5 Kebiasaan Sehari-Hari yang Membantu Pengembangan Diri

5 Kebiasaan Sehari-Hari yang Membantu Pengembangan Diri

Blog

Urbanwomen – Banyak dampak positif yang bisa kita dapat ketika memiliki keinginan untuk mengembangkan diri. Sayangnya, meningkatkan kualitas diri tak bisa dilakukan dalam waktu yang singkat ya, Urbanesse. Nah, jika Urbanesse baru saja ingin mengembangkan diri masih ada cara sederhana yang bisa dilakukan setiap hari yang bisa kamu coba terapkan berikut ini ya.

1. Membaca buku

Siapa nih di antara Urbanesse yang masih malas membaca buku? Proses awal pengembangan diri bisa kamu lakukan dengan membentuk kebiasaan baik setiap hari seperti membaca buku ya. Tak harus berlama-lama, kamu bisa mulai dengan membaca buku sebelum beraktivitas dan sebelum tidur setidaknya 30 menit. Kebiasaan ini dapat meningkatkan kemampuan berpikir dan berkonsentrasi. Ketika membaca, kamu akan melatih kemampuan untuk berimajinasi, menambah ilmu pengetahuan dan bahasa. Dengan begitu, kinerja memori atau sistem pengingat pada otak akan meningkat.

2. Refleksi diri sendiri

Proses pengembangan diri perlu dilakukan secara serius ya. Kamu harus lebih memperhatikan hal-hal yang perlu ditingkatkan lagi. Cara untuk mengetahui kekurangan dalam dirimu, sebelum tidur bisa menulis buku harian terlebih dahulu mengenai apa saja hal yang kamu rasa kurang maksimal dilakukan hari itu. Kebiasaan ini, akan memudahkan kamu menemukan titik permasalahan dan solusinya secara perlahan namun pasti.

3. Mendengarkan podcast

Kebiasaan mendengarkan podcast bisa menjadi opsi kedua yang bisa kamu lakukan selain membaca buku . Zaman sekarang ini banyak sekali podcast yang bisa membantumu dalam mengembangkan diri sepeti Satu Persen, MengAnalisa, dan isi dengan rekomendasi podcast lagi.  Dengan mendengarkan podcast, juga akan membantumu dalam mempersiapkan pengembangan karier. Contohnya, podcast yang mengangkat topik bagaimana cara menjadi penulis, UX designer, dan banyak lagi.

4. Mengikuti workshop, talkshow, atau seminar

Lingkungan bisa menjadi salah satu faktor kenapa kamu sulit mengembangkan diri. Sekarang, saatnya kamu mencari lingkungan yang bisa mendukung pengembangan dirimu. Kamu bisa memulainya dengan mengikuti workshop atau talkshow. Kamu bisa mencari tahu melalui media sosial atau tergabung dalam komunitas tertentu agar selalu update dengan jadwal acara. Keahlian dan pengalaman orang yang kamu temui pada kegiatan tersebut bisa menjadi penyemangat dan inspirasi agar kamu selalu semangat dalam pengembangan diri.

5. Memiliki rutinitas olahraga

Menciptakan kebiasaan baik bisa kamu mulai dengan rutin berolahraga, yang juga membantumu untuk mencapai pengembangan diri yang diinginkan. Mulailah dengan tidur cukup dan bangun di pagi hari lalu lanjutkan dengan berolahraga secara rutin. Relaks dan jangan stres. Kebiasaan yang satu ini akan memberi otak ruang sehingga kamu menjadi lebih terbuka terhadap hal-hal baru.

Ingat ya Urbanesse, jika semua hal ini membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Maka perlu juga sebuah konsisten untuk melakukannya. Terus semangat dan jangan malas ya untuk terus meng-upgrade diri. Seperti kata pepatah “apa yang kamu tanam itulah yang akan kamu tuai.”

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu