Sifat positif buat kamu yang rajin menabung

6 Sifat Positif untuk Kamu yang Terbiasa Rajin Menabung

Blog

Urbanwomen – Bagi sebagian orang mungkin kebiasaan menabung hanyalah sebuah cara untuk mengumpulkan uang. Padahal di balik kegigihan menabung tersimpan beberapa hal positif lho. Yah, rajin menabung tak hanya akan memberikan kita keuntungan dalam finansial saja, tapi kegiatan ini juga sekaligus melatih diri sendiri untuk bisa menumbuhkan sifat-sifat yang baik serta positif. Maka dari itu, menabung perlu dilakukan secara rutin setiap harinya. Kebiasaan tersebut lama-lama bisa menular ke kegiatan lain. Sifat positif yang dihasilkan dari rajin menabung pun akan selalu berguna di kehidupan sehari-hari. Nah, berikut ini sifat positif untuk kamu yang terbiasa menabung.

1. Penyabar

Bagi kamu yang bersungguh-sungguh menabung, pasti kesabaranmu akan ikut terlatih. Bagaimana tidak? Kamu rela menyisihkan uang setiap harinya dan tidak mengambilnya hingga beberapa waktu ke depan. Buat orang – orang yang belum bisa mengontrol emosi, membiasakan diri untuk menabung bisa menjadi salah satu cara agar menjadi seseorang yang penyabar. Kamu akan kuat menahan emosi karena tahu bahwa beberapa hal memang membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

2. Pandai mengontrol diri

Saat kamu menyimpan uang dan tidak rutin untuk mengambilnya dalam jangka waktu tertentu, itu menunjukan bahwa orang tersebut tidak mudah tergoda untuk sesuatu yang sifatnya hanya sementara. Ia tahu betul kebutuhannya setiap hari sehingga tidak menghambur-hamburkan uang yang dimiliki. Menabung juga bisa dikatakan sebagai cara terbaik untuk mengenali diri sendiri. Semakin rajin menabung, maka kita akan semakin pandai dalam mengontrol diri agar tidak melakukan sesuatu yang salah.

3. Tidak egois

Sifat positif lainnya adalah, orang yang rajin menabung tidak egois. Yah, tabungan yang dimiliki seseorang yang gemar menabung menunjukkan bahwa ia tidak hanya memikirkan egonya sendiri. Dengan menahan nafsu untuk pengeluaran yang berlebih, orang yang rajin menabung juga memikirkan tentang kemungkinan masa depan. Orang-orang yang gemar menabung menyadari bahwa hidup tidak hanya untuk bersenang-senang. Untuk itu, ia menabung agar saat kejadian kurang menyenangkan terjadi, ia sudah siap untuk itu.

4. Mempunyai pendirian yang kuat

Ketika mulai menabung, seseorang tentu sudah punya tujuan pasti mengenai dana yang ia simpan tersebut. Jika menabung rutin dilakukan, maka orang tersebut akan semakin bersemangat untuk memenuhi tujuan yang ia canangkan di awal. Sifat ini membuat orang yang rajin menabung sulit untuk merasa goyah. Ia akan terus termotivasi untuk menggapai tujuan yang ia inginkan.

5. Siap menerima semua kemungkinan

Orang yang gemar menabung tidak hanya memikirkan kemungkinan-kemungkinan yang manis saja di masa depan. Mereka umumnya juga sudah memperhitungkan skenario terburuk ang bisa terjadi. Bedanya dengan orang lain, mereka yang rajin menabung lebih siap untuk menerima keadaan tersebut. Mereka tidak akan takut karena semua sudah dipersiapkan dengan baik.

6. Mandiri

Kemandirian juga salah satu sifat positif yang dianugerahkan bagi mereka yang suka menabung. Pasalnya, dari kebiasaan ini mereka cenderung berpikir bahwa setiap keinginan pasti akan diperjuangkan sendiri, yakni dengan cara menabung. Sebagai contoh, ia ingin membeli kendaraan, karena sudah terbiasa menabung pastinya ia lebih memilih mengumpulkan uang hingga kendaraan tersebut terbeli, daripada harus meminjam atau menyicil pada seseorang atau bank.

Baca Juga: Hobi Menabung Tanpa Sengaja

Itu dia beberapa sifat positif yang dihasilkan dari kebiasaan rajin menabung. Semua orang pastinya memiliki sifat-sifat yang positif namun dengan menabung kita bisa mengasah sifat-sifat tersebut sehingga kita bisa terus belajar untuk menjadi manusia yang lebih baik. Jadi, jangan selalu menganggap bahwa menabung hanya sekedar urusan finansial yah Urbanese.

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu