Memahami 10 Fakta Menarik The New Normal

Blog

Urbanwomen. Jangan menyambut new normal dengan euforia. Yah karena untuk menyambut era new normal atau tatanan normal baru di tengah pandemi Covid-19 dibutuhkan sikap disiplin yang tinggi terhadap perilaku hidup bersih. Yakin anda siap menghadapi era new normal? Hal ini bertujuan agar semua dapat tetap produktif, namun aman dari penyebaran Covid-19. Tak hanya perilaku hidup bersih, Urbanese juga perlu menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh serta jangan mudah panik. Kedua langkah hal ini bisa menjadi langkah preventif untuk menghadapi pandemi. Karena preventif yang sebenarnya ada di diri kita masing-masing. Sedangkan upaya preventif lain dengan vaksin, hingga kini masih belum ditemukan oleh para ahlinya dan dalam waktu yang belum bisa ditentukan. Alhasil pelaksanaan era new normal pun memiliki fakta menarik. Nah, berikut ini hal-hal yang perlu Urbanese pahami dari istilah New normal atau tatanan normal baru yang saat ini sudah mulai dijalani di Indonesia.

1.New normal merupakan kebijakan membuka kembali aktivitas ekonomi, sosial dan kegiatan publik secara terbatas dengan mengedepankan standar kesehatan yang sebelumnya tidak ada sebelum pandemi Covid-19

2.New normal merupakan upaya untuk menyelamatkan hidup warga dan menjaga agar negara-negara tetap bisa berdaya menjalankan fungsinya.

3.New normal merupakan tahapan baru setelah kebijakan di rumah saja atau bekerja dari rumah atau pembatasan sosial yang diberlakukan untuk mencegah penyebaran masif wabah Covid-19

4.New normal diberlakukan karena tidak mungkin kita terus menerus di rumah saja tanpa kepastian. Serta tidak mungkin seluruh aktivitas ekonomi berhenti tanpa kepastian yang bisa berdampak pada kebangkrutan sehingga memungkinkan bisa terjadinya pemutusan hubungan kerja (PHK) massal bahkan mungkin bisa terjadi kekacauan sosial.

5.New normal bertujuan agar negara tetap mampu menjalankan fungsi-fungsinya sesuai konstitusi. Mungkin kita juga memahami bahwa pemasukan negara berasal dari pajak dan penerimaan negara lainnya. Jika aktivitas ekonomi terus berhenti maka negara tidak punya pemasukan, akibatnya negara juga tidak bisa mengurus rakyatnya.

6.New normal diberlakukan dengan kesadaran penuh bahwa wabah ini masih ada dan belum bisa diatasi. Untuk itu aktivitas ekonomi publik diperbolehkan dengan syarat menggunakan protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

7.Jika new normal tidak dilakukan maka dampak sosial ekonominya tidak akan bisa tertahankan. Kebangkrutan korporasi selanjutnya ekonomi akan membawa efek domino kebangkrutan negara.

8.Jika diantara urbanese tidak setuju dengan new normal, maka urbanese tetap di rumah saka. Sebab banyak diantara kita yang tetap harus keluar rumah untuk bisa menghidupi keluarganya. Tidak semua orang bisa bertahan selama berbulan-bulan dan tetap bisa menghidupi keluarganya.

9.Untuk memastikan new normal bisa berjalan baik maka pemerintah harus melakukan upaya yang sistematis, terkoordinasi dan konsisten dalam melakukan pengawasan publik dan law enforcement. Di dalamnya juga termasuk memperbesar kapasitas sektor kesehatan kita untuk mengantisipasi bertambahnya jumlah korban Covid-19.

10.Pemerintah pusat dan daerah harus bersinergi untuk memastikan pemeriksaan kesehatan yang masif, tersedianya sarana perawatan dan peralatan medi, melindungi mereka yang paling rentan melalui penyiapan pengamanan sosial yang tepat sasaran dan perlindungan kesehatan.

Sudah paham kan kenapa perlu adanya new normal? Ingat ya urbanese, jangan sambut new normal dengan euforia dan keberhasilan dari kebijakan pemerintah ini juga harus kita dukung bersama dengan disiplin melakukan protokol kesehatan yang sudah disampaikan saat beraktivitas diluar rumah.

Nah, dari sekian fakta di atas perlu urbanese ketahui bahwa era new normal, di sini artinya diberlakukannya kenormalan baru untuk urbanese yang akan melakukan aktivitas di luar rumah bisa dilakukan dengan catatan melakukan protokol kesehatan yang telah ditetapkan. Maka bukan berarti kita tidak bisa bebas berkumpul atau bersosialisasi atau keluar rumah untuk pergi ke mall atau arisan. Jadi yang terpenting dalam hal ini kita harus patuh terhadap aturan dan disiplin terhadap kebersihan.

 

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu