5 Solusi Keuangan Ini Membuat Kamu Tak Ragu untuk Melangkah ke Pelaminan

5 Solusi Keuangan Ini Membuat Kamu Tak Ragu untuk Melangkah ke Pelaminan

Blog

Urbanwomen – Menikah, membuka usaha atau melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi adalah impian setiap orang. Namun bagaimanapun semua itu tergantung pada keuangan. Yah pengelolaan keuangan yang baik dan sehat akan mendukung masa depan yang sejahtera. Selain sebagai bentuk investasi masa depan, pengelolaan keuangan adalah bentuk kerja keras dalam menggapai sebuah impian. Seperti halnya dalam pelaminan, banyak hal yang harus diperjuangkan termasuk uang.

Sebagian dari kita mungkin sering mengalami keraguan ketika akan melangkah ke pelaminan karena takut tidak cukup uang. Namun meski demikian bukan berarti kamu tidak bisa mewujudkan impianmu. Nah berikut ini ada beberapa solusi pengelolaan keuangan yang akan membuatmu semakin yakin dan bersemangat untuk melangkah ke pelaminan.

1.Membuat estimasi biaya terburuk

Meskipun kamu yakin dalam pengelolaan uang yang kamu lakukan sudah sesuai kebutuhan akan tetapi ada baiknya kamu memikirkan kemungkinan buruk yang bisa terjadi. Tak ada salahnya mengatur anggaran pernikahan beberapa persen lebih tinggi dari harga seharusnya. Dengan begitu, kamu bisa menyiapkan dana cadangan sejak awal dan siap menghadapi kenaikan harga secara tiba-tiba.

2.Pastikan semua komponen biaya pengeluaran tidak ada yang terlewat

Saat kamu hendak merayakan sebuah pesta pernikahan, kamu bisa menyisir semua pengeluaran tanpa terlewat satupun. Biaya-biaya tak terduga seperti kenang-kenangan untuk bridesmaid, ongkos transportasi, vendor, dan acara bridal show biasanya menjadi komponen biaya tak terduga dalam sebuah pernikahan. Apabila pengeluaran tersebut tidak tercatat, kamu akan kaget melihat total pengeluaran di akhir.

3.Membuka tabungan khusus untuk dana pernikahan

Kamu akan membutuhkan dana yang besar untuk mewujudkan pernikahan impianmu. Maka dari itu, buatlah tabungan khusus dana pernikahan yang terpisah dari kebutuhan lainnya. Dengan begitu, rencana pernikahanmu akan aman dari gangguan kebutuhan lainnya. Tabungan khusus juga akan memudahkan pos pos keuangan, sehingga antara pendapatan dan tabungan tidak menjadi campur aduk dan tidak berantakan.

4.Mulai menabung sejak awal

Kamu bisa mulai menabung dalam jangka waktu yang telah ditentukan sampai pernikahanmu tiba. Agar rencanamu tidak meleset dari perkiraan, tentukan berapa jumlah uang yang harus kamu tabung setiap bulannya, lalu bandingkan dengan dana pernikahan yang telah direncanakan. Umumnya orang-orang akan menyisihkan gajinya sekitar 20 – 30% untuk menabung. Tapi, jangan lupa yah untuk menjaga tabungan agar impian pernikahanmu dapat terlaksana.

5.Strict To The Budget

Buat sebuah komitmen pada dirimu sendiri untuk menggunakan dana pernikahanmu dengan sebaik mungkin. Kuatkan diri agar tidak melanggar komitmen tersebut. Apabila kamu melanggar, maka mau tidak mau kamu harus mencari solusi lain agar dana pernikahanmu tetap aman sampai pelaksanaannya.

Baca Juga: Hidup Sederhana untuk Simpanan di Masa Depan

Nah itulah beberapa solusi keuangan untuk mewujudkan impianmu dalam pelaminan. Setiap orang pasti ingin memiliki pernikahan yang sempurna, oleh karena itu perbaiki pengelolaan keuangan agar apa yang kamu cita-citakan dapat tercapai dengan baik. Karena dengan pengelolaan keuangan yang baik akan mengantarkanmu ke masa depan yang lebih baik.

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu