5 Kiat Penting Melakukan Hubungan Seks Secara Aman yang Bisa Dilakukan Pasangan

5 Kiat Penting Melakukan Hubungan Seks Secara Aman yang Bisa Dilakukan Pasangan

Blog

Urbanwomen – Saat membicarakan seputar seks aman, hal yang terpintas pertama adalah mengenai penggunaan kondom. Meskipun memang bisa mencegah risiko penularan penyakit dan kehamilan yang tidak diinginkan, cara berhubungan intim yang aman tidak hanya terbatas pada pemakaian kondom. Ada banyak pertimbangan serta hal lainnya yang perlu dipersiapkan, baik secara fisik dan mental, untuk melakukan seks yang aman. Yuk, baca selengkapnya untuk cari tahu seperti apa prinsip seks aman yang sebenarnya.

Pentingnya mengetahui cara aman berhubungan intim

Seks aman adalah segala bentuk aktivitas seksual yang dilakukan sebagai upaya pencegahan untuk melindungi diri dan pasangan dari risiko penyakit menular yang disebabkan melalui seksual. Semua bentuk seksual membawa risikonya tersendiri, termasuk berciuman sekalipun.  Meski seringkali dianggap sebagai aktivitas intim yang tidak beresiko, ciuman bibir bisa menjadi perantara penyebaran penyakit lewat pertukaran air liur anda dan pasangan.

Oleh sebab itu setiap orang wajib memahami cara berhubungan intim yang aman. Hubungan intim yang beresiko bisa menimbulkan berbagai penyakit seperti; Klamidia, Gonore, Sifilis, HIV, dan Trikomoniasis. Sementara itu, hubungan seks dikatakan tidak aman atau berisiko apabila anda dan pasangan terlibat dalam aktivitas seksual tanpa tindakan pencegahan apapun, terutama tidak memakai kondom. prinsip sederhananya adalah seks aman bertujuan untuk mengurangi risiko dan dampak buruk dari segala jenis aktivitas seksual. 

Bagaimana cara agar berhubungan intim tetap aman?

Ada beberapa hal yang sebaiknya anda perhatikan untuk melakukan hubungan seks yang aman. Mengingat tak hanya mencegah kehamilan yang tidak direncanakan tapi juga baik untuk kesehatan bersama.

1.Pastikan pasangan anda ingin berhubungan seks

Kunci awal untuk menjalani hubungan seksual yang sehat dan bahagia adalah komunikasi. Salah satu bentuk komunikasi dalam seks adalah memberi dan mendapatkan persetujuan satu sama lain. Banyak yang berpendapat bahwa persetujuan di sini berarti “suka sama suka”. Namun, definisi ini dirasa masih kurang tepat. Pasalnya meskipun anda dan pasangan memang suka sama suka, tetapi belum tentu anda berdua ingin terlibat dalam aktivitas seksual tertentu di waktu itu.

Pada intinya mempelajari cara-cara aman berhubungan seksual akan melatih anda menjadi lebih bijak dalam berhubungan seksual. Mengingat hal ini tidak hanya penting untuk kesehatan tubuh, tapi juga penting untuk kesehatan mental. Nah, sebagai perempuan anda bisa berdiskusi bersama pasangan bahwa melakukan hubungan seksual harus dilakukan sebaik mungkin agar tidak merugikan satu sama lain.

2.Gunakan alat pendukung

Kondom adalah salah satu alat yang bisa digunakan untuk mendukung hubungan seksual yang aman dan sehat. Kondom bisa dibilang sebagai cara efektif untuk melindungi anda dari penyakit menular seksual dan kehamilan yang tidak diinginkan. Namun jika pasangan tampak kurang setuju, coba bicarakan kembali tentang resiko seks tanpa kondom yang bisa anda berdua hadapi.

Jaminan seks aman dengan kondom juga dipengaruhi oleh bagaimana anda memakainya. Menurut situs NHS kondom mampu menjamin pencegahan kehamilan hingga 98 persen. Namun cara memakai kondom yang salah dapat merobek bahayanya sehingga resiko kehamilan dan penularan penyakit pun bisa tetap mengintai anda. 

3.Membatasi seks hanya dengan satu orang dalam satu waktu

Cara berhubungan paling aman lainnya adalah dengan tidak bergonta ganti pasangan seks di satu waktu. Jika anda dan pasangan sudah berkomitmen untuk menjalani hubungan asmara yang ekslusif, batasi segala aktivitas seksual hanya antara anda berdua. Semakin sering anda bergonta-ganti pasangan seks, apabila terlibat dengan banyak aktivitas seks berbeda dengan beberapa orang dalam waktu yang berdekatan, semakin tinggi pula resiko anda untuk tertular penyakit menular seksual.

Jadi, jika anda sudah mantap memutuskan hanya berhubungan seks dengan satu pasangan saat ini, bahkan yang terikat perkawinan sekalipun, anda juga tetap perlu mengetahui riwayat aktivitas seksualnya yang dulu. Cari riwayat kesehatan dan aktivitas seksual juga penting setiap kali anda memulai hubungan dengan orang yang baru.

4.Menjaga kebersihan setelah berhubungan

Langkah lain yang tak kalah penting untuk berhubungan intim dengan aman adalah menjaga kebersihan alat kelamin anda. Tak perlu langsung mandi, anda cukup cuci dan bersihkan dulu organ intim sehabis berhubungan seks. Hal ini untuk mencegah infeksi bakteri atau ragi. Pasalnya bisa saja kita terpapar berbagai jenis kuman, bakteri, dan kotoran dari berbagai hal ketika bercinta, misalnya tangan, pelumas, dan mulut.

5.Cek kondisi tubuh anda sendiri

Cara lain yang tak boleh dilewatkan untuk berhubungan intim dengan aman adalah memahami kondisi tubuh sendiri. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, hubungan seks tanpa kondom bisa saja meningkatkan resiko tertular penyakit. Sayangnya banyak jenis penyakit seks menular yang tidak menunjukan gejala apapun hingga bertahun-tahun. Meski begitu ada tanda-tanda awal yang bisa dijadikan pertanda bahwa mungkin ada sesuatu yang tidak normal dengan tubuh anda seperti rasa sakit saat berhubungan, terdapat luka dan sebagainya. 

Baca Juga: 6 Masalah Kondisi Kesehatan Wanita yang Jarang Dibicarakan

Pada intinya, mempelajari cara-cara aman dalam berhubungan intim akan melatih anda dan pasangan untuk lebih bijak dalam berhubungan seksual. Oleh karenanya sangat penting menjaga kebersihan dan kesehatan agar lebih aman dalam bercinta. Prinsip ini juga bisa diajarkan oleh para orang tua kepada anak-anaknya sebagai bagian dari edukasi seks sejak dini, sehingga mereka akan lebih paham dan bijak dalam mengenal hubungan seksual.

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu