Jangan sembarangan curhat

Bantu Sahabat Kita Dengan Jadi Tempat Curhat yang Baik,yuk!

Inspirasi Hati

Urbanwomen – Urbansis, apakah kamu ingin membantu sahabatmu yang sedang menghadapi permasalahan dalam hidupnya? Nah, salah satu hal yang bisa kamu lakukan adalah dengan jadi teman curhat yang baik untuknya. Yuk kita belajar!

1. Apakah kamu siap?

Eits, sebelum bersedia mendengarkan ceritanya, periksa dulu kondisi kamu. Apakah kamu dalam kondisi yang stabil untuk mendengarkan permasalahan orang lain? Apakah energimu sedang cukup besar untuk menampung cerita sahabatmu? Jangan sampai curhatan mereka malah menghabiskan energimu, membuat kamu tambah capek dan kepikiran terus.

2. Dengarkan, dengarkan, dengarkan

Terkadang sahabatmu hanya butuh didengarkan, lho. Ini karena setelah bercerita hati menjadi lebih lega dan pikiran jadi lebih jernih. Oleh karena itu, ketika sahabatmu mulai cerita panjang lebar dari A sampai Z, coba dengarkan dulu ya. Jangan dipotong apalagi langsung memberikan nasehat

3. Apresiasi mereka

Suatu permasalahan yang kamu anggap enteng, bisa saja berat bagi orang lain jadi jangan remehkan perasaan mereka ya. Hindari komentar-komentar seperti “ah gitu aja baper”, “cengeng banget sih!” atau membanding-bandingkan permasalahanmu dengan mereka “Lo masih mending, dulu gue lebih parah”. Apresiasi usaha yang dilakukan temanmu karena sudah kuat menghadapi permasalahan sampai di titik ini dan yakinkan bahwa mereka tidak sendirian

4. Memberi saran (hanya) jika diminta

Supaya sama-sama enak kamu bisa tanyakan di awal, apakah dia butuh saran darimu atau cukup ingin didengarkan saja? Karena tidak semua orang yang datang padamu benar-benar butuh saran, terkadang mereka cuma mau didengarkan saja kok. Apalagi jika masih dikuasai oleh emosi. Wah, saran apapun yang kita berikan pasti bakalan mental tuh, urbansis! Jika mereka minta saran darimu, coba bersikap netral dengan memberikan masukan-masukan yang positif

Baca Juga: Sikapnya yang Sering Merendahkan, Perlahan Menghilangkan Rasa Percaya Diriku

5. Jaga rahasia

Ini nih yang paling penting, urbansis. Hargai sahabatmu yang menceritakan permasalahannya padamu karena itu tandanya mereka mempercayaimu. Jaga rahasia mereka rapat-rapat kecuali bila diijinkan oleh yang bersangkutan

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu