Solusi permasalahan wanita dalam menjaga kesehatan

5 Solusi Permasalahan Wanita dalam Menjaga Kesehatan yang Sering Diabaikan

Blog

Urbanwomen – Rentan terhadap penyakit, solusi permasalahan wanita tentang kesehatan ini penting untuk diketahui. Ketika berusia 20-an mungkin anda merasa punya tubuh sehat, jadi tidak khawatir menyantap makanan apa pun, tidur hingga larut malam, dan jarang berolahraga. Namun ketika memasuki usia 30-an, anda mulai merasakan perubahan soal kesehatan, dan yang paling sering adalah tubuh mudah merasa lelah. Jika anda tergolong perempuan yang cuek ketika berusia 20-an, maka usia 30-an adalah saat yang tepat untuk membangun kebiasaan positif soal kesehatan.

Karena ini adalah langkah yang begitu penting untuk investasi hidup anda. Sayangnya meski sudah menunjukan tanda-tanda masalah kesehatan, masih saja banyak orang yang mengabaikan kondisi ini. Lalu bagaimana menjaga kesehatn di usia 30-an? Nah, sebagai persiapan diri berikut ini solusi permasalahan wanita tentang kesehatan yang harus diterapkan, bukan malah diabaikan.

1. Mengabaikan massa otot

Olahraga aerobik seperti lari atau zumba memang bagus untuk kesehatan jantung, tetapi anda juga harus mulai melakukan latihan kekuatan (strength training). pada usia 30-an, meski anda tergolong aktif bergerak, manusia mulai kehilangan massa otot. Jika anda termasuk orang yang jarang bergerak aktif, setelah berusia 30 and dapat kehilangan 5% massa otot setiap dekade. Solusi permasalahan wanita ini adalah menjaga otot tetap kuat dan berfungsi dengan baik, salah satunya dengan berolahraga rutin, anda juga harus mulai olahraga kekuatan (strength training). Karena efek positif dari latihan ini adalah lebih banyak membakar kalori sehingga meningkatkan metabolisme tubuh anda.

2. Mengabaikan metabolisme yang mulai melambat

Seiring bertambahnya usia, metabolisme tubuh pun akan melambat. Selain usia, hal ini juga dipengaruhi oleh genetik. hormon dan pola makan anda. Selain itu, pada usia 30-an lemak tubuh juga akan bertambah. Jika anda tidak segera mengatur pola makan, berat badan anda bisa bertambah drastis di usia ini. Sebagai solusi permasalahn wanita yang mengalami hal tersebut, adapun disarankan untuk memperbanyak konsumsi sayuran dan buah hingga 70% dari makanan anda, protein dan sumber omega-3 seperti ikan dan kacang-kacangan juga sangat penting.

3. Malas check up kesehatan

Meski sibuk, anda harus rajin memeriksakan kesehatan karena banyak penyakit yang diam-diam mengintai anda seperti tekanan darah tinggi dan tingkat kolesterol tinggi. Idealnya anda mulai rutin memeriksakan kesehatan pada usia 20-an. Sehingga belum terlambat, bila kini anda sudah berusia kepala tiga, mulailah melakukan  check up kesehatan secara rutin . untuk mengetahui kadar kolesterol, HDL, LDL, trigliserida, gula darah, tekanan darah, dan memeriksa kondisi kesehatan payudara dan rahim.

4. Memperlakukan kulit seperti saat remaja

Solusi permasalahan wanita berikutnya adalah memperlakukan kulit seperti saat remaja. Karena perempuan usia 30-an juga mengalami masalah jerawat yang disebabkan karena hormon, stres, maupun pola makan yang kurang baik. Oleh karena itu perhatikan segala aspek tersebut dan lakukan rutinitas perawatan wajah dengan benar. Satu hal yang juga sangat penting adalah memakai sunscreen setiap hari. Karena kerusakan kulit akibat sinar matahari, keriput, dan kusam mungkin belum akan terlihat, tetapi setiap detik berharga sehingga anda harus mencegahnya dari sekarang dengan rutin merawat kulit.

5. Mengabaikan masalah kesuburan

Kesuburan sangat berkaitan dengan usia. Meski kini sudah banyak orang yang hamil pada usia 30-an, tetapi sebenarnya waktu terbaik untuk hamil adalah saat usia 20-an. Jika anda berencana mempunyai anak pada usia 30-an, sebagai solusi permasalahan wanita anda harus selalu perhatikan kondisi kesehatan agar kehamilan anda berjalan lancar.

Baca Juga: Proses Adaptasi New Normal Dapat Mempengaruhi Kesehatan Mental

Lima hal di atas bisa menjadi solusi permasalahan wanita dalam menjaga kesehatan ketika berusia 30-an. Karena kesehatan itu penting dan tak ternilai harganya, maka sebaiknya kita harus menjaga diri, mulai dari sekarang. Kesehatan bukan hanya soal jasmani, tapi juga soal rohani. Karena setiap hari kita dihadapkan dengan berbagai masalah, sehingga kesehatan mental pun harus selalu diperhatikan agar kita tetap berperilaku baik dan senantiasa berpikir positif.Semoga informasi di atas bermanfaat untuk kita semua, dan bisa menjadi bekal diri untuk selalu menjaga kesehatan.

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu