belajar memaafkan orang lain

Belajar Memaafkan Orang Lain Sebagai Bentuk Menerima Diri

Blog

Urbanwomen. Bicara soal menerima diri, belajar memaafkan orang lain merupakan salah satu cara agar kamu dapat berdamai dengan diri sendiri. Belajar memaafkan orang lain merupakan kunci untuk menumbuhkan kebahagiaan dalam diri. Tapi perlu kamu ketahui bahwa memaafkan orang lain ataupun diri sendiri bukanlah hal yang mudah. Ada beberapa langkah hebat yang perlu kamu terapkan agar proses dari belajar memaafkan ini jauh lebih mudah dan kamu akan lebih tenang dalam melanjutkan hidupmu.

Kita pasti pernah berada di situasi di mana kita merasa orang lain telah berbuat salah kepada kita, dengan kata-kata mereka, tindakan mereka, atau bahkan lebih buruk, dengan ketidak peduliaan mereka. Lalu hal tersebut membuatmu merasa menyesal dengan apa yang telah kamu lakukan atau katakan pada dirimu sendiri. Banyak pepatah mengatakan “maafkanlah dan lanjutkan hidup”, tapi dalam praktiknya hal tersebut sangat sulit dan kita cenderung sakit hati dan menaruh dendam.

Apa yang dimaksud dengan memaafkan?

Bagaimana kita mampu memaafkan orang lain dan diri kita sendiri demi kebaikan?  Apakah yang dimaksud dengan memaafkan dengan tulus? Dan bagaimana memaafkan seseorang dapat membantu kita menjalani hidup yang lebih bahagia dan damai? Memaafkan didefinisikan sebagai keputusan yang disengaja untuk melepaskan kebencian atau dendam terhadap seseorang atau kelompok yang telah menyakitimu. Memaafkan bukan berarti melupakan semua hal mengenai orang yang menyakitimu, tapi melupakan kesalahan yang diperbuat oleh mereka. Itu adalah cara yang tepat untuk menerima diri sendiri dan membuat dirimu maju.

Menurut penulis dan praktisi Buddha Jack Kornfield, kita dapat memaafkan seseorang dengan melalui 12 langkah berikut:

1.Pahami apa itu memaafkan apa yang bukan

2. Rasakan penderitaan dalam dirimu untuk mengeluarkan perasaan memaafkanmu.

3.Renungkan manfaat dari hati yang penuh kasih

4.Temukan bahwa kamu tidak perlu harus selalu merasa menderita

5. Pahami juga bahwa memaafkan adalah sebuah proses

6.Tetapkan niatmu untuk memaafkan orang lain

7. Pelajari bentuk memaafkan dari dalam dan luar diri

8.Mulailah dengan cara termudah dengan cara memaafkan orang lain tanpa alasan pasti.

9. Bersediakah untuk bersedih

10.Memaafkan mencakup semua dimensi kehidupan, termasuk tubuh, pikiran, emosi, dan interpersonal.

11.Memaafkan juga melibatkan pergeseran identitas, menambah perasaan cinta, kebebasan, dan kebaikan dalam diri.

12.  Memaafkan juga melibatkan berbagai macam perspektif.

Cara memaafkan lewat 9 langkah

Selain cara di atas, ada cara yang lebih praktis untuk memaafkan seseorang yang dijabarkan oleh Fred Luskin dari Stanford University. Ia menjabarkan 9 langkah memaafkan ini dapat membantu kita untuk tidak terlalu menganggap segala sesuatu secara pribadi, lebih sedikit untuk menyalahkan orang lain, dan menawarkan lebih banyak pengertian dan kasih sayang terhadap orang lain dan juga diri sendiri. Langka-langkahnya adalah sebagai berikut:

1.Ketahuilah bagaimana perasaanmu untuk mengungkapkan apa yang kamu anggap tidak dapat diterima dalam sebuah situasi atau perilaku.

2. Berkomitmenlah untuk merasa lebih baik. Memaafkan adalah proses dalam diri.

3 Memaafkan tidak harus berarti rekonsiliasi atau memaafkan merupakan tindakan yang membuatmu berduka. Memaafkan adalah tentang kedamaian dan pengertian untuk tidak selalu menganggap semuanya pribadi.

4.Cari tahu perspektif yang tepat tentang apa yang terjadi.

5.Pelatihan manajemen stres untuk menenangkan diri dengan melakukan latihan pernapasan, jalan-jalan, dan apapun yang membuatmu senang.

6.Berhenti mengharapkan hal-hal dari hidupmu atau orang lain yang tidak mungkin kamu dapatkan.

7.Gunakan energimu untuk mencari cara agar tujuanmu tercapai, daripada kamu terus mengingat pengalaman tentang seseorang yang telah menyakitimu.

8.Ingatlah bahwa kehidupan yang dijalani dengan baik merupakan balas dendam terindah: carilah cinta, keindahan, dan kebaikan. Gunakan energi untuk menghargai apa yang kamu miliki daripada memikirkan yang tidak kamu miliki.

9.Ubah caramu memandang masa lalumu, dan hargai proses memaafkanmu.

Mungkin belajar memaafkan orang lain menjadi proses yang cukup lama untuk menerima diri dan melanjutkan hidup. Tapi bukan berarti tidak bisa dilakukan ya!

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu