Bertahan di Lingkungan Kerja yang Meracuni

Bertahan di Lingkungan Kerja yang Meracuni

Inspirasi Hati

Urbanwomen – Namaku Yesi, 26 tahun, sekarang bekerja di Semarang. Setelah berhasil memperbaiki kondisi keuangan yang awalnya berantakan aku pun bertekad mempertahankannya. Namun lingkungan pekerjaanku kurang mendukung. Teman-teman sekerjaku hampir setiap minggu nongkrong-nongkrong sepulang kerja demi gaya hidup. Mereka juga gemar menggunjingkan sesama orang kantor, membuatku sangat tidak nyaman.  

Awalnya memang sulit untuk keluar dari lingkungan itu. Menurutku circle pekerjaan lebih kecil dibanding saat kuliah ketika aku masih bisa berteman dengan kawan dari jurusan lain. Ada senioritas juga di lingkungan pekerjaan, orang yang mengajak karyawan lainnya untuk nongkrong sepulang kerja hanya untuk bergunjing. Tapi aku ingin mulai menjauh dari lingkungan toxic itu. Tiap kali ada ajakan kumpul sepulang kerja aku selalu cari-cari alasan. Dan benar saja, ketika aku sedang tidak berada di antara mereka, salah seorang teman baikku bercerita bahwa aku digunjingkan. Parahnya, gunjingan mereka dilebih-lebihkan, atau bahkan tentang sesuatu yang aku tidak lakukan. 

Aku tidak peduli. Aku sadar, lingkungan itu tidak sehat dan tidak membuatku berkembang menjadi pribadi yang lebih baik. Kuakui, ada rasa takut sendirian tak berteman. Tapi setelah kupikir-pikir, tidak ada ruginya jika aku menjauh, toh aku tidak melakukan kesalahan apapun.  

Aku sempat dikucilkan, sempat pula terbesit di pikiranku untuk resign. Tapi banyak sekali yang kupertimbangkan, terutama soal keuanganku yang sudah stabil. Aku terus memperbaiki diri agar dapat berkembang, dan mencari relasi di luar lingkungan kantor. Aku rutin ikut seminar dan menonton konten-konten keuangan di YouTube. Sampai akhirnya aku mengunggah soal pencapaianku tentang hasil jerih payah berhemat, menabung, dan investasi. Mereka yang mengucilkan diriku kembali menyapaku, bahkan tak segan menanyakan soal investasi, menabung, dan apa saja hasil yang telah kuperoleh.  

Baca Juga: 5 Hal Ini Menandakan Kamu Harus Mencari Lingkungan Baru yang lebih Baik

Karena mereka ingin mengubah kebiasaan buruk mereka aku pun dengan senang hati mengajari mereka investasi, sampai akhirnya mereka mulai rajin menabung dan belajar mengelola uang. Mereka juga sudah sangat jarang nongkrong-nongkrong, menyadari kebiasaan buruk mereka.  Lingkungan kerjaku menjadi jauh lebih baik, dan aku sangat senang karena bisa berbagi ilmu bermanfaat untuk masa depan mereka. Jadi, selama kita berbuat baik dan tidak melakukan kesalahan apapun, teruslah maju. Tunjukkan hasil yang kita peroleh, tunjukkan bahwa kita selangkah lebih maju dari mereka. 

Sumber: Yesi

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu