Anti Malas-Malasan Selama Puasa Meski Harus Di Rumah Saja

Blog

Urbanwomen.org. Biasanya di hari-hari pertama puasa Ramadhan kita cenderung berada dalam energi saving mode alias hemat tenaga, atau bisa dibilang bermalas-malasan. Wajar saja karena tanpa adanya asupan energi yang masuk ke tubuh lewat makanan, kita pun jadi merasa lemas. Ditambah lagi adanya pandemi seperti sekarang ini, kita tidak bisa kemana-mana, jangankan buka puasa bersama bareng teman, untuk ngabuburit saja  tidak bisa. Nah, agar lebih bersemangat dan produktif selama puasa di rumah, coba beberapa tips anti malas berikut ini.

 Baca Juga: Mengatasi Stres di Rumah Dalam Waktu Singkat

1.Cobalah untuk istirahat lebih awal

Alt: anti malas saat puasa

Tips pertama agar tidak malas selama puasa di rumah, cobalah untuk tidur malam lebih awal, karena harus bangun sahur, sehingga jam istirahat anda tidak banyak berkurang. Dengan tidur cukup akan membantu tubuh memulihkan dirinya sehingga kita bisa lebih berenergi menjalankan pekerjaan meski berada di rumah saja. Tidur lebih awal juga dapat mengurangi stres karena banyaknya aktivitas sehari-hari.

 

2.Selingi dengan ibadah

Alt: anti malas saat puasa

Jika terasa berat untuk melakukan olahraga, cobalah imbangi aktivitas work from home (WFH) anda dengan beribadah, dari sholat wajib sampai yang sunnah. Dengan cara ini tubuh akan lebih tersegarkan sehingga tidak mengantuk dan merasa lesu. Jika memungkinkan biar lebih segar, lakukan sembahyang di ruang lain yang berbeda dengan tempat anda melakukan rutinitas pekerjaan.

 

3.Jadwalkan buka puasa bersama

Alt: anti malas saat puasa

Jika tahun-tahun sebelumnya kita biasa buka puasa bersama atau bukber dengan tatap muka secara langsung, coba kali ini anda dan teman-teman mengatur bukber secara virtual. Anda bisa membuat janji di waktu yang sudah ditentukan sembari menyalakan video call lewat laptop. Buat anak kosan dan para ekstrover yang haus bersosialisasi, pasti hal ini bisa bikin happy. Yuk cobain.

 

4.Membuat takjil dan lauk sendiri

Alt: anti malas saat puasa

Agar lebih semangat menunggu waktu berbuka, coba siapkan menu takjil dan berbuka puasa yang mudah yang bisa anda tiru di internet. Supaya tidak mengganggu waktu bekerja, anda bisa menyiapkan dari malam sebelumnya atau pagi hari setelah sahur, lalu simpan di dalam kulkas. Jadi anda tinggal mengolahnya jelang waktu berbuka. Praktis dan bikin semangat bukan.

 

5.Buat jadwal delivery makanan

Alt: anti malas saat puasa

Jika tidak memungkina memasak karena ngekos atau hal lain, anda masih bisa mengandalkan layanan pesan antar dari ojek online. Nah, biar lebih semangat, cobalah untuk membuat jadwal menu order apa di hari apa, baik untuk sahur maupun berbuka puasa. Jangan lupa kasih tip lebih untuk abannya, dan jika memungkinkan pesan sejam sebelumnya agar tidak sulit menemukan kurirnya.

Baca Juga: Menikmati Travel Virtual Terasa Keliling Dunia saat #DirumahAja

Nah, itu dia beberapa tips anti malas-malasan saat puasa meski harus di rumah saja. Meskipun tahun ini tidak seperti tahun kemarin bukan berarti kamu patah semangat yah urbanese. Sebaliknya, kamu harus lebih bersemangat dan tetap mematuhi aturan pemerintah untuk tidak keluar rumah, semoga segala aktivitas positif yang kita lakukan bisa memberikan dampak yang baik pula kepada orang lain. Semangat berpuasa dan tetap jaga kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu