5 Tips untuk Menyederhanakan Hidupmu Saat Ini

5 Tips untuk Menyederhanakan Hidupmu Saat Ini

Blog

Urbanwomen. Sebagai bentuk berdamai dengan masa lalu yang cukup menyedihkan, kamu tentu ingin menyederhanakan hidupmu bukan? Hidup sederhana, apa yang kamu pikirkan? Hidup sederhana maksudnya hanya memiliki segalanya sesuai tempatnya dan mengetahui bagaimana segala sesuatu berjalan sebagaimana mestinya. Kamu pun tidak memiliki daftar tugas yang rumit dan sudah ada takarannya. Saat kamu sibuk, sulit untuk menjalani hidup sederhana, mudah untuk meninggalkan hal-hal di depan pintu, berhenti melacak daftar pekerjaanmu, dan membiarkan semuanya menumpuk. Begitu kamu memutuskan menghapus yang tidak kamu butuhkan dalam hidup, itu akan memberi ruang dalam hidup. Kamu akan merasa lebih bebas, lebih bahagia, dan siap untuk menyelesaikan apa pun. Nah, agar kamu lebih sederhana dalam hidup, simak 5 tips di bawah ini ya!

1. Tuliskan apa yang sudah kamu lakukan

Hidupmu mungkin akan sibuk dan berantakan jika kamu tidak memantaunya. Dan ketika banyak hal menumpuk, kamu perlu mencatatnya sebagai upaya penyederhanaan hidup. Mulailah untuk mencatat apa saja yang harus kamu kerjakan dan apa yang sudah. Catatlah apa yang sudah kamu baca, kamu makan, dan kamu lakukan sehingga kamu tahu kapan harus beristirahat. Ingat, kesempurnaan adalah musuh kebaikan, kamu mudah melakukan pekerjaan dengan baik dan untuk menyederhanakan hidupmu dan membuatmu lebih bahagia, kamu hanya perlu mencatat kegiatanmu.

2. Minimalkan segalanya

Gaya hidup minimalis sedang trend saat ini. Banyak orang yang mulai merapikan lemari pakaian mereka dan mencoba hidup dengan lima pakaian per minggu secara bergilir. Jika kamu ingin menyederhanakan hidup, inilah saatnya melakukannya dengan cara yang berkelanjutan. Mulailah bersihkan pakaianmu, sumbangkan pakaian tersebut ke orang yang membutuhkan jika sudah memenuhi lemari. Jangan biarkan segala sesuatu menumpuk di sekitarmu. Kamu akan menjauh dari kehidupan sederhana.

3. Sederhanakan ekspektasimu

Seringkali, ekspektasi kita sendirilah yang membuat hidup lebih rumit dari seharusnya. Sederhanakan ekspektasimu, ingatlah bahwa semua orang sibuk, dan cobalah untuk menjadi positif tidak peduli apa pun yang terjadi dalam hidupmu. Misalnya, setelah kamu menyingkirkan hal-hal yang selama ini mengganggumu, kamu akan lebih mudah melangkah ke masa depan dan menjalani hidup yang lebih sederhana. Jika temanmu mengecewakanmu dan kamu berhati-hati untuk bergantung padanya, sederhanakan hidup dengan melepaskan ekspektasi negatif dan belajarlah untuk mencintai temanmu apa pun itu kekurangannya. Jika kamu menyederhanakan ekspektasimu terhadap diri sendiri, kamu akan merasa lebih bahagia dan lebih produktif.

4. Tinjaulah setiap minggu

Minggu adalah hari yang tepat untuk meninjau hidupmu dan bagaimana kamu bisa membuatnya lebih sederhana. Salah satu cara mudah untuk menyederhanakan segalanya adalah dengan melihat hal-hal yang tidak penting dalam hidupmu dan hilangkan hal tersebut dalam hidupmu setiap minggunya. Buatlah daftar kecil dari tiga hal yang dapat kamu kurangi dari hidupmu setiap minggu dan hentikan tanpa terlalu memikirkannya. Ini bisa menjadi apapun yang kamu inginkan. Jika kamu tidak dapat memikirkan 5 alasan untuk menyimpan sesuatu dalam hidup, kamu dapat menyingkirkannya dengan aman. Ini adalah aturan yang baik untuk diterapkan jika kamu mencoba untuk menyederhanakan segalanya.

5. Kurangi kekacauan mental dari hidupmu
Kekacauan mental mencakup hal-hal yang perlu kamu ingat, pesta yang kamu rencanakan, kekhawatiran yang kamu miliki, pembicaraan negatif dengan diri sendiri, obsesi, rasa syukur, buku yang ingin kamu baca, film yang ingin kamu tonton, tempat yang kamu ingin datangiā€¦. Daftar ini masih terus berlanjut. Segala sesuatu yang kamu bawa dalam pikiranmu sepanjang hari setiap hari akan membuat hidupmu jauh lebih kompleks daripada yang seharusnya. Inilah mengapa kamu perlu memangkasnya. Buanglah segala kekacauan yang ada di pikiranmu untuk hidup yang lebih sederhana.

Menyederhanakan hidup adalah bentuk dirimu sudah berdamai dengan masa lalu dan ingin memberikan perubahan baik dalam hidupmu. Jangan patah semangat!

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu