5 Tips untuk Mengembalikan Jati Dirimu

5 Tips untuk Mengembalikan Jati Dirimu

Blog

Urbanwomen – Setelah putus cinta dan belajar untuk berdamai dengan masa lalu, pasti kamu pernah merasa bahwa telah kehilangan jati dirimu. Masa-masa sulit itu menguji kita, mendorong kita ke batas fisik, emosional, psikologis, dan spiritual kita. Suka atau tidak suka, kamu harus melewati masa-masa sulit tersebut. Setelah berhasil melewati masa-masa sulit tersebut, pasti kita bertanya-tanya, siapa diri kita ini? Apakah kamu sudah menghargai dirimu sendiri? Apakah yang sedang kamu jalani ini adalah kemauanmu atau mengikuti keadaan sekitar? Introspeksi merupakan hal yang terbaik dalam hidup. Belajar mengenal lebih baik diri sendiri adalah hal yang diperlukan. Kamu akan menemukan ataupun mengembalikan jati dirimu yang hilang jika kamu melakukannya dengan baik. Dan di bawah ini ada 5 tips untukmu yang ingin mengembalikan jati dirimu.

1. Kenali dirimu lebih baik dari orang lain

Jika kamu belum pernah mempertimbangkan ini sebelumnya, inilah saatnya mulai memikirkannya. Sepanjang hidupmu, orang lain mungkin mencoba memberitahumu bahwa mereka mengenalmu lebih baik daripada dirimu sendiri. Bisakah kamu menerima ini? Tanyakan pada dirimu sendiri, “Tanpa semua peran dan identitas yang telah Saya peroleh selama hidup, siapakah saya? Apa yang saya inginkan untuk diri saya sendiri?” Kamu tidak memerlukan izin siapa pun untuk melakukan apa yang kamu rasa benar, untuk melakukan apa yang dapat membuatmu bahagia.

2. Jangan biarkan ekspektasi orang lain membatasi siapa dirimu

Apa yang orang lain harapkan darimu adalah cerminan siapa mereka, yang lebih mementingkan keinginan serta kebutuhannya sendiri. Ketika orang mengharapkan hal-hal tertentu darimu, itu tentang realitas mereka, bukan dirimu. Kamu hanyalah peserta dalam realitas atau fantasi mereka. Itulah yang mereka butuhkan agar kamu menjadi bagian dari kehidupan mereka. Saat kamu mengendalikan diri sendiri, kamu tidak lagi terikat oleh ekspektasi orang lain. Hidup ini lebih dari sekadar menyenangkan orang dan mencoba menyesuaikan diri dengan kehidupan mereka. Siapa pun yang bersikeras untuk membatasi ekspektasimu yang sebenarnya tidak menghormati serta menghargai dirimu. Ini berlaku untuk pembatasan diri. Apapun alasanmu tentang membatasi diri, sekarang waktunya untuk menemukan kembali pengalaman, harapan, dan impian yang telah kamu sembunyikan. Kamu mungkin tidak dapat melakukan semua yang kamu inginkan, tetapi hal baru itu menakjubkan.

3. Berani mengambil resiko

Mulailah berbicara untuk mengatakan apa yang ada dalam pikiranmu. Bicaralah yang sebenarnya. Ekspresikan dirimu melalui ide, opini, kreativitas, dan individualitas. Lakukan hal-hal yang selama ini kamu takuti karena takut gagal merasa malu atau gengsi, atau merasa tidak cukup baik. Cobalah untuk lebih spontan.

4. Kelilingi dirimu dengan orang-orang yang menghargai dan menghormati siapa dirimu

Habiskan waktumu dengan orang-orang yang mengangkatmu dan rayakan semua pencapaian yang sudah  kamu lakukan. Batasi hubunganmu dengan orang-orang yang menyulitkanmu atau meminta perhatian terlalu sering dari waktumu. Lepaskan orang-orang yang tidak selalu ada untukmu.

5. Miliki tujuanmu

Tujuan, alasan keberadaan adalah cara terbaik untuk kembali menemukan jati dirimu. Tujuan merupakan simbol dari apa yang kamu lakukan, apa yang kamu ingin capai selama kamu hidup. Sekalipun hidup menghalangi, itu akan terjadi dari waktu ke waktu. Memiliki tujuan mengungkapkan bahwa kamu ada di sini untuk alasan khusus dan mengetahui siapa dirimu sangat penting untuk mencapai tujuan yang lebih besar dari sekarang.

Baca Juga: 9 Hal Ini Akan Membuatmu Menghargai Diri dan Mencapai Kesuksesan

Berdamai dengan diri sendiri bukanlah hal yang sulit, salah satu cara pentingnya adalah kembali menemukan jati dirimu dengan mengikuti 5 langkah di atas. Semangat!

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu