton. Jadi jika kamu tidak tahu harus mulai dari mana, kamu dapat mencari di YouTube untuk bermeditasi bagi pemula yang dapat memudahkanmu.

4. Ganti jenis meditasi yang kamu praktikkan

Perhatikan juga posisi dan pose tubuhmu. Kamu bisa duduk di kursi atau di lantai. Kamu bisa berbaring atau bahkan melakukan meditasi sambil jalan. Bereksperimen lah dan temukan apa yang cocok untukmu dan apa yang paling membuatmu nyaman. Konsisten saat kamu bermeditasi, agar lebih alami dan menjadikan meditasi sebagai kebiasaan. Banyak orang mengatakan bahwa pagi hari adalah waktu yang tepat untuk bermeditasi, karena mereka memulai hari harus dengan pikiran yang jernih. Lakukan untuk obrolan mental yang terus-menerus, jika itu yang dapat memotivasi serta menginspirasimu.

5. Jangan biarkan kesempurnaan jadi musuh dalam selimut

Tidak ada meditasi yang buruk. Ingat, latihan meditasi akan membuatmu semakin ahli. Berlatih akan membantu pikiranmu mengembara dan membawanya kembali dengan perlahan pada saat ini, entah itu dengan nafas, kalimat motivasi, atau metode lain. Tidak ada yang namanya gagal. Menenangkan pikiranmu bukanlah hal yang perlu dicari kesempurnaannya. 

Baca Juga: 6 Cara untuk Melepaskan Dirimu dari Masa Lalu

Dengan berhasil menerapkan 5 cara sederhana bermeditasi di atas, maka kamu akan lebih mudah menerima dan berdamai dengan masa lalu. Semangat!

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu