Meningkatkan percaya diri di tempat kerja

5 Langkah Cepat untuk Meningkatkan Percaya Diri di Tempat Kerja

Blog

Urbanwomen. Merasa percaya diri di tempat kerja, mungkin bukan hal mudah tapi salah satu bentuk dari menghormati diri. Banyak pekerja profesional yang tidak merasa percaya diri dan hal tersebut ternyata bisa merusak hari mereka. Jadi, bukan hanya kamu yang berjuang untuk menjadi percaya diri di tempat kerja. Kamu hanya memerlukan dedikasi dan sedikit rasa mencintai diri sendiri untuk meningkatkan harga dirimu dan tidak lagi takut untuk datang ke tempat kerja di pagi hari. Berikut 6 langkah cepat untuk meningkatkan kepercayaan diri di tempat kerja sebagai bentuk menghormati diri.

  1.     Perhatikan kehadiranmu

Bagaimana perasaanmu ketika dalam situasi sosial dengan teman? Cukup percaya diri bukan? Itu karena kamu dikelilingi oleh orang-orang yang sudah kamu kenal dan percayai. Kamu tidak takut mengatakan hal yang salah atau melakukan hal yang salah. Saat kamu di tempat kerja, kamu harus mencoba mengadopsi kepercayaan diri mudah yang kamu miliki dengan teman-teman, ingat hal itu saat kamu bercakap-cakap dengan rekan kerja, atau duduk dengan canggung di mejamu. Jika kamu merasa terlalu sulit untuk berpura-pura, pikirkan saja saat kepercayaan dirimu dihargai. Caranya dengan membangun persahabatan baru dengan rekan kerjamu.

  1.     Bicaralah lebih banyak

Terkadang masalahnya adalah kita terlalu terbiasa berbicara dari balik layar komputer sehingga kita merasa gugup saat berbicara di telepon atau di kehidupan nyata, tapi hal tersebut bisa diatasi dengan mudah! Kamu tidak dapat membuat percakapan telepon dengan cara yang sama seperti kamu membuat tulisan email yang brilian, tapi kamu dapat menulis transkrip singkat, menarik napas dalam-dalam, dan ingat bahwa orang yang kamu ajak bicara hanyalah orang. Kamu bisa menyampaikan maksudmu tanpa merasa bingung atau gugup!

  1.     Tinggikan dirimu

Tulis daftar pencapaianmu dan pujilah dirimu sendiri untuk itu! Kamu bahkan dapat menulis daftar semua kualitas baik dirimu dan menyimpannya di saku untuk mengingatkan diri sendiri bahwa kamu sempurna dan tidak perlu mengkhawatirkan pendapat orang lain tentangmu. Di tempat kerja, kamu adalah seorang bos perempuan dan kamu harus mengangkat kepala! Jika kamu bertanya pada diri sendiri bagaimana merasa percaya diri di tempat kerja, cobalah pikirkan pencapaian terbaik dirimu.

  1.     Tersenyumlah

Tersenyumlah bahkan saat kamu merasa gugup akan membuat semua orang memperhatikan. Ini akan membuatmu tampak nyaman dan kulitmu lebih terlihat muda. Jika atasanmu mengatakan bahwa kamu gugup, sebuah senyuman yang kamu lontarkan, dapat berarti “Saya tahu saya merasa sedikit tidak percaya diri tetapi saya baik-baik saja dengan itu”. Bagaimanapun juga, kamu jangan terlalu serius ya!

  1.     Berhenti membandingkan dirimu dengan orang lain

Mudah memang untuk membandingkan kelemahanmu dengan kekuatan yang dimiliki orang lain. Mungkin kamu memiliki satu rekan kerja yang menuntut agar ruangan berfokus pada mereka atau teman yang disukai semua orang. Kamu perlu merasa percaya diri dengan kekuatanmu sendiri dan tidak takut untuk memberikan pandangan kritis kepada orang lain untuk membuat dirimu merasa sedikit lebih baik. Kamu tahu bagaimana menjadi percaya diri dengan tenang dan mengatakan hal yang benar!

Kalau kamu butuh perubahan, coba deh lakukan 5 langkah cepat untuk meningkatkan kepercayaan dirimu di kantor. Selain akan menambahkanmu relasi, kamu juga akan lebih bisa menghormati diri sendiri, lho!

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu