5 Trik yang Akan Membuatmu Percaya Diri Seutuhnya

5 Trik yang Akan Membuatmu Percaya Diri Seutuhnya

Blog

Urbanwomen –¬†Untuk berdamai dengan diri sendiri, kamu perlu menonjolkan sifat yang lebih percaya diri. Percaya diri itu bukanlah sesuatu yang kamu dapatkan sejak lahir, tapi kepercayaan diri perlu kamu latih. Orang yang percaya diri tahu bagaimana menangani situasi tidak nyaman untuk keuntungan mereka. Semua orang pernah berada di posisi tersebut, penuh dengan rasa gugup dan cemas. Tidak ada yang dari kita terlahir langsung percaya diri, kita semua harus belajar bagaimana menjadi percaya diri. Aura kepercayaan diri dapat menarik perhatian positif dan membuka peluang baru. Berikut 5 trik yang akan membuatmu percaya diri sepenuhnya agar lebih mudah berdamai dengan masa lalu.

1. Gunakan bahasa tubuh

Bungkuk, lengan terlipat, atau meringkung di sudut ruangan adalah contoh bahasa tubuh yang memperkuat dan mengirimkan pesan bahwa kamu gugup, penurut, dan kurang percaya diri. Dengan melipat tangan, pada dasarnya kamu membentuk penghalang antara kamu dan orang lain, memberitahu mereka bahwa kamu tidak ingin berbicara. Jadi untuk tampil percaya diri dan bertanggung jawab, berdirilah dengan tegak, tegar, dan berani.

Mengubah postur dan bahasa tubuhmu akan mengubah kesan yang kamu buat pada orang lain. Menyentuh orang lain (di area yg tepat) juga merupakan bentuk kepercayaan dirimu. Saat kamu mengucapkan selamat tinggal, tepuk lengan mereka dengan lembut atau jika kamu tertawa bersama, genggam dengan rambut lengan bawahnya. Tapi jangan dilakukan terlalu sering. Ini malah memberikan kesan kamu tidak percaya diri dan menghindari orang lain untuk berinteraksi denganmu. Pelajari bahasa tubuh untuk tampil lebih percaya diri mulai dari sekarang.

2. Jangan gelisah!

Cobalah berdiri dengan kaki terbuka selebar pinggul. Jaga keseimbangan kakimu bahkan saat kamu duduk. Kamu akan tampak cemas jika kakimu diputar-putar atau ditepuk. Tidak ada yang lebih buruk daripada terlihat gelisah di depan seseorang yang kamu ingin buat terkesan. Gelisah adalah tanda saraf yang pasti dan ini akan membuatmu terlihat tidak profesional. Jika kamu menggerakkan tangan dengan gelisah, tetap terlipat di pangkuanmu atau gunakan untuk melebih-lebihkan poinmu saat bicara. Menggunakan tangan untuk menekankan poin menyembunyikan kegelisahan dan membuatmu tampak benar-benar tahu apa yang kamu bicarakan. Jika kamu sedang memberikan presentasi, sangat normal jika gugup dan gelisah. Cobalah memegang alat penyangga.

3. Lakukan kontak mata

Kontak mata membuatmu tampil lebih percaya diri. Pertahankan kontak mata saat kamu berbicara, serta saat lawan bicaramu berbicara. Biasakan untuk tidak menggunakan ponsel atau memandang arah lain ketika lawan bicaramu sedang bicara. Banyak hal yang perlu diingat tetapi jika kamu dapat mematuhi aturan ini, kamu akan menunjukkan kepercayaan diri dan minat pada orang-orang di sekitarmu.

4. Tersenyumlah

Senyuman bisa langsung membuatmu terlihat hangat, ramah, mudah didekati, dan lebih berkesan. Jika kamu kesulitan untuk tersenyum secara alami, cobalah untuk berikan senyum singkat dan kembali ke ekspresi yang lebih netral. Tertawa juga menjadi cara lain yang baik untuk menunjukkan dan meningkatkan kepercayaan dirimu, jika perlu.

5. Ciptakan mentalitas kepercayaan diri

Usahakan untuk tidak memikirkan kesalahan sebelumnya karena hal ini bisa memicu rasa kurang percaya diri. Ingatlah bahwa setiap kesalahan adalah kesempatan untuk belajar bagaimana memperbaiki diri di lain waktu. Setiap orang, tidak peduli seberapa percaya diri atau sangat teliti pasti pernah membuat kesalahan. Ini adalah caramu menangani masalah kepercayaan dirimu dengan penting untuk jangka waktu yang panjang.

Baca Juga: 5 Langkah Cepat untuk Meningkatkan Percaya Diri di Tempat Kerja

Itulah 5 trik yang akan membuatmu percaya diri seutuhnya karena kalau bukan kamu yang mulai untuk berdamai dengan diri sendiri, siapa lagi?

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu