5 Manfaat Membantu Orang Lain agar Hidup Bahagia dan Seimbang

5 Manfaat Membantu Orang Lain agar Hidup Bahagia dan Seimbang

Blog

Urbanwomen – Saling membantu atau menolong tentunya sudah menjadi kewajiban kita sebagai makhluk sosial. Karena pada hakikatnya manusia membutuhkan kita untuk memenuhi kebutuhan psikologis paling dasar dalam diri. Yah, membantu orang lain sama halnya dengan membantu diri sendiri. Oleh karena kebahagiaan dan keseimbangan hidup akan terasa tatkala kita bisa saling membantu orang disekitar. Jika kamu tak percaya, berikut ini lima manfaat membantu orang lain yang bisa menjadikan hidup lebih bahagia dan seimbang.

1.Membantu kita untuk mengatur emosi

Seperti dilansir dari psychologytoday.com, menurut penelitian di Universitas Columbia, menyatakan bahwa ketika membantu orang lain, kita dapat membantu mereka menghadapi situasi stresnya. Sebaliknya, kita juga bisa meningkatkan keterampilan pengaturan emosi kita sendiri. Tentu saja ini menguntungkan kesejahteraan emosional diri kita sendiri.

2.Memberikan tujuan hidup

Alasan berikutnya adalah dengan memberikan bantuan kepada orang lain, kita akan meningkatkan identitas individu kita secara keseluruhan, termasuk dalam hal tujuan hidup. Ketika membantu orang lain, kita merasa dihargai, puas, dan merasa diandalkan. Kita pun merasa hidup ini berharga dan berguna untuk mencapai sebuah tujuan yang jelas. 

3.Membuat diri kita merasa bahagia

Apakah kamu merasa bahagia saat berhasil membantu orang lain? Beberapa penelitian menunjukkan, membantu orang lain dapat mendorong perubahan fisiologis di otak yang terkait dengan kebahagiaan. Rasa kebahagiaan yang meningkat itu berkaitan dari kegiatan fisik yang kamu lakukan, baik dalam acara charity, kegiatan sosial atau hal lainnya. Disamping bahagia, kamu pun akan merasa bahwa peranan kita sebagai manusia sudah seimbang yaitu saling menolong dan membantu sesama agar semua bisa hidup bahagia.

4.Memiliki perspektif baru terhadap orang lain

Tidak semua orang memiliki hidup dengan keberuntungan seperti apa yang kita rasakan. Membantu orang lain, terutama yang kurang beruntung dalam hidupnya, akan membuat kita memiliki perspektif lain. Perspektif lain itu memberikan sesuatu yang positif di dalam diri kita. Hal tersebut membuat kita bersyukur dan lebih menghargai diri sendiri.

5.Memberikan kualitas hidup sehingga dapat hidup lebih lama

Rutin menjadi relawan dalam acara sosial atau membantu sesama, dapat meningkatkan kemampuan kamu untuk mengelola stres serta mencegah penyakit hati. Kamu juga akan meningkatkan rasa kepuasan terhadap hidupmu. Ketika melakukan aneka kegiatan yang sifatnya tolong menolong, kamu akan merasakan manfaat seperti mengurangi kesepian dan meningkatkan kehidupan sosial kita. Sejatinya, tanpa kita sadari hal ini menjadikan hidup kita lebih seimbang, kamu bisa merasakan kualitas hidup yang lebih baik, begitu juga orang lain.

Baca Juga: 5 Tanda Keseimbangan dalam Hidup Mulai Terganggu

Sekarang kamu sudah paham mengapa sebagai makhluk sosial kita harus saling membantu sesama. Selain beberapa manfaat di atas, saling menolong bertujuan agar terciptanya kebahagiaan dan keseimbang di lingkungan hidup. Karena kebahagiaan bukan milik kamu seorang, tapi untuk semua orang. Semoga artikel ini bisa menjadi inspirasi untuk kita semua agar senantiasa membudayakan saling menolong sehingga tercipta kerukunan hidup yang abadi. 

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu