5 Hal Sederhana Ini Bisa Menjadi Solusi Permasalahan Wanita

Blog

Urbanwomen –¬†Dalam kehidupan, pasti ada kendala dan permasalahan yang harus dihadapi wanita. Mulai dari yang sederhana hingga rumit. Permasalahan yang tak kunjung teratasi atau terulang terus menerus, tentu bikin siapapun merasa tertekan. Oleh sebab itu, untuk mengatasinya kita perlu mengasah problem solving skill agar mendapatkan solusi untuk mengatasi permasalahan. Mencari solusi tak hanya melalui orang lain seperti teman dekat atau keluarga, tapi dengan diri sendiri kita juga bisa mendapatkan solusi untuk menghadapi masalah. Apa saja yang bisa kita lakukan sebagai wanita Indonesia? Berikut ini lima cara sederhana yang bisa menjadi solusi permasalahan wanita yang bisa anda terapkan.

1. Melakukan pendekatan pada permasalahan yang ada

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menghadapi permasalahan yang ada. Jangan menghindari atau menunda-nunda untuk menyelesaikannya. Cobalah untuk mengumpulkan segala informasi yang berkaitan dengan permasalahan anda. Dengan melakukan hal ini, anda akan lebih berfokus pada solusi, bukan keluhan atas permasalahan itu sendiri yang malah bisa membuatmu semakin stress. Pendekatan pada masalah juga bisa melatih diri dalam menghadapi segala masalah, dan hal ini bisa menjadi solusi yang tepat.

2. Menanyakan pada diri sendiri pertanyaan dengan jawaban yang bisa menjadi solusi

Cara sederhana berikutnya adalah dengan refleksi diri, merupakan hal terbaik yang bisa dilakukan untuk menelaah kehidupan pribadi. Termasuk dalam mengatasi permasalahan. Luangkan waktu seorang diri dan menuliskan jurnal akan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan permasalahan anda. Bukan pertanyaan, seperti “Kenapa penjualan produk tidak naik-naik?” pertanyaan semacam ini tidaklah memberikan solusi. Anda bisa mengubahnya dengan pertanyaan, seperti “Hal-hal berbeda apa saja yang kemungkinan bisa kulakukan untuk menaikan penjualan?” atau “Keunggulan apa saja yang membuat kompetitor bisa menjual lebih banyak produk?”. dan berbagai macam pertanyaan optimis lainnya. Hal ini tak hanya memberikan solusi, tapi juga memberikan semangat untuk kita menghadapi masalah.

3. Mengubah Mindset dengan memandang tantangan sebagai cara untuk berkembang

Dengan mengubah mindset atau pola pikir kita kearah yang positif, memang tak langsung membuat permasalahan anda selesai. Tapi, secara alam bawah sadar membuat anda berhenti memandang hal secara negatif dan mengurangi stres. Misalnya, ketika anda mendapatkan teguran karena datang terlambat terus menerus, padahal yang menjadi masalah adalah dikarenakan kemacetan. Dengan mengubah mindset yang awalnya menyalahkan kemacetan, anda bisa melihat kemungkinan lain untuk membuat anda datang tepat waktu, seperti berangkat satu jam lebih cepat ataupun tinggal di rumah indekos yang tak jauh dari kampus atau kantor.

4. Tidak sungkan untuk meminta bantuan orang lain

Sebagai makhluk sosial, kita berhubungan dengan orang lain. Adakalanya kita membutuhkan orang lain, dan juga berlaku sebaliknya. Untuk itu, jangan sungkan untuk meminta bantuan orang lain, yang memang memahami betul permasalahan yang anda hadapi. Mintalah saran mereka, bukan tidak mungkin pendapat yang mereka berikan bisa membantu anda menemukan solusi.

5. Memberikan jeda sejenak untuk beristirahat

Permasalahan ataupun kendala memang harus dihadapi. Tapi, ada kalanya untuk permasalahan yang agak rumit, anda perlu memberikan jeda sejenak untuk fisik maupun pikiran anda. Sama halnya dengan pekerjaan, tubuh dan pikiran yang lelah jika dipaksakan terus menerus untuk bekerja bisa memicu burn out. pergilah bertraveling ataupun menghabiskan waktu dengan hobi anda untuk sejenak. Setelah melakukan hal itu, pikiran anda pun akan lebih jernih saat menghadapi permasalahan.

Baca Juga: Solusi Permasalahan Wanita dalam Berinvestasi di Era Masa Kini

Wanita dikenal sebagai makhluk lemah, tapi bukan berarti setiap masalah tidak bisa dihadapinya. Dengan pemikiran yang positif dan keyakinan pastilah semua masalah bisa diselesaikan dengan baik. Karena apapun permasalahan tentu ada jalan keluar. Semua tergantung pada diri kita, bagaimana cara menghadapi dan menyelesaikannya. Terkadang kita merasa takut dan putus asa pada sebuah masalah, padahal jika kita masih memiliki pola pikir yang sehat. Hal ini justru akan membuat kita semakin berkembang dalam pemikiran. So, setiap masalah pasti akan menghasilkan kebahagiaan, percayalah.

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu