Belajar dari Kehidupan, Seberapa Pentingnya Mengenyam Pendidikan

Belajar dari Kehidupan, Seberapa Pentingnya Mengenyam Pendidikan

Kisah Utama

Urbanwomen –  Namaku Ayu, mahasiswi semester 5 di Universitas Jambi. Aku ingin berbagi cerita terkait beberapa pertanyaan tentang seberapa penting pendidikan bagi perempuan. Kalimat “Untuk apa perempuan berpendidikan tinggi kalau akhirnya mengurus dapur” juga  diutarakan pada diriku.  

Aku tinggal di sebuah kota kecil di Sumatera. Di daerahku, pernikahan dini masih banyak terjadi padahal zaman sudah semakin maju. Bahkan beberapa temanku ada yang sudah punya anak. Sedangkan aku masih sibuk dengan duniaku mengenyam pendidikan.

Alasan kenapa banyak orang menikah dini di daerahku berbagai macam. Ada orangtua yang tidak sanggup membiayai kuliah atau biaya sehari-hari, menikah dini artinya akan ada suami yang mencari biaya hidup. Bisa juga karena gagal memfilter modernisasi karena ingin gaul, lalu terjerumus dalam seks bebas, hingga akhirnya hamil dan terpaksa dinikahkan.

Pendidikan akan membentuk mindset dan perilaku sehari-hari:

  1. Terbiasa mengatasi masalah selama kuliah misalnya tugas yang menumpuk dan deadline yang banyak membuat kita terbiasa cekatan, baik untuk meningkatkan penyesuaian diri ketika kelak berumah tangga. 
  2. Skill atau kemampuan. Tuntutan akan terus bertambah seiring adanya anak. Sebagai perempuan kita tentu tak bisa bergantung sepenuhnya pada laki-laki. Banyak sekali contoh di daerahku, ketika memutuskan untuk menikah pekerjaan atau penghasilan belum jelas, akhirnya sering bertengkar karena suami tidak memberi nafkah sedangkan istri tidak bisa apa-apa, mertua atau orangtua harus membiayai kebutuhan cucu dan anaknya. Padahal menikah seharusnya mengurangi beban orangtua. Atau karena ditinggal mati suami sementara diri sendiri hanya berijazah SMP dan tidak punya ketrampilan apa-apa maka anaknya harus dititipkan di panti. 
  3. Cara mendidik anak. Ini penting, cukup membuatku beranggapan menikah ternyata tak semudah itu. Pernah kulihat temanku memarahi anaknya di depanku hanya karena hal sepele. Makanan yang anaknya tumpahkan mungkin saja tidak seberapa tapi suara bentakan akan terekam lama di alam bawah sadar anak dan bisa saja menimbulkan trauma. Pendidikan bisa melatih emosi dan membuat kita mampu berpikir lebih jernih dalam keadaan spontan. 

Baca Juga: Pendidikan Menuju Kebebasan Finansial

Pendidikan sangatlah penting untuk perempuan. Selain melatih kendali emosi dan pikiran, kebebasan finansial juga bisa didapatkan. Perempuan tidak perlu bergantung pada siapa pun.

Sumber: Ayu

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu