5 Hal untuk Mengetahui Kamu Siap Berkencan Lagi Usai Melewati Hubungan Toxic

5 Hal untuk Mengetahui Kamu Siap Berkencan Lagi Usai Melewati Hubungan Toxic

Blog

Urbanwomen – Pernahkah kamu melepaskan diri dari hubungan toxic dan bertanya-tanya apakah sudah waktunya berkencan lagi? Keluar dari hubungan toxic adalah salah satu hal tersebut yang harus kamu lakukan dan lingkungan yang tepat untuk bertumbuh akan membantumu. Jika tidak segera keluar dari hubungan toxic, kamu akan hancur dan kelelahan. Berkencan setelah hubungan toxic bisa menjadi rumit. Hal terakhir yang ingin kamu lakukan adalah menjalin hubungan dengan orang lain, tapi kamu masih trauma karena takut mereka menyakitimu. Namun, mengambil risiko dan kembali ke dunia kencan adalah risiko yang berani dan merupakan bagian penting dari proses penyembuhan. Cinta dan kebahagiaan adalah tujuan, dan kamu satu-satunya yang dapat mencapai tujuan itu. Berikut 5 hal untuk mengetahui kamu siap untuk berkencan lagi, setelah hubungan toxic.

  1. Kamu tidak lagi terobsesi dengan mantanmu

Ketika kamu sudah tidak terobsesi dengan mantanmu lagi, itu salah satu tanda bahwa kamu sudah siap berkencan lagi. Tidak apa-apa untuk tetap memikirkannya, sampai taraf tertentu. Namun, obsesi yang kamu rasakan tentang mereka perlu mereda. Hal ini karena jika kamu masih terobsesi dengan mantan saat mulai bertemu orang baru, kamu hanya akan membandingkan mereka dengan teman kencanmu dan langsung menutup diri. Kemungkinan besar kamu hanya akan mengingat bagian-bagian baik dari hubungan toxic-mu dan kamu akan mencari bagian-bagian itu dalam diri pasangan barumu. Ketika kamu bertemu seseorang yang mirip mantanmu, kamu akan mengulangi sejarah. Jadi pastikan kamu telah melepaskan mantanmu sebelum kamu kembali berkencan.

  1. Kamu tahu apa yang salah

Bagian penting dari mulai kencan setelah keluar dari hubungan toxic adalah memahami apa yang terjadi yang membuat hubunganmu menjadi toxic. Setelah akhirnya lepas dari hubungan yang beracun, kamu harus mencari tahu apa kesalahan dalam hubungan tersebut. Apakah mantanmu yang terlalu menuntut? Atau kamu yang tidak peka? Kamu yang selalu ingin menghabiskan waktu bersama mereka? Atau mereka yang sering main tangan? Dengan mengetahui kesalahan di hubungan sebelumnya, kamu akan lebih bijak pada hubungan selanjutnya.

  1. Kamu merasa nyaman dengan diri sendiri

Ketika kamu keluar dari hubungan toxic, kamu sering merasa buruk tentang diri sendiri. Pelecehan dan penyiksaan selama hubungan itu berlangsung telah membuatmu percaya bahwa kamu jelek, tak pantas dicintai, dan tidak berharga. Jika kamu bergumul dengan orang-orang berharga diri rendah, kamu tidak akan menemukan solusi. Penting untuk memilih lingkungan yang tepat untuk bertumbuh dan melanjutkan hidup. Habiskan waktu bersama orang-orang yang mencintaimu, lakukan hal-hal yang selalu ingin kamu lakukan, jangan terobsesi dengan masa lalu tetapi lihat ke masa depan, dan jaga dirimu sendiri. Jika kamu merasa nyaman dengan diri sendiri saat kembali ke dunia kencan, kamu akan menarik tipe pasangan yang merasa nyaman dengan dirinya sendiri.

  1. Kamu siap untuk melihat tanda bahaya

Ketika hubungan baru dimulai, kamu pasti melihat tanda bahaya, bukan? Mungkin dia memberitahumu tentang hubungan toxic sebelumnya dengan mantannya. Mungkin kamu melihat betapa dia mengendalikan dirimu. Mungkin kamu tahu bahwa dia tidak punya teman dan terobsesi denganmu. Apakah kamu mengabaikan tanda bahaya itu? Apakah kamu percaya bahwa jika kamu cukup mencintai mereka, kamu dapat mengubah mereka? Kamu salah. Ke depannya, pastikan kamu bersedia mengenali tanda bahaya dan menindaklanjutinya. Bersiaplah untuk pergi. Hanya dengan melakukan itu kamu dapat menemukan tipe orang yang dapat memberimu hubungan sehat yang kamu cari.

  1. Kamu benar-benar ingin berkencan

Berkencan itu sulit. Butuh waktu dan kesabaran serta kemauan untuk membuat dirimu rentan. Jika kamu ingin berkencan, kamu perlu memastikan bahwa itu adalah sesuatu yang benar-benar ingin kamu lakukan. Berkencanlah ketika kamu memang sangat-sangat ingin berkencan. Kalau kamu masih menutup diri, itu tanda kamu belum siap menjalin hubungan baru. Jadi, perhatikan baik-baik dirimu sendiri dan lihat apakah kamu benar-benar siap untuk menempatkan dirimu kembali di luar sana. Jika belum, jangan lakukan dulu. Kamu hanya akan membuat dirimu gagal dan itu hanya akan membuat harga dirimu kembali lagi.

Baca Juga: Sulitnya Menyadari Sedang Terjebak dalam Abusive Relationship

Berkencan lagi setelah keluar dari hubungan toxic itu sulit, tapi dengan bantuan lingkungan yang tepat untuk bertumbuh, akan mempermudah proses melanjutkan hidup. Dengan memperhatikan 5 cara di atas, kamu pasti akan siap untuk hubungan baru yang lebih baik lagi. Semangat! 

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu