Hubungan-Sehat

5 Do dan Don’t Dalam Hubungan Sehat

Cinta & Relasi

Urbanwomen – Membangun hubungan yang sehat memang bukan perkara mudah ya urbansis, karena hubungan yang sehat itu melibatkan kejujuran, kepercayaan, rasa hormat, dan komunikasi terbuka antara pasangan dan hal tersebut tentu membutuhkan usaha dan kompromi dari kedua pihak. 

Setiap hubungan itu unik, jadi definisi hubungan sehat bagi setiap orang tentu berbeda. Namun kita dapat mendefinisikan hubungan yang sehat yaitu berbagi visi misi bersama, apa yang kamu inginkan dari hubungan dan mau dibawa kemana hubungan tersebut. Itu adalah hal yang harus dibicarakan secara mendalam dan jujur ​​dengan pasangan.

Dan minsis punya beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk membangun hubungan yang sehat. Seperti hal yang perlu dilakukan atau Do dan hal yang sebaiknya dihindari atau Don’t dalam membangun sebuah hubungan yang sehat. 

Check this out yes sist!

#1 Do : Ekspresikan Perasaanmu

Mengekspresikan perasaan dalam suatu hubungan sangat penting. Banyak orang yang mengatakan

‘Gak perlu lah saya bilang kalau saya cinta dia. Dia juga pasti udah tau’

Mungkin pasanganmu sudah tau tapi itu tidak berarti kamu bisa tidak memberitahunya. Lalu, jika kamu sedang marah atau sedih atau merasa kesepian karena sesuatu yang dilakukan pasangan katakan saja padanya. Dia perlu tahu bagaimana bagaimana perasaanmu, sehingga dia dapat mempelajari apa yang kamu butuhkan darinya. Mengungkapkan perasaan itu perlu agar perasaan buruk tidak menumpuk dalam pikiran dan berujung menjadi sebuah toxic.

    Don’ts : Bersikap Pasif Agresif

Memang penting untuk mengungkapkan perasaan kamu, tapi tak kalah penting juga untuk tidak bersikap pasif agresif dalam mengekspresikannya. Agresivitas pasif adalah kecenderungan untuk mengekspresikan perasaan mu secara tidak langsung seperti sindiran halus, cemberut, tidak mau mendengarkan, atau sengaja menjatuhkan barang secara keras. 

Jika pasanganmu terlambat datang, beri tahu dia betapa kesalnya kamu. Jangan abaikan dia ketika dia datang. Itu hanya akan memperburuk keadaan dan tujuan kalian bertemu akhirnya tidak terlaksana.

#2 Do : Jadilah Pengertian

Pasanganmu juga manusia, dia pasti kadang melupakan sesuatu bahkan melakukan kesalahan yang membuatmu kesal. Misalnya saat ia datang menemuimu namun lupa untuk membeli barang pesananmu. Tidak masalah, kamu bisa menegurnya dan menyampaikan kekesalan mu karena hal tersebut. Kemudian dengarkan dan pahami apa yang terjadi hingga ia melupakan hal tersebut.

    Don’ts : Jangan Berpikir Berlebihan

Jika ia datang menemuimu namun lupa untuk membeli barang yang kamu minta, jangan berpikir berlebihan. Misalnya berpikir dia melupakan barang yang seharusnya dibeli karena dia tidak mencintaimu. Itu tidak benar. Pasti ada alasan mengapa ia bisa melupakan hal tersebut, misalnya karena terburu-buru ingin menemuimu.

#3 Do : Jujur

Bagian penting dari hubungan yang sehat adalah kejujuran. Hubungan yang sehat tidak akan terjadi jika pasangan tidak jujur ​​satu sama lain. Jika sesuatu telah terjadi atau kamu merasakan sesuatu, penting bagimu untuk memberi tahu pasangan sehingga kalian bisa menemukan jalan keluarnya bersama. Berbagi segala sesuatu adalah hal penting dari menjaga hubungan yang sehat.

    Don’ts : Menyimpan Rahasia

Menyimpan rahasia akan menghancurkan suatu hubungan. Bahkan rahasia sekecil apapun itu, yang kamu simpan dengan alasan

‘Aku tidak ingin membebani orang yang aku cintai’,

Justru akan menimbulkan masalah. Jangan menyimpan rahasia. Karena sepandai-pandainya tupai melompat pasti jatuh jua, lalu ketika rahasia tersebut terbongkar maka masalah yang muncul biasaya lebih besar dari masalah itu sendiri.

#4 Do : Menghargai Satu Sama Lain

Pasanganmu yang sekarang bersamamu adalah orang yang telah pilih karena berbagai alasan. Dia tampan atau pintar atau baik hati atau selalu membantumu. Untuk alasan apapun kamu memilih dia untuk menjadi pasanganmu.

Karena itu hargai semua yang kamu miliki. Hargai perlakuan kecilnya, atau pendapatnya tentang baju yang kamu gunakan hingga rencana masa depan yang ia rencanakan bersamamu.

    Don’ts : Saling Menerima Begitu Saja

Sayangnya, sering kali begitu kita menjalin hubungan jangka panjang, kita mulai saling menerima begitu saja. Hal-hal yang membuat kita jatuh cinta pada mereka adalah hal-hal yang kita anggap akan selalu ada, tidak peduli apa yang kita lakukan.

Jika kamu mencintainya, sebaiknya mulai bicarakan dan rencanakan hal yang bisa membuat kalian berdua tumbuh menjadi lebih baik. Rencanakan masa depan, seperti finansial, karir hingga investasi.

#5 Do : Tertawa Bersama

Tertawa adalah bagian penting dari setiap hubungan yang sehat. Ingat ketika pertama kali jatuh cinta, waktu-waktu yang kamu habiskan bersama, berbagi cerita dan tertawa bersama. Bukankah itu menyenangkan?

Sangat penting bahwa tawa itu terus berlanjut. Pastikan kamu menghabiskan waktu bersama melakukan hal yang kalian berdua sukai, menikmati quality time saat bersama, dan tertawa bersama.

    Don’ts : Menertawakan Satu Sama lain

Hal-hal yang tidak kita sukai tentang pasangan sering kali diungkapkan dengan cara yang tidak baik. Apakah kamu pernah menertawakan pasangan karena dia membiarkan orang lain memanfaatkannya lagi? Atau dengan sinis mengomentari seberapa cocok kemeja dan dasinya? Apakah kamu membicarakan tentang hal-hal bodoh yang dia lakukan di hadapan teman-temanmu?

Jika kamu melakukan salah satu dari hal-hal ini, please stop. Jika kamu memiliki masalah dengan pasanganmu atau jika dia melakukan sesuatu yang membuatmu kesal, katakan padanya, jangan menertawakannya. Karena tawa seperti itu tidak lucu.

Baca Juga: Berani Mengakhiri Hubungan yang Aku Jalani Selama 6 Tahun

Berada dalam hubungan yang sehat bisa sangat luar biasa tapi juga membutuhkan banyak kerja keras. Hal yang penting adalah selalu jujur ​​dengan pasangan, tidak berpikir berlebihan dan tidak menyimpan rahasia. Mencintai, menghargai satu sama lain dan bahagia bersama adalah prioritas.

Jadi sist, jika kamu membaca ini, ingat bahwa hubungan sehat itu bukan hal yang mustahil. Kamu bisa melakukannya. Mulai hari ini!

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu