cara menerima diri sendiri

Apa yang Harus Dilakukan untuk Menerima Diri Sendiri?

Blog

Urbanwomen – Setiap orang pasti memiliki kekurangannya masing-masing, di dunia ini tidak ada seseorang yang sempurna. Tanpa disadari, terkadang kita sering menuntut diri terlalu tinggi dan merasa kesal ketika kita tidak berhasil mencapainya. Bahkan kita menangis beberapa kali karena berbagai aspek diri yang tidak sesuai harapan. Menerima diri sendiri bukanlah hal mudah dan pastinya membutuhkan waktu serta proses yang berulang, namun dengan menerima diri sendiri, anda akan merasa lebih lega.

Mengapa sulit untuk menerima diri sendiri?

Bagi sebagian orang, menerima diri sendiri merupakan sesuatu yang sangat sulit. Anda dapat mengalami kesusahan untuk menerima diri sendiri akibat dari kurang memahami diri sendiri dan adanya luka batin di masa lalu. Anda akan menjadi sulit menerima diri sendiri saat anda tidak memahami atau menyadari berbagai emosi yang berada dalam diri anda. Terkadang hal ini muncul dari trauma masa lalu, anda berusaha untuk menghalau emosi-emosi tersebut dengan menekannya dan pada akhirnya anda menyangkal diri sendiri.

Sulit menerima diri sendiri juga bisa datang dari perkataan-perkataan orang-orang di masa lalu, seperti orang tua yang menekankan bahwa diri anda tidak berguna. perkataan tersebut terbawa hingga dewasa dan membuat anda kesusahan dalam menerima diri sendiri.

Bagaimana caranya untuk menerima diri sendiri?

Sulit menerima diri sendiri bukanlah sesuatu kondisi yang permanen. Karena setiap orang dapat belajar untuk menerima dirinya sendiri. Proses menerima diri sendiri terkadang dapat menimbulkan rasa sakit dan kesedihan. Meskipun tidak mudah, namun anda dapat mengikuti tips – tips dibawah ini untuk dapat menerima diri sendiri.

Dimulai dengan keinginan

Langkah pertama yang bisa anda lakukan dari menerima diri sendiri adalah adanya hasrat atau tekad untuk bisa berubah dan menerima diri sendiri. Jika anda tidak bersungguh-sungguh dalam menjalaninya, nantinya anda akan tetap berusaha untuk menutupi sisi negatif. Meski proses ini sulit karena harus berhadapan dengan sisi diri yang tidak diinginkan dan luka batin yang dialami. Namun, semua hal tersebut perlu dilalui untuk bisa menerima diri sendiri.

Harga diri anda

Sama halnya seperti anda tidak ingin menyakiti orang lain, jangan sakiti diri anda. Hargailah diri dan pahami bahwa setiap kelemahan dan kekurangan dalam diri adalah hal yang normal.

Menerima sisi gelap diri

Setiap orang memiliki sisi gelap atau sisi negatif yang ketika diingat malah memicu kesulitan menerima diri sendiri. Akan tetapi, bagai manapun juga menerima diri sendiri berarti menerima segala aspek diri anda. Menyadari dan menerima sisi negatif tersebut adalah langkah krusial dalam menerima diri sendiri.

Ingat aspek positif anda

Tak hanya menerima aspek negatif, anda juga tidak boleh melupakan sisi positif anda. Jangan hanya berfokus pada sisi negatif, tetapi akui bahwa anda juga memiliki kelebihan – kelebihan yang menarik. Cobalah membuat daftar mengenai hal-hal positif dalam diri anda, bila sulit mintalah pendapat orang-orang sekitar mengenai hal positif pada diri anda.

Hentikan pola pikir negatif

Pola pikir negatif dapat menghambat proses menerima diri sendiri. pola pikir negatif juga lah yang dapat membuat anda memiliki pandangan ekstrim terhadap diri. Untuk itu anda perlu menyadari dan menghentikan kebiasaan buruk untuk mengkritik diri sendiri. Misalnya, jika anda sering menganggap diri bodoh karena melakukan kesalahan, tentang pemikiran tersebut dengan melihat fakta bahwa kesalahan yang dilakukan bukan karena anda bodoh, tetapi karena kurang teliti.

Maafkan diri sendiri

Dalam proses menerima diri sendiri juga melibatkan proses memaafkan diri sendiri. Setiap kesalahan yang dilakukan bukanlah sesuatu yang perlu digunakan untuk menghukum diri sendiri. Kesalahan tersebut justru harus menjadi batu loncatan dan pembelajaran untuk bisa menjadi lebih baik lagi.

Baca Juga : 6 Bentuk Menghargai Diri Sendiri, Sudahkah Kamu Melakukannya?

Dengan menerima diri sendiri bukan berarti anda tidak berusaha menanggulangi aspek negatif anda, justru dengan menerima diri sendiri, anda bisa memahami tiap aspek negatif tersebut dan berusaha untuk menjadi lebih baik lagi. Berbagai hal di atas bisa menjadi solusi permasalahan anda untuk bisa menerima diri sendiri.

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu