Notice: fwrite(): write of 571 bytes failed with errno=122 Disk quota exceeded in /home/urbanwom/public_html/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php on line 43
7 Tips Agar Merasa Lebih Bahagia Setiap Hari, Menurut Para Ahli – Urban Women
7 Tips Agar Merasa Lebih Bahagia Setiap Hari, Menurut Para Ahli

7 Tips Agar Merasa Lebih Bahagia Setiap Hari, Menurut Para Ahli

Blog

Jika ada satu hal yang dapat kita sepakati bersama, itu adalah tahun 2020 yang menyebalkan. Namun, merupakan pilihanmu untuk menganggap tahun 2020 menyebalkan atau kamu berusaha menjadi lebih baik dan tetap berbahagia. Pandemi Covid-19 telah memengaruhi jutaan orang dan orang yang mereka cintai, dan banyak yang menghabiskan waktunya hanya di rumah saja. Banyak juga masalah seperti kesulitan keuangan karena harus berhenti bekerja atau ingin bersosialisasi dengan orang lain. Nah, agar kamu dapat merasa lebih bahagia setiap harinya, terutama saat pandemi, berikut 7 tips dari para ahli.

  • Latihan untuk bersyukur

“Lebih fokus pada rasa syukur dan memfokuskan kembali perhatian pada hal-hal yang kamu hargai daripada hal-hal yang tidak berjalan dengan baik dalam hidupmu,” kata Tatyana Mestechkina, Ph.D., pendiri Cognitive Behavioral Therapy (CBT) For Better Living di New York. Untuk menjadikan ini kebiasaan dalam kehidupan sehari-harimu, Dr. Mestechkina merekomendasikan untuk menuliskan rasa syukur. Setiap hari, tuliskan tiga hal, besar atau kecil, yang kamu syukuri. Daftarnya bisa berkisar dari secangkir kopi beraroma hingga penghargaan untuk keluarga, teman, dan kesehatanmu.

  • Lakukan satu hal setiap hari yang membantumu bersantai

Sari Chait, Ph.D., seorang psikolog klinis, psikoterapis, dan pemilik Behavioral Health and Wellness Center di Newton, MA, menyarankan untuk mengidentifikasi satu hal yang dapat kamu lakukan setiap hari yang akan menyenangkan bagimu. Dr. Chait mengatakan beberapa ide adalah mendengarkan music, berjalan-jalan sebentar, membaca buku, atau bahkan mandi air panas, tetapi tentu saja kemungkinannya tidak terbatas, tergantung pada aktivitas mana yang menurutmu menyenangkan. “Saya selalu mendorong orang-orang untuk membuat daftar semua hal menyenangkan yang dapat mereka lakukan, jadi ketika suasana hati mereka sedang kurang baik, mereka dapat melihat daftar tersebut dan melakukan sesuatu yang mereka sukai,” kata Dr. Chait.

  • Tulislah di jurnal

“Menulis dapat menjadi cara yang efektif untuk mengatur suasana hatimu,” kata Dr. Chait. Menurut penelitian, mencatat telah menunjukkan dapat membantu mengatasi depresi, kecemasan, dan manajemen stress. Menulis adalah cara katarsis untuk menuangkan pikiran dan ketakutan ini di atas kertas dan tidak ada acara yang salah untuk melakukannya, tetapi Dr. Chait merekomendasikan untuk memasukkannya, kamu dapat menebaknya, rasa syukur setidaknya sekali seminggu. “Yang penting adalah kamu benar-benar menghabiskan waktu untuk merefleksikan apa yang kamu syukuri dan tidak hanya sekedar beraktivitas,” jelasnya.

  • Tetap terhubung dengan keluarga dan teman

“Interaksi sosial memainkan peran besar dalam mempertahankan atau meningkatkan kebahagiaan,” kata Dr. Chait. Tentu saja, salaam pandemi Covid-19, ini bisa menjadi tantangan, tetapi dia menjelaskan bahwa menelepon seorang teman dapat membuat perbedaan. “Beberapa orang memperoleh lebih banyak kesenangan dari interaksi sosial daripada yang lain, tetapi penelitian menunjukkan bahwa setiap orang mendapatkan manfaat dari bersosialisasi,” kata Dr. Chait. Jika kamu tidak suka menelepon, coba kirimkan email ke teman-temanmu. Jika kamu dapat bersosialisasi dengan aman saat pandemi, kamu bisa berjalan-jalan keluar dengan masker dan tetap menaati protokol kesehatan ya.

  • Nikmati saat-saat baik

Sabrina Romanoff, PsyD, seorang psikolog klinis di Lenox Hill Hospital di New York City, menekankan pentingnya menikmati momen sehari-hari. “Ini melibatkan keluarga dari pengalamanmu untuk meninjaunya, dan sangat menghargai saat itu terjadi,” jelas Dr. Romanoff, menambahkan bahwa ini dapat meningkatkan suasana hatimu dan meningkatkan rasa syukur. Untuk mencobanya, lakukan aktivitas yang memuaskan, katakanlah, membuat atau makanan penutup, dan alih-alih membiarkan pikiranmu mengembara, fokuslah pada kegembiraan yang dibawanya untukmu. “Cara lain untuk meningkatkan rasa adalah dengan memikirkan betapa beruntungnya kamu mengalami (sesuatu), mencari orang lain untuk berbagi, memikirkan hanya tentang saat ini, terserap, dan berbicara dengan orang lain tentang betapa menyenangkan rasanya,” kata Dr. Romanoff.

  • Coba visualisasikan hal negatif

Sangat mudah untuk berfokus pada hal negatif, terutama selama masa-masa sulit seperti itu. Dr. Romanoff menyarankan untuk menangkal pikiran-pikiran itu dengan memikirkan seperti apa hidup ini jika kamu tidak mencapai pencapaian tertentu atau bertemu dengan beberapa orang hebat dalam hidupmu. “Ini membuatmu keluar dari sini dan sekarang,” jelasnya.

  • Praktikkan kebaikan

Sekarang, lebih dari sebelumnya, sangatlah penting untuk saling memperhatikan. Namun, bonus tambahannya adalah tindakan kebaikan juga meningkatkan suasana hati dan perasaan hubungan sosial, menurut Dr. Romanoff. Dia merekomendasikan untuk melakukan satu tindakan kebaikan secara acak setiap hari, bisa apa saja mulai dari memberikan pujian hingga melakukan pekerjaan amal.

Baca Juga: Bagaimana Menentukan Jalan Hidupmu untuk Menggapai Kebahagiaan

Itulah 7 tips agar merasa lebih bahagia setiap harinya menurut para ahli. Yuk, tunjukkan pilihanmu dengan merasa lebih bahagia setiap harinya walau dunia tidak seindah itu saat ini!

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu