Notice: fwrite(): write of 571 bytes failed with errno=122 Disk quota exceeded in /home/urbanwom/public_html/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php on line 43
6 Manfaat Kesehatan dari Vitamin D untuk Tubuh – Urban Women
6 Manfaat Kesehatan dari Vitamin D untuk Tubuh

6 Manfaat Kesehatan dari Vitamin D untuk Tubuh

Blog

Urbanwomen – Menjalani hidup sehat adalah pilihanmu dan banyak wanita paham bahwa vitamin D itu sangat penting. Namun ada banyak mitos dan kesalahpahaman yang beredar dan sumber terbaiknya, mengapa tubuhmu membutuhkannya, dan seberapa banyak yang kamu butuhkan. Vitamin D mungkin salah satu nutrisi terkuat yang tidak kamu dapatkan dengan cukup.

Gejala kekurangan Vitamin D

Tiga dari 4 orang kekurangan vitamin D. Diperkirakan 75 persen masyarakat mempertaruhkan kesehatan mereka dengan tidak memperhatikan vitamin D yang dibutuhkan oleh tubuh mereka. Penelitian dari The Archives of Internal Medicine dengan jelas menunjukkan bahwa hanya sekitar 23 persen orang yang memiliki kadar vitamin D dalam darah yang memadai (berdasarkan penelitian di AS). Para peneliti juga menunjukkan bahwa kekurangan bahkan lebih umum di antara budaya berkulit gelap seperti orang Latin dan Afrika-Amerika.

Kebiasaan kecil tapi sangat vital ini sangat penting untuk kesehatan dan kesejahteraan jangka Panjang. Berikut manfaat kesehatan dari vitamin D.

1.Vitamin D membantu melindungi tubuh dari kanker

Para peneliti telah lama mengetahui bahwa vitamin D, dapat melawan perkembangan kanker di tubuh. Ingat, vitamin D sebenarnya bisa mematikan, dan pada gen tertentu menyebabkan pertumbuhan sel di area tertentu, bekerja secara sinergi dengan nutrisi lain di dalam tubuh. Semua ini adalah alasan mengapa nutrisi ini dianggap sebagai alat pencegahan kanker yang manjur. Salah satu studi menemukan bahwa orang-orang mengalami penurunan 17 persen tingkat kanker yang muncul pertama kali karena memiliki tingkat vitamin D yang memadai. Juga, bagi mereka yang sudah terkena kanker, banyak mendapatkan vitamin D akan dapat meningkatkan kelangsungan hidupnya. Ini sangat berlaku untuk orang dengan kanker pencernaan (kanker perut dan usus besar).

Untuk setiap 25 nmol/L lebih tinggi tingkat vitamin D seseorang dalam darah, pasien melihat penurunan 2 persen dalam kematian akibat kanker total dan penurunan kanker usus sebesar 45 persen, yang berarti vitamin D adalah salah satu perlindungan paling kuat yang kita miliki dan dapat melawan perkembangan dan kelangsungan hidup kanker.

2.Vitamin D dapat memperkuat stamina atlet

Olimpiade Musim Panas Mexico City tahun 1968 merupakan Olimpiade khusus yang memiliki jumlah rekor dunia yang luar biasa tinggi. Lalu, apa kaitannya dengan vitamin D? Banyak teori mengatakan bahwa beberapa prestasi atlet hebat pada tahun 1968  tidak hanya dimungkinkan oleh kualitas udaranya, tetapi juga karena banyaknya vitamin D yang didapatkan oleh para atlet yang datang lebih awal untuk berlatih dan menyesuaikan diri. Karena mereka tinggal di tempat yang lebih tinggi, mereka lebih dekat dengan matahari, satu-satunya sumber vitamin D.

Vitamin D mengikat sel otot, dan beberapa penelitian juga menunjukkan korelasi kecil namun berbeda antara peningkatan performa atletik, termasuk peningkatan kemampuan untuk berlari, melompat, dan membangun kekuatan otot. Studi tambahan juga menunjukkan sebaliknya, bahwa kadar vitamin D yang rendah dapat memperlambat kemampuan atletik. Siapa pun yang tertarik untuk mempertahankan atau meningkatkan massa otot mereka juga harus tahu bahwa Vitamin D dapat berperan besar dalam mencegah hilangnya jaringan otot.

3.Vitamin D penting untuk sistem kekebalan tubuh

Begitu para peneliti mulai menemukan pentingnya vitamin D bagi kesehatan tulang, mereka segera melihat trend dengan peningkatan kekebalan. Sebelum antibiotic dikembangkan, vitamin D adalah pengobatan yang tepat untuk mengobati pasien tuberculosis. Bersama dengan otot, tulang, dan sel kulit, vitamin D juga mengikat sel kekebalan untuk meningkatkan pertahanan terhadap zat asing dalam tubuh. Mereka yang kekurangan vitamin D dapat meningkatkan kemampuannya untuk melawan pilek dan penyakit dengan menaikkan levelnya. Perlindungan kekebalan ini terlihat dalam penyakit autoimun seperti Multiple Sclerosis, dimana memiliki kadar vitamin D yang tinggi dan tinggal di tempat yang lebih terpapar sinar matahari adalah salah satu strategi pencegahan teratas.

4.Vitamin D memperkuat tulang

Sementara kalsium dan fosfor adalah sumber bagus lainnya untuk memberi tulangmu nutrisi yang cukup, memiliki cukup vitamin D dalam makananmu sangat penting karena membantu ususmu dalam menyerap kalsium dari makanan. Kalsium ini sebaliknya akan dikeluarkan melalui ginjal. Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan pelunakan tulang pada orang dewasa, dan rakhitis pada anak-anak. Faktanya, lebih dari 53 juta orang di AS telah mencari pengobatan untuk osteoporosis, atau berisiko tinggi karena kekurangan vitamin D, dengan penyakit ini menjadi salah satu penyebab utama patah tulang pada orang tua. Menurut Mayo Clinic, ini terjadi “ketika siklus pembentukan tulang baru dan pengeroposan tulang lama menjadi tidak seimbang dan lebih banyak tulang yang hilang daripada yang diciptakan.”

5.Vitamin D membantu menurunkan berat badan dan mengurangi risiko penyakit jantung

Semua wanita sehat ingin menurunkan berat badannya. Kadar vitamin D yang rendah dapat menyebabkan obesitas, yang berarti memiliki jumlah vitamin D yang tepat dalam asupan harian dapat membantu menurunkan berat badan. Studi tahun 2009 menemukan antara obesitas dan kadar kalsium rendah pada wanita yang kelebihan berat badan. Mereka mengkonsumsi vitamin D dan kalsium dengan dosis harian lebih berhasil menurunkan berat badan dibandingkan mereka yang mengkonsumsi suplemen placebo. Penelitian menentukan bahwa kombinasi kalsium dan vitamin D dapat menekan nafsu makan. Studi lain tahun 2009 menentukan bahwa orang yang kelebihan berat badan yang mengonsumsi suplemen vitamin D menurunkan risiko penyakit jantung. Para peneliti ini menemukan bahwa vitamin D meningkatkan “beberapa penanda risiko penyakit kardiovaskular pada subjek dan kelebihan berat badan dengan status vitamin D yang tidak memadai yang berpartisipasi dalam program penurunan berat badan.”

6.Vitamin D secara positif mempengaruhi area lain dari tubuh

Paratiroid, tulang, kulit, ginjal, usus besar, sel darah, kelenjar hipofisis, ovarium, ada lebih banyak organ dan fungsi tubuh yang mempengaruhi vitamin D. Penelitian tentang vitamin D masih berkembang, yang berarti daftarnya terus bertambah. Untuk saat ini, vitamin D sangat bermanfaat untuk tubuh jika tidak berlebihan.

Baca Juga: 3 Perawatan Tubuh di Rumah yang Mudah Dilakukan

Sebagai wanita yang ingin hidup sehat sebagai pilihanmu, tentu kamu akan lebih memperhatikan berapa banyak vitamin D yang masuk dalam tubuh. Pastikan kebutuhannya cukup untuk porsi tubuhmu ya!

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu