Ada Hikmah Dibalik Semua Masalah yang Dapat Disyukuri

Blog

Urbanwomen – Mengubah rutinitas di tengah pandemi virus Corona bukanlah hal mudah. Rasa cemas dan was-was membuat kita tak nyaman, kita pun semua berharap keadaan akan segera membaik. Yah, Covid-19 telah menyebar luas di beberapa Negara, bahkan Negara kita pun tak luput menjadi Negara yang dijajah oleh makhluk kecil yang tak kasat mata ini. Hal ini tentu saja membawa dampak yang signifikan terhadap kebanyakan orang, baik dari sisi financial, kesehatan maupun gaya hidup. Yang mulanya dulu kita bebas bergerak dan berekspresi di luar, kini ruang gerak menjadi terbatas.

Baca Juga: Sederhana! Tapi 5 Hal Ini Bisa Membuatmu Lebih Bahagia Menurut Penelitian

Kita pun dianjurkan untuk tetap tinggal di rumah mengikuti instruksi pemerintah demi memutus mata rantai penyebaran virus Corona. Namun, meski di rumah saja kita harus tetap produktif dengan berbagai aktivitas positif yang dapat dilakukan bersama keluarga di rumah. Semua ini tentu saja ada hikmah yang dapat kita ambil dari peristiwa ini. Kita jadi mempunyai banyak waktu bersama orang terkasih.  Mungkin melalui tulisan ini, ada banyak orang-orang yang pandai bersyukur dan mendapatkan hikmah yang luar biasa ini.

Kebersamaan dengan keluarga menjadi momen terindah yang tidak akan dilupakan

Kita sadar bahwa keluarga adalah tempat terindah, bersama keluarga kita merasa jadi memiliki lebih banyak waktu untuk menemani anak dan melayani suami selama di rumah. Saat di rumah kita pun bisa mengisi banyak waktu dengan berbagai aktivitas positif bersama-sama, seperti memasak, olahraga ringan, bersih-bersih rumah, bermain bersama anak dan mengerjakan tugas-tugas dari kantor secara online. Jika sudah bosan dengan rutinitas ini, kita coba menghibur dengan menonton film ataupun berkaraoke bersama di rumah. Kira-kira begitulah aktivitas keseharian keluarga yang bisa menjadi tolak ukur rasa bersyukur kita di saat pandemi seperti sekarang, dan hal ini justru dapat meningkatkan bonding dalam keluarga.

Semakin dekat bersama seseorang yang jauh di mata

Peristiwa pandemi ini sangat dirasakan dampaknya oleh semua orang, tak terkecuali bagi yang berkeluarga maupun orang-orang yang jauh dari kekasihnya. Keterbatasan waktu untuk bertemu bahkan tidak bisa bertemu sama sekali membuat kita belajar akan arti kesetiaan dan keharmonisan dalam hubungan jarak jauh. Untungnya kita masih diberi pertolongan oleh Tuhan dengan adanya teknologi yang dapat menghubungkan jarak antara kita. Sekali lagi rasa syukur pun terucap di tengah musibah pandemi ini. Dan hikmah yang bisa kita petik dari peristiwa ini adalah kedekatan kita bersama pasangan yang semakin erat dan senantiasa bahagia menanti datangnya hari dimana kita bisa dipertemukan kembali di tempat duduk dengan secangkir kopi kerinduan.

Mengajarkan kita arti hidup disiplin

Jauh sebelum masa pandemi ini datang mungkin kita masih keras kepala untuk melakukan hal-hal positif seperti rutin mencuci tangan, mengkonsumsi makanan sehat dan istirahat teratur. Namun, kini semua berbalik pada diri kita, dimana kita dituntut harus disiplin dalam menjaga kesehatan. Kedisiplinan dalam menjaga pola makan dan tidur yang teratur serta menjaga kebersihan adalah suatu hikmah yang datang pada diri kita. Pandemi ini pun mengajarkan kita akan arti kedisiplinan dalam hidup.

 Baca Juga: Mensyukuri Apapun Pilihan Profesimu

Mungkin dari sekian hikmah di atas belum cukup memberikan pelajaran hidup untuk kita agar senantiasa menjadi manusia yang patuh dan bersyukur terhadap sang pencipta. Kita sadar, dibalik semua ini pasti ada makna indah dimana kita bisa berpikir secara nalar bahwa kita hanyalah sekecil debu yang tidak ada apa-apanya di mata Tuhan. Semoga akan ada hikmah-hikmah lain yang bisa kita nikmati dalam masa-masa sulit ini. Oleh karena itu mari tetap semangat dan selalu menjaga kesehatan serta berdoa bersama semoga wabah ini segera berakhir dan kita bisa beraktivitas dengan aman dan nyaman.

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu