5 Hal yang Perlu Kamu Ingat Ketika Ingin Berkencan Lagi Setelah Diselingkuhi

5 Hal yang Perlu Kamu Ingat Ketika Ingin Berkencan Lagi Setelah Diselingkuhi

Blog

Urbanwomen – Ingin berkencan setelah diselingkuhi merupakan bentuk menghargai diri karena kamu memang pantas untuk dicintai. Namun, memulainya bukanlah hal yang mudah, karena rasa sakit hati dan pengkhianatan yang kamu alami dapat meninggalkan bekas di hati. Dibutuhkan beberapa kerentanan dan kepercayaan untuk terbuka terhadap calon pasangan barumu. Nah, agar kamu bisa mengatasi trauma sakit hati dan ketakutan untuk berkencan, berikut 5 hal yang perlu kamu ingat ketika ingin berkencan lagi setelah diselingkuhi.

1.Masih banyak orang baik di luar sana

Saat kamu dikhianati oleh seseorang yang kamu cintai, kamu mungkin merasa seolah-olah tidak akan pernah bisa percaya lagi. Lagi pula, jika mereka tidak setia, sudah tidak ada yang bisa dipercaya lagi. Psikoterapis berlisensi, Dr. Laurel Steinberg, meyakinkan bahwa bukan itu masalahnya, walaupun itu rasanya. Inilah mengapa dia mengatakan untuk mengingat dan mengatakan pada diri sendiri, “Dengan berkencan lagi, aku bisa bertemu seseorang yang luar biasa yang akan memperlakukanku dengan baik.”

2.Selingkuh itu salah mantanmu, bukan salah kamu

Ketika seseorang tidak setia, mudah untuk menginternalisasinya dan merasa seolah-olah itu adalah sesuatu yang kamu lakukan (padahal sebenarnya bukan) yang menyebabkan pasanganmu berselingkuh. Dr. Steinberg menyarankan untuk tidak jatuh ke dalam perangkap mental dan emosional itu. “Cobalah untuk tidak menerima kecurangan secara pribadi. Perilaku tersebut adalah cerminan dari yang berselingkuh, bukan yang diselingkuhi. Korban yang diselingkuhi adalah orang baik yang pantas mendapatkan hal-hal baik di masa depan,” jelasnya. Namun, bukan berarti kamu tidak bisa belajar dari hubungan sebelumnya. “Penting untuk melihat bagaimana hubungan sebelumnya bekerja. Ingatlah bahwa perselingkuhan dalam hubungan itu bukan kesalahanmu,” kata Dr. Manly. “Setiap pasangan bertanggung jawab untuk menjaga komitmen mereka dalam suatu hubungan. Meskipun orang yang berselingkuh mencoba menyalahkan situasi ini, tidak pernah ada alasan untuk mengkhianati pasangan.”

3. Kamu pantas berbahagia

Merusak hati dan kepercayaanmu karena perselingkuhan bisa menjadi pukulan berat dari harga dirimu, tetapi jangan pernah lupa bahwa kamu pantas mendapatkan kebahagiaan dan cinta dalam hidupmu. Inilah mengapa Dr. Manly mengatakan bahwa, ketika kamu merasa sedih, kamu harus mengingatkan diri sendiri bahwa “Hidup itu seperti meracik minuman, kamu bisa menambah bahan-bahan yang kamu sukai untuk mendapatkan rasa terbaik.”

4. Perselingkuhan tidak bisa kamu terima

Salah satu hal terbaik tentang belajar untuk mencintai orang kembali setelah perselingkuhan adalah membuatmu mendapatkan awal yang baru dalam hubunganmu. Kamu bisa mengatur ulang ekspektasi dan batasanmu, dan Dr. Steinberg berkata kamu tidak boleh malu dengan pendirianmu tentang perselingkuhan. “Beri tahu calon pasanganmu di awal bahwa perselingkuhan itu sangat membuatku sedih, dan jika ada masalah dalam hubungan, aku siap mengatasinya secara konstruktif,” jelasnya.

5.Kepercayaan itu dapat dibangun

Setiap hubungan, baik atau buruk, menawarkan kesempatan untuk belajar lebih banyak tentangmu dan apa yang kamu inginkan untuk masa depanmu. Salah satu pelajaran terbaik yang berasal dari pengalaman menyakitkan karena diselingkuhi adalah bahwa kepercayaanmu itu bukan hal yang harus kamu berikan segera. Tidak apa-apa untuk memastikan seseorang tersebut layak atau tidak mendapatkannya. “Bangun kembali inti batinmu dan fondasi kepercayaan dan stabilitas. Saat kamu membangun kepercayaan para calon pasangan barumu, perhatikan komunikasi terbuka, kejujuran, integritas, dan kesesuaian dalam kata-kata dan tindakan. Mereka yang memiliki kualitas ini cenderung mendapatkan kepercayaan karena karakternya yang kuat,” kata Dr. Manly.

Baca Juga: Woman In The Mirror Ep.2 : Kenapa Lebih banyak suami selingkuh ?

Membangun hubungan baru setelah perselingkuhan mungkin bukan hal yang mudah tapi dengan berani mengambil langkah, kamu sudah berhasil menghargai dirimu sendiri untuk mendapatkan yang terbaik!

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu