5 Tanda Keseimbangan dalam Hidup Mulai Terganggu

5 Tanda Keseimbangan dalam Hidup Mulai Terganggu

Blog

Urbanwomen – Berbagai kesibukan setiap hari seringkali menjadikan kita tidak sadar bahwa kita sudah kekurangan waktu untuk sekedar menarik napas. Bukan hanya perkara waktu tidur yang berkurang melainkan aktivitas dan interaksi kita yang tak lagi seimbang. Oleh karenanya, sebelum terlambat kamu harus mengenali tanda-tanda keseimbangan dalam hidupmu yang mulai terganggu dan perlu segera mengambil jeda. Yuk, cek segera mana yang sedang kamu rasakan sekarang diantara tanda-tanda berikut ini.

1.Rasa lelah yang terus menerus bahkan kesehatan mulai menurun

Rasa lelah yang normal akan lekas hilang setelah kamu beristirahat. Namun bila kamu sudah cukup tidur dan rasa lelah masih saja ada bahkan bertambah, mungkin ada yang timpang dalam kegiatanmu akhir-akhir ini. Misalnya, kamu terlalu keras berpikir dan mengejar target-target pekerjaan.

Sehingga meski kamu merasa sedang beristirahat, pikiranmu sebenarnya tidak tenang. Masih terus terpaku pada target-target itu. Kelelahan yang terus menerus tentu saja akan mempengaruhi daya tahan tubuhmu. Kesehatanmu pun mulai terganggu, misalnya sering sakit kepala atau mengalami gangguan pencernaan.

2.Kinerjamu memburuk

Baik dalam kualitas maupun kuantitas hasil kerjamu mengalami penurunan. Kamu yang biasanya cepat dalam menyelesaikan berbagai tugas, sekarang lambat. Padahal, tugasnya tak lebih sulit dari biasanya dan kamu hanya memfokuskan diri pada tugas itu, tak menyambutnya dengan tugas lain. Kamu juga tidak secermat biasanya. Misalnya, saat kamu sedang mengedit tulisan, masih saja ada kesalahan ketik yang terlewat dari pemeriksaan. Padahal biasanya kamu paling jeli soal tugasmu ini.

3.Emosimu tidak stabil

Tanda berikutnya keseimbangan dalam hidup mulai terganggu adalah seperti jadi lebih mudah marah, meski biasanya kamu orang yang sabar. Tanpa sebab yang jelas, tiba-tiba merasa sedih. Atau mencemaskan hal-hal sepele yang biasanya bisa kamu hadapi dengan santai. Jangankan persoalan sepele, yang benar-benar berat saja biasanya kamu tetap tenang. Perubahan ini tak hanya membuatmu tidak nyaman. Orang-orang disekitarmu mungkin juga akan kena imbasnya.

4.Mudah salah paham dengan orang lain

Mudahnya kamu salah paham bisa diakibatkan oleh emosimu yang lagi tidak stabil seperti pada poin 3, bisa juga karena konsentrasi saat menerima berbagai informasi sudah tidak bagus. Kamu terlalu cepat melihat apapun hanya dari sisi buruknya. Coba cek, hari-harimu belakangan ini. Mungkin saja kamu sudah kebanyakan informasi sehingga makin ke sini, pemrosesan informasi kian tidak akurat. Jika kamu tidak segera mengambil jeda dan menenangkan diri, ini bisa memicu konflik dengan banyak orang.

5.Merasa kesepian atau duniamu terlalu ramai

Wajar jika sudah cukup lama kamu tenggelam dalam pekerjaan, perasaan kesepian pun menghampiri. Terlebih jenis pekerjaanmu memang sangat individual. Misal, seorang penulis yang sudah berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan menyepi demi menyelesaikan masalahnya. Interaksi dengan dunia luar terutama sesama manusia seakan-akan telah terputus. Solusinya, tentu saja kamu perlu menghubungkan orang-orang terdekatmu. Bagaimanapun kita memang ditakdirkan sebagai makhluk sosial bukan? Kita tetap berinteraksi dengan dunia di luar diri kita.

Tetapi sebaliknya, kekurangan waktu untuk menyepi juga bisa membuat keseimbangan hidup terganggu. Bahkan orang yang ekstrovert sekalipun jika terus dikelilingi banyak orang dan keramaian, dia akan merasa lelah. Kalau kamu mengalaminya, kamu perlu menarik diri sebentar dari segala keramaian itu. Tutup cangkangmu dan beristirahatlah dengan tenang.

Baca Juga: Menyeimbangkan Peran, antara Urusan Pekerjaan dan Pribadi

Tanpa kita sadari keseimbangan hidup bisa mudah terganggu. Tetapi dengan melihat tanda-tanda dia atas kamu pasti bisa mengatasinya. Setiap orang memiliki zona nyaman tersendiri, dan memiliki peranan masing-masing, namun jangan lupa untuk mengontrol diri agar keseimbangan hidup tetap terjaga.

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu