6 Masalah Kondisi Kesehatan Wanita yang Jarang Dibicarakan

6 Masalah Kondisi Kesehatan Wanita yang Jarang Dibicarakan

Blog

Urbanwomen – Wanita kadang mengabaikan kondisi kesehatannya. Wanita berpendidikan biasanya memiliki kepribadian yang baik dan akan selalu memperhatikan kondisi kesehatannya. Para wanita biasanya mengalami banyak masalah kesehatan tapi memilih untuk tidak memperhatikannya. Kamu pasti pernah mengalami sisi kanan wajahmu menjadi kaku dan lemah. Kamu merasa sedikit sedih sepanjang hari. Kamu pun merasakan kelelahan hingga kamu hanya merayap menuju sofa tanpa tahu apa yang sedang terjadi. Penting bagi kamu para wanita untuk memperhatikan kondisi kesehatannya agar lebih mudah mencegahnya. Agar kamu tidak terlambat memahami semuanya, berikut 6 masalah kondisi kesehatan wanita yang jarang dibicarakan tapi berdampak besar.

  1. Penyakit jantung

Penyakit jantung tetap menjadi pembunuh wanita nomor satu di AS, menggantikan gabungan tujuh penyebab kematian lainnya. Setiap tahun, setengah juta wanita meninggal karena bentuk penyakit ini. Namun, ketika keluhan ini muncul sebagai gejala serangan jantung, para dokter lebih sering mengabaikan keluhan tersebut daripada pria, terutama jika wanita tersebut berusia di bawah 50 tahun. Sebagian besar risiko penyakit jantung kita berkaitan dengan gaya hidup kita, bekerja penuh waktu dikombinasikan dengan mengurus keluarga yang menyisakan sedikit ruang bagi wanita untuk menjaga pola makan yang sehat dan rutinitas olahraga. Meski begitu, wanita yang memanfaatkan waktunya 30 menit olahraga setiap hari dalam seminggu akan mendapatkan gaya hidup yang sehat dan mempertahankan berat badannya yang sehat.

  1. Menstruasi yang tidak teratur

Ketidakteraturan menstruasi dapat berasal dari gangguan hormonal, tapi juga dapat mengungkapkan kondisi kesehatan mendasar yang dapat mempengaruhi kesuburan. Namun, banyak wanita yang mengabaikan siklus menstruasi mereka. Contohnya, banyak wanita yang mengalami menstruasi 3 bulan sekali, 4 bulan sekali, bahkan 6 bulan sekali. Banyak sekali yang hanya menganggap bahwa itu hanya faktor stress. Ada pula yang mengalami menstruasi para berulang kali, dan hanya dideteksi sebagai hormon yang berlebihan dan akan berhenti di usia akhir 20-an. Namun, ternyata setelah di USG mengungkapkan bahwa menstruasi parah yang terjadi terus menerus itu merupakan penyakit fibroid uterus.

  1. Kondisi peradangan kronis

Wanita jauh lebih rentan terhadap gangguan autoimun daripada pria, tetapi dokter sering mengabaikan rasa sakit yang ada pada wanita. Jadi, para wanita bisa hidup bertahun-tahun tanpa diagnosis yang benar. Delapan puluh persen wanita hidup dengan penyakit autoimun, meskipun mereka kurang rentan terhadap penyakit menular dibandingkan pria. Penyakit autoimun yang dimaksusd termasuk penyakit Crohn, colitis, ulserativa, rheumatoid arthritis, dan lupus. Selain itu, banyak yang menyebabkan kecacatan yang parah.

  1. Kelelahan kronis

Karena wanita mengalami menstruasi, mereka lebih rentan mengalami anemia dibandingkan pria. Anemia terjadi ketika jumlah sel darah merah yang bersirkulasi menurun, yang menyebabkan kekurangan oksigen di jaringan tubuh lainnya. Jika kamu berada dalam kondisi yang sangat baik tetapi mulai merasa pusing, sesak napas, dan kelelahan selama berolahraga, anemia adalah tersangka utama. Demikian juga, jika kamu merasa Lelah bahkan setelah istirahat malam yang nyenyak, anemia bisa menjadi penyebab kelelahan utamamu.

  1. Sakit kepala dan migrain

Sakit kepala yang sering terjadi pada wanita seringkali diabaikan oleh wanita. Padahal, delapan puluh lima persen penderita migrain kronis adalah wanita. Banyaknya pekerjaan yang dikerjakan oleh wanita merupakan faktor penyebab utama migrain. Sakit kepala yang berkelanjutan ternyata bisa berdampak hingga penyakit kanker lho, sebaiknya lebih sadar soal sakit kepala dan migrain ya!

  1. Kekerasan seksual dan kekerasan dalam rumah tangga

Dua puluh orang per menit mengalami tindak kekerasan di tangan pasangan serumah, dan kebanyakan korbannya adalah wanita. Satu dari setiap empat gadis mengalami pelecehan seksual sebelum usia 18 tahun. Trauma tersebut menyebabkan kecanduan dan gangguan jiwa pada wanita. Dokter dapat membantu lebih banyak kita mereka bertanya kepada wanita tentang memar yang mencurigakan atau apakah mereka merasa aman di rumah.

Baca Juga: 4 Manfaat Jus Tart Ceri Sangat Baik untuk Kesehatanmu

Masalah kondisi kesehatan membuat kamu menjadi bingung dalam menjalani hidup sebagai wanita. Namun, jika kamu memiliki Pendidikan yang baik, kamu akan memiliki kepribadian baik dan memperhatikan kesehatanmu. So, masih mau cuek sama kesehatanmu sendiri?

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu