5 Hal yang Harus Dipertimbangkan saat Kamu Menentukan Tujuan Hidup

5 Hal yang Harus Dipertimbangkan saat Kamu Menentukan Tujuan Hidup

Blog

Urbanwomen – Semua orang pastinya tidak ingin hidupnya berjalan tanpa tujuan yang jelas. Ada saatnya di satu titik kita akan memikirkan masalah tujuan hidup ini dengan lebih serius. Ada orang yang telah mempertimbangkannya sejak masih mudah. Namun, ada pula yang baru memikirkannya setelah cukup dewasa. Jika saat ini kamu sedang berada di fase ini, maka beberapa hal rumit tentu mulai membuat kamu pusing. Tentu saja, hal ini wajar bila kamu sulit dalam menentukan tujuan hidup. Karena semua orang juga mengalaminya.

Tujuan hidup sendiri bukan semata-mata untuk meraih segalanya. Namun, dengan adanya tujuan hidup apapun yang akan menjadi masa depan telah terancang dengan baik. Sebagaimana kamu ingin punya usaha, dan kamu telah berusaha menabung untuk mengumpulkan modal. Itu adalah contoh tujuan hidup. 

Nah, agar kehidupanmu lebih seimbang dalam menentukan tujuan hidup dan mengurangi sedikit beban di pikiranmu, ada beberapa hal yang harus dijadikan faktor utama yang harus kamu pertimbangkan, antara lain.

1.Menentukan tujuan hidup dengan jelas

Wajib diingat bahwa dalam menentukan tujuan hidup semua harus jelas dan detail. Jangan hanya memutuskan bahwa kamu akan jadi pebisnis, tapi juga tentukan bisnis apa yang ingin kamu geluti. Karena jika terlalu luas, dikhawatirkan kamu jadi tidak fokus dan tak terarah dalam mewujudkannya. Selain menentukan secara detail tujuan hidup, kamu juga harus mengintropeksi diri apakah mampu untuk mewujudkannya. Jika dirasa sulit dan mustahil sebaiknya jangan dipaksakan. Karena hal ini akan mempengaruhi keseimbangan dalam hidupmu.

2.Pastikan tujuan tersebut bisa terukur

Maksud terukur dalam hal ini adalah bagaimana kamu bisa tahu ketika tujuan hidupmu itu telah tercapai. Apa yang menjadi patokan atau tolak ukur ketika kamu berhasil meraih tujuan tersebut. Jangan sampai kamu hanya terus berangan-angan dan meninggikan angan-angan tersebut setiap kali dia sudah akan terwujud. Karena jika demikian, kamu akan menjadi manusia yang susah puas dan tak bisa memperbarui impianmu menjadi sesuatu yang berbeda. Ingat, yang namanya kehidupan itu selalu berjalan dan harus diperbarui.

3.Apakah tujuan hidupmu ini realistis?

Faktor ini juga penting untuk dipertimbangkan. Seberapa realistis tujuan hidupmu ini, apakah benar-benar bisa terwujud? Yah, meski kita harus bermimpi setinggi mungkin, tapi ingat juga soal kemungkinan tercapainya tujuan tersebut. Jika terasa terlalu tinggi, kamu bisa mulai dari tahapan yang lebih rendah. Ketika nantinya sudah berhasil diraih, baru kamu bisa meningkatkannya lagi ke tingkat yang lebih tinggi. 

4.Apakah tujuan hidupmu ini juga relevan?

Ketika menentukan tujuan hidup, pastikan juga semua itu relevan. Maksudnya, apakah berkaitan tujuan tersebut dengan apa yang kamu lakukan sekarang? Jika kamu bertujuan ingin menjadi seorang penulis, apakah kamu sudah sering membaca dan latihan menulis? Jika belum, maka tak ada salahnya untuk memulai melakukan sesuatu tindakan yang relevan dengan tujuan tersebut. Karena tidak ada kata terlambat untuk berusaha.

5.Menyesuaikan dengan keseimbangan hidupmu saat ini

Faktor yang terakhir adalah menyeimbangkan hidupmu saat ini dengan apa yang akan kamu capai dalam tujuan hidup. Kamu bebas berpikir dan bermimpi untuk menjadi sesuatu, untuk mendapatkan segala hal. Tapi jika kemampuan kita terbatas untuk apa dipaksakan. Meski semuanya membutuhkan proses, akan tetapi tidak serta merta kamu memaksakan diri untuk menggapai tujuan hidup itu sendiri.

Ingat, kamu memiliki peran dalam hidup, apa yang kamu miliki bisa menjadi modal menentukan tujuan hidup. Tapi ingat, perhatikan sekeliling kamu seperti keluarga maupun teman. Apakah mereka jauh lebih penting, ketimbang tujuan hidupmu saat ini? Karena semuanya butuh keseimbangan hidup.

Baca Juga : Jangan Sepelekan Keseimbangan Hidup dan Pekerjaan, Ini Manfaatnya

Dalam menentukan tujuan hidup banyak hal yang harus dipertimbangkan. Selain beberapa faktor di atas, kamu juga harus mempertimbangkan orang-orang disekitar kamu. Sejauh apapun arah tujuan hidup yang akan kamu lakukan, keseimbangan adalah modal utama untuk meraih segalanya. So, jangan hanya berpikir untuk diri sendiri, tapi juga untuk orang-orang yang menyayangimu. Sudah siap mengambil keputusan dari sekarang?

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu