Menabung sesuai tahapan hidup

Bagaimana Menabung Sesuai Tahapan Hidup?

Blog

Urbanwomen – Semua orang setiap tahunnya, jumlah kebutuhan hidup tentu akan berubah. Untuk itu, uang yang harus anda tabung setiap bulannya pun harus menyesuaikan dengan kebutuhan anda. Dikutip dari lifehack.org, bahwa ada jumlah uang yang harus anda tabung sesuai tahap kehidupan. Hal ini semata-mata bukan untuk meningkatkan jumlah tabungan, tapi untuk meningkatkan kedisiplinan dan konsisten anda dalam menabung. Mungkin sebagian orang tidak sadar akan hal ini. Namun, bagi anda yang sedang menabung, berikut ini tahapan menabung sesuai dengan tahapan hidup yang bisa anda lakukan.

Tahapan ketika baru memulai karir

Pada tahapan ini, anda mungkin baru memasuki usia 20-an dan menabung menjadi prioritas kesekian. Apapun alasannya, di tahapan ini anda perlu menabung setidaknya 25% dari total penghasilan per tahunnya. Hal ini berarti anda harus bisa mencukupi kebutuhan hanya dengan 75% dari seluruh penghasilan dan tidak boleh diganggu gugat untuk keperluan lain. Bila anda bisa mengikuti rencana keuangan seperti ini, maka anda bisa memiliki tabungan yang cukup untuk di masa depan.

Tahapan ketika sudah memiliki keluarga

Di tahapan ini, anda mungkin sudah memasuki usia 30, 40, dan 50 dimana menabung sudah menjadi hal yang sulit. Karena anda tidak lagi menabung untuk diri sendiri, tapi juga untuk anak-anak dan simpanan darurat. Maka dari itu, anda harus menabung dua kali lebih banyak dari biasanya. Untuk mempermudah, buatlah target jumlah tabungan yang ingin anda capai setidaknya setiap 5 tahun sekali sampai tabungan buat hari tua nanti. Kemudian, pisahkan antara tabungan dan pengeluaran sehari-hari.

Tahapan ketika mulai berpikir untuk pensiun

Dalam tahapan ini berarti anda sudah perlu memiliki tabungan yang cukup, Mulai dari untuk kebutuhan sehari-hari sampai tabungan darurat. Bahkan, terkadang di tahapan ini anda tidak bisa hanya mengandalkan tabungan yang dimiliki. Tetapi, anda perlu memiliki investasi lain, termasuk keterampilan anda. Jadinya, anda tetap bisa bekerja dari hobi anda. Hal yang paling penting adalah kebiasaan menabung, dan belajar memisahkan pendapatan anda, mulai untuk dana darurat, kebutuhan sehari-hari, keluarga dan pensiun.

Baca Juga: Menabung Asik Tidak Membuatmu Tertekan

Apakah anda sudah siap menabung dari sekarang? Berapa usia anda sekarang, jika anda ingin sukses di masa depan mulailah dari sekarang untuk menabung, karena bukan untuk hari ini atau nanti. Setiap tabungan yang anda kumpulkan akan berarti untuk diri anda baik secara finansial maupun kepribadian. Mungkin sebagian orang menganggap bahwa menabung hanya memberatkan kebutuhan saja. Jika anda masih berpikir demikian, maka akan sulit untuk meraih impian. Menabung bukan sekedar untuk kebutuhan finansial tapi juga untuk membantu kita menjadi pribadi yang lebih baik. Terutama dalam hal kedisiplinan dan kebijakan hidup. Nah, melalui sarana menabung inilah kita bisa belajar banyak hal. Semoga setiap tahapan hidup kita bisa menabung untuk masa depan.

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu