7 Panduan Berhemat untuk Mengatasi Dompet Kering tanpa Pusing

7 Panduan Berhemat untuk Mengatasi Dompet Kering tanpa Pusing

Blog

Urbanwomen – Kamu pernah gak sih merasa lelah mengatur keuangan? Sudah melakukan berbagai tips budgeting cermat tapi tidak pernah ada yang sukses. Capek dan kesal pasti. Namun sebenarnya itu hal yang wajar, ko. Kamu tak perlu overthinking untuk memikirkan bagaimana mengatasinya, karena mungkin solusi masalah keuanganmu ada di beberapa tips berikut ini. Yah, untuk kamu yang masih gagal dalam mengendalikan keuangan tak ada salahnya mencoba tips lain.

Karena tidak semua tips pengelolaan uang itu dapat berjalan baik. Selagi kamu masih sadar akan pentingnya mengelola keuangan, pasti kamu pun bisa melakukan pola keuangan yang sehat. Apa sajakah tips yang bisa dilakukan? Berikut ini ulasan lengkapnya.

1.Singkirkan barang yang tidak kamu pakai

Daripada banyak barang menumpuk di rumah, mendingan cari yan tak terpakai tapi masih punya nilai jual. Dengan begitu, kamu bisa membuka usaha jual barang preloved supaya dapat uang tambahan untuk mengurangi beban finansialmu. Bonusnya, tak ada lagi ruangan berantakan yang bikin kamu makin capek sehabis kerja. Cara ini juga bisa menjadi modal awal untuk kamu yang ingin punya usaha sampingan. Lumayan kan, berangkat dari kalimat berhemat tapi justru membuat keuangan makin cermat.

2.Menghemat pemakaian listrik saat sedang di rumah

Meskipun sepele namun sebaiknya dimulai dari sekarang, Yah, mulailah berhemat saat menggunakan listrik supaya kamu bisa mengurangi biaya tagihan secara drastis. Caranya kamu bisa mengganti barang yang mengkonsumsi energi listrik dalam jumlah banyak, seperti mengganti bohlam lampu dengan CFL, atau mencabut perangkat elektronik yang tak terpakai. Kamu bisa bayangkan jika tagihan listrik bisa dihemat semaksimal mungkin dan uangnya kamu tabung tentu akan lebih bermanfaat. Kamu pun akan terlatih untuk berhemat dan terbiasa menerapkan metode ini ke berbagai kebutuhan langganan lainnya.

3.Hanya membeli barang yang diperlukan saat berbelanja

Setelah menghemat pengeluaran listrik, kamu juga bisa menghemat biaya kebutuhan belanja bulanan. Hemat dalam berbelanja bukan hanya tentang mencari promo saja. Kamu juga harus memperhatikan jumlah barang yang akan kamu beli. Jangan sampai sudah beli banyak barang tapi tak semuanya terpakai dengan baik.

4.Mencari kegiatan yang bermanfaat untuk mengisi waktu luang

Daripada pergi ke mall atau nonton di bioskop saat weekend, kamu bisa mencoba kegiatan menarik lainnya yang tak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun. Seperti volunteering, berolahraga, membaca buku, dan lain-lain. Selain itu kegiatan ini juga bisa membantu menghilangkan stres dan bikin lebih bahagia.

5.Biasakan untuk membawa bekal kemanapun kamu pergi

Agar terhindar dari godaan jajan, kamu bisa membaca bekal untuk dimakan saat ada aktivitas di luar ruangan. Cara yang satu ini terbukti efektif untuk mengurangi pengeluaran, lho. Selain itu, kamu juga bisa menerapkan pola hidup sehat dengan menyiapkan bekal yang bergizi. Keren kan?

6.Selalu membawa catatan keuangan

Last but not least, jangan sampai kamu lupa untuk membawa catatan keuangan di tasmu, yah! Atau mungkin kamu bisa menyalin catatan tersebut ke dalam handphone sehingga dapat dilihat kapan saja, dan sudah pasti kamu akan selalu membawa gadget ketika bepergian bukan. Dengan cara ini kamu bisa lebih sigap untuk mencatat pengeluaran yang kamu lakukan disaat itu juga. 

7.Daftar membership di toko yang sering kamu kunjungi

Bisa dibilang untuk membership memang tak murah, tapi sebenarnya keuntungannya pun sebanding dengan harganya. Supaya kamu lebih paham, cobalah untuk pergi ke toko langgananmu terlebih dahulu dan tanyakan beberapa hal mengenai membership seperti biaya, keuntungan, syarat, dsb. Namanya juga strategi biar tak rugi.

Baca Juga: Menabung dan Berinvestasi untuk Masa Depan

Siapa pun pasti pernah mengalami kesulitan ketika mengatur keuangan, ingin hemat tapi terkadang ada saja pengeluaran mendadak. Jika kalian sadar akan sulitnya mengelola keuangan, maka ada baiknya mulai dari sekarang cobalah untuk berhemat, dengan begitu masa depan keuanganmu akan terus berjalan sehat.Yuk, terapkan tips di atas.

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu