Berpikir Positif untuk Menjaga Kesehatan Mental Selama Pandemi Covid-19

Blog

Urbanwomen. Ditengah menghadapi situasi pandemi covid-19 akhir-akhir ini banyak memperhatikan kesehatan mental. Apakah kamu termasuk aware dalam memperhatikan kesehatan mental pada diri kalian? Selain kesehatan fisik ada kesehatan mental yang tak kalah penting untuk dijaga. Karena kesejahteraan mental ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu maka kecemasan dan kekhawatiran harus dihapuskan.

Baca Juga: Pusingnya Mengatur Budget Rumah Tangga di Tengah Pandemi Virus Corona

Pentingnya memahami kesehatan mental

Word health organization (WHO) menyatakan bahwa kesehatan mental merupakan kondisi dari kesejahteraan yang disadari individu, yang didalamnya mengandung kemampuan untuk mengelola emosi kehidupan. Jadi pada hakikatnya orang yang bermental sehat adalah orang yang menguasai dan mengatasi segala faktor perasaan dalam hidupnya. Sehingga tidak menimbulkan gangguan kesehatan. Seperti sekarang ini banyak rencana yang menjadi berantakan akibat wabah pandemi, sehingga bagi mereka yang lemah mentalnya akan mudah menyerah dan pasrah. Padahal jika kita berpikir kebelakang, kita akan sadar bahwa sudah banyak ujian berat yang dilalui jauh sebelum ada pandemic covid-19. Lalu seberapa penting menjaga kesehatan mental bagi kita? Mungkin beberapa jawaban ini bisa jadi pelajaran untuk kita semua.

 

Dapat menghindari rasa depresi

Depresi bisa saja menghampiri kita ketika mental kita terganggu. Maka dari itu depresi harus dicegah karena dapat menyebabkan hidup kita menjadi tidak berjalan normal. Dengan menjaga kesehatan mental kita juga bisa terhindari dari kecemasan yang dapat memicu stres. Hal ini tentu saja sangat penting mengingat stres dapat menimbulkan imunitas tubuh menurun. Jika imun atau daya tahan tubuh menurun, berbagai penyakit pun mudah menyerang.

 

Dapat menyelesaikan masalah

Setiap orang pasti pernah dilanda masalah baik masalah ringan maupun besar. Dengan mental yang sehat akan menjamin kita untuk bisa menyelesaikan masalah dengan baik tanpa harus berputus asa. Yah, dengan senantiasa berpikir positif kita bisa mengendalikan emosi sehingga kita bisa tenang dalam menghadapi masalah sebesar apapun. Apalagi masalah pandemik seperti sekarang ini, jika kita memiliki bekal mental yang sehat tentu saja kita bisa hidup tenang.

 

Dapat tertawa lepas

Mereka yang tertawa lepas bisa dikatakan sehat secara mental karena terbebas dari beban dan stress yang mengganggu. Yah, para ahli kesehatan pun banyak yang mengatakan bahwa banyak sekali manfaat tersenyum bahagia bagi kesehatan mental dan kesehatan fisik. Untuk itu, mari jaga kesehatan mental dan mulailah tersenyum untuk diri kita dan orang lain.

 

Dapat meningkatkan iman

Kesehatan mental juga dapat meningkatkan keimanan kita karena antara iman dan kesehatan mental sangatlah berkaitan. Kita bisa selalu berdoa untuk mendekatkan diri kepada tuhan. Lalu doa bisa membuat kita menjadi lebih tenang dalam jika dan pikiran. Jadi berawal dari kesehatan mental kita bisa memperkokoh keimanan kita.

Baca Juga: Menikmati Travel Virtual Terasa Keliling Dunia saat #DirumahAja

Demikian pentingnya kesehatan mental untuk diri kita dan orang lain. Selain di atas masih banyak manfaat kesehatan mental yang bisa kita nikmati. Dimasa-masa sulit selama pandemi ini tentu banyak sekali faktor yang dapat mempengaruhi kesehatan mental, namun jika kita selalu yakin kepada tuhan dan senantiasa berpikir positif, apapun ujiannya pasti dapat dilalui dengan mudah. Semoga kita bisa menjaga kesehatan mental dalam menghadapi wabah virus corona.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu