Mengapa harus menabung sejak muda

Mengapa Kamu Harus Menabung Sejak Muda?

Blog

Urbanwomen – Di era yang serba mudah banyak sebagian anak muda terjebak pada hidup semu akibat foya-foya. Bila ada yang menarik hati, tanpa pikir panjang akan menghamburkan uang demi memuaskan rasa ingin tahu atau sekedar mendapat pengakuan dari lingkungan. Dan pada akhirnya, uang akan habis begitu saja tanpa hasil yang berarti. Sah-sah saja bersenang-senang dengan uang sendiri, tak ada yang melarang kamu untuk itu. Namun, memakai uang harus ada batasannya juga lho. Yang tak boleh kamu lupakan adalah menyisihkan sebagian uangmu untuk masa depan. Agar tak kebablasan, kamu harus menabung supaya uang tidak menguap begitu saja. Nah, ada beberapa alasan mengapa kamu harus menabung sejak usia muda.

1. Menabung sedari dini dapat menghindarkan dari hidup hedonisme

Kebiasaan menabung dari kecil akan mengajarkanmu hidup hemat. Bukan bermaksud pelit, tapi hidup sederhana dengan cara yang tepat. Ada waktunya kapan untuk memanjakan diri dan bersenang-senang, tapi semuanya harus berdasarkan skala prioritas. Setidaknya kamu jadi belajar menghargai uang. Apalagi kalau sudah merasakan lelahnya bekerja dan menghasilkan uang sendiri. Menabung sejak muda bisa menghindarkan dari hidup hedonisme yang sifatnya semu.

2. Kesempatan berinvestasi jadi lebih besar

Jika kamu pikir investasi hanya dilakukan oleh orang tua, maka kamu salah besar. Sekarang ini banyak sekali lho anak muda yang pandai berinvestasi. Langkah pertama untuk belajar investasi adalah menabung. Kamu harus punya modal sebagai langkah awal memulai berinvestasi. Kalau tabungan sudah cukup, kamu bisa KPR rumah, beli emas atau uang paling keren mencoba berwirausaha. Tertarik untuk mencoba?

3. Manajemen keuangan yang baik. Kamu tidak menggunakan uang dengan sia-sia

Karena sudah terbiasa menabung, kamu jadi pandai mengatur keuangan. Mana yang harus diutamakan dan jadi prioritas, kamu mengetahuinya dengan betul. Uang yang kamu punya tidak habis dengan sia-sia, tapi disimpan untuk dipergunakan disaat yang tepat.

4. Jika ada kejadian darurat, kamu tak kebingungan mencari pinjaman

Manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dari menabung, yakni punya dana simpanan untuk keadaan darurat. Jika terjadi sesuatu yang gawat, kamu bias pakai tabunganmu. Tak perlu kebingungan karena memiliki simpanan uang yang cukup.

5. Kamu The Best karena sudah mapan secara finansial sejak muda

Tentu saja sangat keren bisa mapan di usia muda. Kamu sudah mampu secara finansial tanpa harus merepotkan orang tua. Bahkan kamu bisa membantu ayah dan ibu untuk memenuhi kebutuhan di rumah. Kamu juga bisa mengurus hidupmu sendiri karena sudah punya tabungan. Mungkin bisa saja banyak yang mengejek karena kamu terkesan pelit dan irit, tapi tak apa, karena sebenarnya kamu sedang mempersiapkan langkah awal menuju masa depan yang cemerlang.

Baca Juga: Menabung Asik Tidak Membuatmu Tertekan

Itulah beberapa alasan kamu harus menabung sedini mungkin, dan pastinya banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatkan. Selain baik dalam finansial, kamu juga akan terlatih menjadi pribadi yang lebih baik karena dengan menabung, secara tidak langsung kamu sudah belajar bagaimana menjadi seorang yang disiplin. Disiplin menghemat pengeluaran, disiplin menyimpang tabungan.

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu