6 Cara untuk Melepaskan Dirimu dari Masa Lalu

6 Cara untuk Melepaskan Dirimu dari Masa Lalu

Blog

Urbanwomen – Memang mudah untuk masuk ke dalam kebiasaan mengingat masa lalu karena kita belum berdamai dengan diri sendiri. Mungkin kamu memiliki tujuan tetapi karena alasan tertentu, kamu juga tidak bisa mencapainya. Mungkin juga penilaian diri sendiri membuatmu menurunkan ekspektasimu, atau rendahnya harga diri menghalangimu membuat perubahan positif. Kamu juga bisa terjebak dalam kekhawatiran, takut membuat keputusan, atau mengubah sesuai dalam hidupmu. Atau mungkin kamu kecewa dengan bagaimana situasi berubah dan rasanya terlalu sulit untuk melanjutkan hidup. Sebagai bentuk berdamai dengan diri sendiri, inilah 6 cara untuk melepaskan dirimu dari masa lalu.

1. Lepaskan masa lalu

Dengarkan cerita di kepalamu. Apakah kamu sering memikirkan kejadian di masa lalu? Apakah kamu tidak dapat memaafkan diri sendiri atas kesalahan yang kamu buat? Apakah kamu menyalahkan diri sendiri atau orang lain untuk hal-hal yang tidak berjalan sesuai harapan? Tanyakan pada dirimu mengapa kamu terjebak pada kenangan ini, dan apa yang dapat kamu lakukan untuk menerima dan terus maju. Kamu tidak dapat membatalkan masa lalu yang sudah terjadi, tapi kamu dapat memilih untuk menemukan kedamaian. Maafkanlah diri sendiri atau orang lain adalah cara untuk melepaskan dan melanjutkan hidup.

2. Ubah perspektif kamu

Begitu kamu melepaskan cengkraman masa lalu, kamu akan melihat realitas dengan cara baru dan merasa lebih bebas untuk mengubah sikapmu. Untuk mendapatkan perspektif baru, bermeditasilah atau habiskan waktu sendirian dengan mendengarkan suara hatimu. Jika ada waktu, kamu bisa liburan atau menjauh dari rutinitas harian untuk menjernihkan pikiran dan menjauhkan diri dari situasimu saat ini. Buka dirimu terhadap orang bau dan ide baru, melibatkan aktivitas fisik secara teratur ke dalam rutinitasmu. Semua perubahan ini akan membantumu mendapatkan perspektif baru tentang masa depan dan apa yang mungkin dilakukan.

3. Mulailah dengan perubahan kecil

Perubahan merangsang di berbagai bagian otak dapat meningkatkan kreativitas dan kejernihan pikiran. Kamu dapat memulai dari hal kecil dengan mengubah rutinitas harian mu, memindahkan barang-barang di rumah, atau mencari teman baru. Kamu mungkin tergoda untuk melewatkan hal-hal kecil karena tidak selalu terlihat penting pada saat itu. Perubahan kecil akan membantumu mencapai tujuan, dan kamu akan mulai merasa tidak terikat.

4. Percayalah pada dirimu sendiri

Percayalah kamu dapat mencapai harapanmu dan keluar dari zona nyamanmu. Buatlah daftar kekuatan dan sifat positif kamu, dan ingatlah bahwa kamu sangat mampu. Langkah pertama untuk percaya pada diri sendiri adalah mengenali keraguan dirimu. Perhatikan caramu bereaksi terhadap situasi. Kemudian kamu bisa bekerja untuk membingkai ulang keraguan dirimu. Cara lain untuk menanamkan kepercayaan pada kemampuanmu dan dengan menuliskan kesuksesan masa lalumu dan menyimpan catatan di tangan saat kamu membutuhkan bukti bahwa kamu dapat melakukan hal-hal baru.

5. Berlatihlah menjadi orang yang penuh harapan

Mungkin kamu pernah mengalami banyak kekecewaan yang membuatmu merasa tidak berdaya. Mungkin kamu mengalami perasaan pesismise secara alami. Ini adalah sesuatu yang harus kamu upayakan untuk diubah. Temukan praktik, seperti meditasi, doa, atau membaca buku-buku inspirasi, dan lakukan secara teratur. Harapan bukanlah keadaan permanen. Kamu harus mengusahakannya setiap hari.

6. Pertimbangkan untuk berbicara dengan seorang profesional

Jika kamu menemukan bahwa kamu tidak dapat mengubah pola pikir yang tidak sehat ini, pertimbangkanlah untuk berkonsultasi dengan menyedia kesehatan mental untuk membantumu mencari tahu mengapa kamu terjebak dan temukan cara untuk melepaskan diri. Merasa terjebak dapat menjadi bagian dari gangguan kesehatan mental yang dapat diobati secara efektif dengan psikoterapi, pengobatan, atau kombinasi keduanya.  Memiliki dukungan profesional saat kamu berupaya mengubah pola pikir yang telah lama ada dapat sangat membantu. Terkadang meminta bantuan bisa menjadi langkah paling penuh harapan dan dapat kamu ambil.

Baca Juga: Belajar Dari Kepahitan Masa Lalu, Membentuk Pribadi Lebih Baik

Kamu ingin maju dan berdamai dengan masa lalu, perlu untuk melakukan 6 hal di atas agar kamu menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu