bentuk menghargai diri sendiri

6 Bentuk Menghargai Diri Sendiri, Sudahkah Kamu Melakukannya?

Blog

Urbanwomen – Sebagai makhluk sosial terkadang kita mengalami masa-masa dimana kurang percaya pada diri sendiri. Hal ini bahkan bisa terjadi dimana saja dan kapan saja. Salah satu langkah untuk menghindari hal tersebut, tentu berawal dari kita untuk menghargai diri sendiri. Karena saat rasa itu telah terbentuk segala keadaan yang dapat menyebabkan hilangnya kepercayaan diri dapat dihindari. Jadi, sudahkah kamu menghargai dirimu sendiri? Coba simak 6 langkah berikut ini.

1.Selalu bersyukur

Dalam memupuk rasa menghargai pada diri sendiri tentu kita harus pandai-pandai bersyukur dengan apa yang kita punya. Selalu bersyukur bahwa betapa berharganya apa yang sudah kita miliki dan apa yang telah kita lakukan. Karena bersyukur merupakan langkah awal untuk kita bisa selalu mengingat milestone yang sudah kita capai dan apa yang sudah ditakdirkan dalam diri kita. Selain itu bersyukur mampu membuat diri kita dapat lebih bijak dalam menentukan kebutuhan dan keinginan.

2.Berkumpul dengan lingkungan positif

Lingkungan merupakan tangga bagi langkah kehidupan kita. Salah memilih lingkungan dan pergaulan tentu akan berpengaruh pada pola pikir dan perilaku kita. Membiarkan diri kita untuk berinteraksi dengan lingkungan negatif sama halnya dengan merelakan diri kita untuk terkena dampaknya. Maka sebagai bentuk rasa menghargai dalam diri kita alangkah baiknya kita memilih lingkungan yang positif. Selain itu lingkungan yang dipenuhi dengan energi positif akan selalu menghargai dan mendukung kamu dalam hal apapun.

3.Mengedukasi diri

Bila diantara kamu memiliki kegemaran untuk mempelajari sesuatu itu sama halnya dengan menghargai diri sendiri. Tidak harus melulu sekolah atau kuliah, melibatkan diri dalam suatu forum atau kursus yang bermanfaat bisa jadi salah satu bentuk mengedukasi diri. Semakin kita membiarkan diri kita untuk mendapatkan pengalaman dan pengetahuan, ini sama halnya dengan meningkatkan kualitas diri kita. Nah untuk kamu yang memiliki sedikit waktu luang, ada baiknya melibatkan diri dalam forum atau kursus tertentu supaya menambah wawasan kamu.

4.Berpakaian rapi

Bentuk menghargai diri sendiri juga bisa dilakukan dalam bentuk berpakaian. Yah, memberikan kesempatan diri untuk berpenampilan menarik dan rapi merupakan langkah kecil untuk kita menghargai diri sendiri. Meskipun sebagian orang berprinsip don’t judge book by it’s cover, tetapi tidak dapat dipungkiri jika mayoritas orang akan menilai diri kita dari penampilan fisik. Tak harus bergaya fashion terkini penampilan yang rapi dan pembawaan yang tidak acak-acakan tentunya akan memberikan poi positif bagi kamu disaat bertemu orang lain di kesempatan apapun.

5.Menjaga pembicaraan

Selain berbagai hal di atas, ternyata menjaga pembicaraan juga salah satu bentuk menghargai diri sendiri. Menjaga pembicaraan sama halnya kita membentuk batasan privacy kita dengan orang lain. Bukan berarti saat kita curhat tidak menghargai diri kita ya, namun menjaga pembicaraan disini berarti kita harus menjaga apa saja kata yang perlu diucapkan atau tidak dengan orang lain.

6.Memperhatikan asupan makanan dan minuman

Langkah terakhir merupakan hal paling mudah yang dapat kita lakukan dalam menghargai diri kita. Yah mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat tentu akan memberikan manfaat yang baik bagi tubuh. Hindari pula makanan dan minuman yang berdampak negatif, karena itu sama halnya dengan membiarkan diri kita untuk menerima dampak buruknya.

Baca Juga: Apa yang Harus Dilakukan untuk Menerima Diri Sendiri?

Apakah kamu sudah melakukan beberapa hal di atas? Jika iya, itu tandanya kamu sudah melakukan langkah kecil dalam menghargai diri sendiri. Yuk, biarkan diri kita berkembang dengan baik tanpa harus mengikuti karakter orang lain. Karena menghargai diri sendiri akan menunjukan jati diri kita yang sebenarnya.

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu