Berhenti jadi korban

Berhenti Jadi Korban! Jangan Biarkan Dirimu Terjebak (Lagi)

Cinta & Relasi

Urbanwomen – Urbansis, kegagalan dalam hubungan memang seringkali terjadi. Tapi jangan membuatmu merasa tidak berharga apalagi melabeli diri sebagai perempuan gagal. Di sisi lain, kamu juga tidak boleh membiarkan dirimu menjadi korban berkali-kali. Yuk putus lingkaran ini dan buktikan bahwa kamu bisa belajar dari kegagalanmu. 

Bagaimana caranya? Mari awali langkahmu dengan melakukan hal berikut

1. Edukasi dirimu tentang hubungan yang sehat

Hubungan yang sehat tentu jadi cita-cita semua pasangan tapi apakah kamu sudah benar-benar memahami mengenai hubungan yang sehat? Mengedukasi diri mengenai hubungan yang sehat juga membantumu untuk memahami batasan-batasan yang harus dijaga untuk memelihara hubungan yang saling menguntungkan bagi kedua belah pihak

2. Bercerita dengan orang terdekat

Meskipun hubunganmu adalah tentang dirimu dan pasangan tapi tidak ada salahnya untuk bercerita dengan orang terpercaya seperti keluarga dan sahabat. Minta pendapat mereka apabila ada hal-hal yang membuatmu ragu dan tidak nyaman karena mereka bisa lebih objektif dibandingkan kita sendiri. Mereka juga bisa jadi support system yang dapat menarik kita keluar dari hubungan yang tidak sehat. 

3. Konsultasi ke ahlinya

Jika kamu merasa hubunganmu sudah mengganggu kesehatan mentalmu, mungkin ini saatnya untuk minta bantuan yang lebih ahli seperti psikolog atau psikiater. Mereka akan membantumu secara profesional untuk memahami kondisi dan mencari solusi yang tepat. 

Baca Juga: Perilaku Manipulatif Darinya Membuatku Terus Menyalahkan Diri Sendiri

Ingat, bagaimanapun suatu hubungan bisa terjadi karena adanya keputusan 2 belah pihak. Jadi, jangan anggap dirimu tidak berdaya. Kamu mampu memilih yang baik untuk hidupmu. Kamu berhak memutuskan untuk tidak jadi korban 

 

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu