Notice: fwrite(): write of 571 bytes failed with errno=122 Disk quota exceeded in /home/urbanwom/public_html/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php on line 43
5 Saran Finansial untukmu Kaum Remaja yang Keuangannya Belum Stabil – Urban Women
5 Saran Finansial untukmu Kaum Remaja yang Keuangannya Belum Stabil

5 Saran Finansial untukmu Kaum Remaja yang Keuangannya Belum Stabil

Blog

Urbanwomen – Memasuki usia 20-an menjadi fase awal untuk bertanggung jawab atas diri sendiri. Terlebih masalah keuangan. Kalau ditanya “Malu gak sih, terus-terusan bergantung pada orang tua?” Bagi sebagian kaum remaja mungkin malu yah, apalagi di usia tersebut pada umumnya sudah mendapatkan pekerjaan. Namun bukan hal tersebut yang menjadi permasalahan, tapi di usia 20-an sering kali kaum remaja belum bisa mengatur penghasilannya dengan baik.

Alhasil kondisi keuangan jauh dari kata stabil. Tentunya hal ini tidak ingin menimpa kalian hingga masa tua nanti bukan? Biar tidak keterusan, ada beberapa saran finansial yang bisa kamu terapkan agar keuangan jadi lebih aman dan terkendali. Hal ini semata-mata bukan untuk membatasi keinginanmu, tapi untuk masa depan yang lebih baik. 

1.Jangan tergoda dengan apply kartu kredit

Kartu kecil ini cukup sakti dan memang seolah membuat kebutuhan transaksi jadi lebih mudah. Tapi secara tidak sadar juga bisa bikin kamu jadi lebih konsumtif. Belum lagi kalau tidak disiplin bayar cicilan tiap bulan, bisa-bisa tagihan makin bengkak karena bunga dan denda. So, akan lebih bijak untuk tidak menggunakan kartu kredit dan membayar semua transaksi secara tunai. Karena hidup bebas tagihan itu damai banget

Tapi bukan berarti kamu tidak boleh menggunakan kartu kredit sama sekali yah. Untuk masalah keuangan apalagi di usia kamu yang baru 20-an ada baiknya hal ini pertimbangkan kembali, dan alangkah bijaknya menggunakan kartu kredit untuk kebutuhan mendesak saja, sehingga kamu dapat terhindar dari ketagihan menggunakan kartu kredit. Dengan demikian sikap disiplin kamu akan terus tertanam.

2.Mempersiapkan dana pensiun sedini mungkin

Saran finansial berikutnya adalah menyiapkan dana pensiun sedini mungkin. Terkadang banyak orang masih berpikir mumpung masih muda sebaiknya sebisa mungkin nimati uang yang dimiliki. Hal itu sebetulnya tidak salah, tapi jangan sampai berlebihan juga yah. Justru mumpung masih muda, harusnya kamu sudah menyiapkan dana pensiun sendiri mungkin. Tapi kan masih lama? Justru karena masih lama inilah jangan sampai saat memasuki hari tua kamu malah kelimpungan karena tidak menyiapkan dana pensiun sejak awal. 

Dana pensiun ini juga bukan berarti hanya bisa dinikmati di usia tua nanti. Tapi, bisa kamu manfaatkan sebagai dana darurat atau investasi. Yah, hari ini atau setelah tua nanti kita tidak pernah tahu akan kesehatan kita. Bagaimanapun biaya pengobatan sangat mahal dan mengalami nilai kenaikan. Pastinya, kamu tidak ingin bergantung pada keluargamu nanti bukan? Oleh karena itu siapkan dari sekarang.

3.Akui pengeluaran berlebihan, lalu pangkas di bulan berikutnya

Jangan boros! Kalimat ini mungkin gampang diucapkan tapi nyatanya sulit dilakukan. Beli lipstick cuma karena tergiur review beauty vlogger, jajan boba seminggu nominalnya ngalah-ngalahin uang saku pas SMA. Kalau ada pos pengeluaran yang melebihi anggaran sebaiknya sadar diri dan mulailah untuk membenahinya dengan cara memangkas. Kalau tidak sama juga bohong.

Alternatif yang bisa kamu lakukan agar hal ini tidak terjadi berulang, sebaiknya tabung kebutuhan yang berlebihan di tempat yang aman, atau pisahkan dengan rekening bank lainnya sehingga untuk menggunakannya tidak semudah mengambilnya. 

4.Punya financial plan yang jelas

Salah satu hal yang secara tidak sadar suka bikin keuangan tidak terkendali adalah tak punya rencana yang jelas. Menyusun rencana keuangan bisa membantu mengatur keuangan jadi lebih teratur, lho. Misal dalam 5 tahun kedepan kamu ingin mempunyai rumah atau menikah. Dengan rencana keuangan, kamu bisa mengatur arus uang yang kamu hasilkan, investasi yang perlu dilakukan, pos pengeluaran yang wajib dihapus, dan sejenisnya.

5.Jangan lupakan asuransi kesehatan

Sudah tahu, kalau salah satu biaya tak terduga yang banyak menguras kantong adalah pengobatan rumah sakit? Yes, kita bisa mengakalinya dengan memiliki asuransi kesehatan dari pemerintah. Atau kamu bisa menggunakan asuransi kesehatan dari layanan lainnya. Hal ini tidak hanya penting untuk jangka panjang, tapi juga baik untuk jangka pendek.

Seperti yang dijelaskan di poin kedua, bahwa asuransi juga sangat penting seperti dana pensiun. Meski tidak bisa langsung kita nikmati namun hal ini akan sangat berguna saat dalam kondisi yang mendesak. Kamu bisa bayangkan jika tiba-tiba sakit dan harus menjalani perawatan dengan biaya yang cukup tinggi. Dengan menggunakan asuransi kesehatan, setidaknya tabungan dan aset investasi yang sudah kamu bangun tidak terkuras untuk biaya pengobatan. Kamu pun bisa hidup sejahtera hingga tua nanti.

Baca Juga: Menabung dan Berinvestasi untuk Masa Depan

Setuju kan kalau saran finansial di atas kita terapkan dalam hidup. Selain mengelola keuangan yang baik, menjaga kesehatan dan pola hidup yang baik adalah salah satu faktor menuju kesejahteraan dalam hidup. So, mulailah dari sekarang untuk memperbaiki keuangan selagi masih usia 20-an. Berpikirlah ke depan agar apa yang kamu harapkan dapat tercapai dan senyum bahagia pun bisa mengirim sepanjang hidup.

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu