Bangun-rasa-saling-percaya

5 Tips Bangun Rasa Saling Percaya Dengan Pasangan

Cinta & Relasi

Urbanwomen – Kepercayaan adalah hal dasar yang penting dalam menjalani sebuah hubungan. Untuk dapat membangun rasa saling percaya antar pasangan tidaklah mudah. Butuh waktu, usaha, dan kesabaran. Hubungan cinta yang sehat butuh rasa saling percaya satu sama lain. Karena jika tidak ada kepercayaan maka dalam hubungan akan terus ada rasa curiga yang berujung dengan pertengkaran. Sebab itu, ketika kamu memutuskan menjalin hubungan dengan seseorang, kepercayaan adalah salah satu aspek penting yang harus terus dibangun dan jaga.

Kamu tentu mau hubungan yang sehat dan harmonis dong urbansis? Nah, ini 5 cara yang bisa kamu lakukan untuk membangun kepercayaan dalam hubungan cinta.

1. Belajar Mendengarkan

Luangkan waktu kamu untuk mendengarkannya saat bicara ya urbansis, siapa tau ada hal penting yang selama ini ia pendam namun ragu untuk dikeluarkan. Mulai obrolan santai dengan pasanganmu, mulai dari curhat soal aktivitas atau hari yang sudah ia lewati dengan cara yang nyaman. Siapa tau dari obrolan ringan itu pasanganmu mulai bisa terbuka dan percaya untuk bercerita rahasia-rahasianya padamu.

2. Saling Terbuka Satu Sama lain

Jika kamu ingin meningkatkan rasa saling percaya dalam hubungan, kamu harus mulai terbuka atas perasaan kamu yang sebenarnya. Jujurlah mengenai isi hatimu. Lakukan jika kamu memang menyukainya, tetapi jangan ragu untuk menolak jika kamu tak ingin. Jika kamu berbohong mengenai isi hatimu, itu hanya akan membuat kamu semakin nggak nyaman dengan hubungan tersebut.

Selain terbuka mengenai isi hati, untuk membangun kepercayaan antar pasangan, penting juga untuk tidak menutupi apapun dari pasangan. Jika kamu mencoba membohonginya dengan alasan bukan hal besar, lama-kelamaan si dia pun bisa tidak lagi mempercayai apa pun yang keluar dari mulut mu loh sis. 

3. Tepati Setiap Janji

Jika kamu sudah membuat janji untuk menemaninya ke sebuah acara minggu depan, maka tepati ya sis. Setiap janji yang kalian dibuat perlu ditepati. Kalau kemudian terpaksa tak bisa memenuhi janji tersebut, utarakan alasannya dengan jujur. Jika perlu lakukan sesuatu yang lain untuk menebus janji yang tak bisa ditepati tersebut. Saat sudah bisa sama-sama saling menepati janji, maka rasa saling percaya nantinya akan mulai bertunas dengan sendirinya.

4. Saling Menghormati

Salah satu hal yang bisa merusak kepercayaan dalam hubunganmu adalah sikap meremehkan. Sayangnya, ketika hubungan sudah semakin terjalin secara serius, salah satu dari kalian tanpa sadar bisa memperlakukan pasangan dengan sikap merendahkan. Setiap kali masing-masing dari kalian saling merendahkan atau tidak menghormati, sedikit demi sedikit, itu akan merusak hubungan kalian dan membuat rasa saling percaya luntur . Kuncinya adalah selalu hargai hal-hal kecil yang dilakukan pasanganmu.

5. Buang Rasa Curiga

Duh, gimana mau saling percaya kalau masih curigaan dengan pasangan sendiri. Curiga yang sewajarnya masih bisa dimaklumi. Tapi bila curiganya sudah berlebihan, siapa juga yang tahan kan? Lama-lama pasangan pun tidak akan betah dengan sifat curigaan kamu sis. Jika kamu merasa ada yang tidak beres dengan pasangan, kamu bisa cari tahu dulu kebenarannya, jangan langsung mencurigai dirinya. Karena jika itu tidak benar, kamu hanya akan mempermalukan diri sendiri. Yuk, segera buang jauh-jauh sikap curigaan tersebut agar tidak mengikis rasa saling percaya antar pasangan.

Baca Juga: Hati-hati dengan Gaslighting Sebagai Bentuk Kekerasan Emosi

Lima cara yang sudah minsis sebutkan bisa dicoba untuk membangun rasa saling percaya dalam hubungan. Tapi tidak menutup kemungkinan masih ada banyak cara lain yang bisa kamu gunakan untuk membangun kepercayaan dalam hubungan ya sis. Sekian, see yaa sister!!!

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu