Menabung membuat hidup bahagia

Menabung Buat Hidupmu Mandiri dan Selalu Bahagia

Blog

Urbanwomen –Tak perlu berkecil hati dengan kebiasaan kamu menabung, sehingga membuatmu tak se-asyik rekan lain seusiamu yang senang menghamburkan uang dari penghasilannya. Sebagian orang yang memiliki penghasilan, sering kali tergoda untuk menikmati jerih payahnya dengan makan di tempat yang sedikit mahal, atau membeli aneka barang. Namun, pilihan kamu sudah tepat yakni, tetap menabung. karena menabung begitu banyak manfaat. Nah berikut ini lima manfaat menabung yang dikemukakan Melanie Wright, seorang mentor Independen dalam mengelola uang yang tak hanya membuat hidup mandiri tapi juga selalu bahagia.

1. Menjadi sosok mandiri

Dengan memiliki tabungan, pastinya kamu akan menjadi sosok mandiri secara finansial dan lebih cepat. Jika tabungan sudah cukup, kamu bisa mulai mempertimbangkan penggunaan sebagian dana tersebut untuk membeli rumah masa depan atau melunasi cicilan kebutuhan penting. Menabung juga melatih diri menjadi disiplin, baik dalam mengatur keuangan maupun kebutuhan.

2. Tidak khawatir saat ada kejadian tak terduga

Jika memiliki tabungan pastinya kamu tidak akan khawatir jika ada kejadian tak terduga, dan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Misalnya, tiba-tiba laptop yang menjadi andalan kamu untuk bekerja rusak. Kamu bisa menggunakan tabungan kamu untuk memperbaikinya, atau menggantinya dengan yang baru. Langkah tersebut tentu lebih bijak dan tidak merugi, ketimbang harus pinjam atau menggunakan jasa kredit.

3. Antisipasi PHK

Dengan menabung, kamu bisa sekaligus mengantisipasi ketika terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) Dengan adanya cadangan uang, kamu bisa menghidupi kebutuhan keseharian kamu hingga mendapatkan kembali pekerjaan.

4. Sonsong kebutuhan masa depan

Kebutuhan hidup saat kamu sendiri, setelah berkeluarga, dan menua, tentunya berbeda. Kamu akan merasa tetap nyaman dengan perubahan kebutuhan tersebut, jika memiliki tabungan.

5. Bahagia saat pensiun

Sedari awal, kamu sebaiknya sudah memikirkan menabung untuk jangka panjang, yaitu hingga kamu memasuki masa pensiun. Semakin awal kamu berpikir tentang perencanaan pensiun, itu lebih baik. Kamu pun akan bahagia menjalani hari-hari di masa tua nanti.

6. Mengajarkan kita agar tepat janji

Kita mungkin pernah membuat janji dengan diri sendiri untuk menabung setiap hari, misalnya sebanyak lima ribu rupiah. Siapa yang pada awalnya sulit untuk menepati janji? Namun karena sudah berjanji pada diri sendiri, maka hal ini harus ditepati. Terlebih kalau kita menabung untuk membeli suatu barang. Yap, dengan menabung , manfaat yang bisa dapatkan adalah mengajarkan kepada diri sendiri untuk bisa menepati janji yang sudah dibuat sendiri.

Baca Juga: Menjadi Perempuan Mandiri Namun Tetap Saling Membutuhkan

Menabung adalah tujuan hidup positif yang tak hanya penting untuk menunjang segala kebutuhan di suatu saat nanti. Tapi, menabung bisa menjadi media untuk membantu proses hidup agar lebih baik. Salah satunya membuat dirimu semakin bersabar, tekun dan mandiri dalam meraih sebuah impian hidup.

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu