Manfaat menabung untuk kesehatan mental

Menabung Menjadikanmu Bahagia dan Sehat Mental

Blog

Urbanwomen – Sebagian dari kita sejak kecil sudah diajarkan untuk rajin menabung. Meski jumlahnya tidak seberapa, kita diminta untuk membiasakan diri menyisihkan sebagian uang jajan sebagai tabungan. Bahkan saat kita masih kanak-kanak atau sekolah dasar, guru akan memberikan buku tabungan. Apakah urbanese masih ingat? Melalui menabung, kita juga diajarkan berhemat guna menjadi manusia yang pandai dalam mengelola keuangan dan mengelola diri dalam bersikap.

Dan tahukah kamu bahwa dampak positif menabung sebenarnya bukan hanya dari sisi keuangan saja. Para Psikolog menyebutkan bahwa menabung juga memiliki dampak yang sangat baik bagi diri kita, tentunya bukan soal finansial saja. Yah, menabung terbukti berpengaruh baik untuk kesehatan mental dan cenderung membuat seseorang selalu bahagia. Ingin tahu penjelasan lebih rinci, berikut ini mengenai bagaimana menabung secara teratur dapat memberikan efek baik secara psikologis.

1. Memberikan ketenangan pada diri kita

Diakui atau tidak, kamu pasti akan merasa stres jika tidak bisa tidur dengan nyenyak, makan dengan enak, dan rasanya seperti dihantui sesuatu ketika memiliki hutang atau sisa uang yang kamu miliki tinggal sedikit padahal gajian masih lama. Sebaliknya, ketika kamu berhasil menyisihkan uang lalu menabung, kamu akan merasa lebih tenang. Para psikolog menyebutkan bahwa tabungan adalah bagian dari asuransi pribadi. Nah, asuransi itu tidak bisa dijual atau ditawarkan oleh perusahaan. Itu adalah asuransi yang hanya bisa diciptakan oleh diri sendiri demi ketenangan pribadi.

Jika direnungkan, apa yang dijelaskan psikolog memang benar. Kita akan jauh lebih tenang ketika memiliki uang cadangan atau simpanan yang bisa digunakan dalam kondisi darurat atau untuk kebutuhan tak terduga. Orang yang memiliki tabungan bukan hanya akan sehat secara finansial melainkan juga sehat secara psikis. Setidaknya kekhawatiran dan stres akibat kesulitan keuangan bisa diminimalisir jika kamu memiliki tabungan.

2. Kepercayaan diri meningkat

Memiliki tabungan juga bisa menambah rasa percaya diri. Bagaimana bisa? Pertama, memiliki tabungan apalagi dalam jumlah yang cukup besar bisa menjadi sesuatu yang cukup membangagakan. Itu bisa jadi tanda kesuksesan kamu dalam bekerja. Kedua, mempunyai tabungan yang bisa diandalkan untuk membayar atau membeli barang-barang jika dibutuhkan. Misalnya saja kamu mendadak butuh A, kamu tidak perlu sedih atau menunggu lama lagi untuk segera membelinya.

3. Lebih optimis

Dampak psikis lain yang hanya bisa dirasakan oleh orang yang memiliki tabungan adalah rasa optimis. Penelitian menyebutkan bahwa memiliki simpanan, meski sekecil apapun jumlahnya, bisa membangun rasa optimisme. Ketika melihat saldo yang bertambah, kamu akan merasa lebih semangat dan optimis dalam bekerja. Besar ataupun kecil pertumbuhannya yang pasti itu bisa menjadikan kamu lebih ringan bekerja keras. Kamu akan terdorong untuk mencari berbagai macam cara agar bisa menabung lebih banyak lagi dan memiliki uang dengan cara yang lebih cepat. Hal itu akan sangat bagus untuk membuatmu bekerja lebih giat.

4. Meningkatkan simpati dan empati

Menabung bukan malah akan membuatmu menjadi sosok yang sangat perhitungan dan pelit. Sebaliknya, kamu justru akan lebih bisa memiliki rasa simpati dan empati terhadap mereka yang kekurangan. Kamu bukan hanya melihat dari satu sudut pandang saja jika bicara mengenai masalah keuangan. Kamu kana menempatkan diri sebagai mereka yang sedang kesulitan juga. Karena menabung akan memberikan pelajaran untuk melihat juga apa yang dibutuhkan orang lain. Kamu akan lebih perhatian dan tidak akan sungkan untuk menyisihkan harta untuk berdonasi.

Baca Juga: Pandangan Pria tentang Wanita yang Rajin Menabung

Nah, itulah beberapa manfaat menabung menurut psikolog yang tak hanya membuat kita lebih baik secara finansial tapi juga baik secara kesehatan mental. Artinya dengan menabung banyak pelajaran yang bisa kita dapatkan untuk menjadi manusia yang lebih baik, menabung memiliki dampak yang luar biasa. Kita tidak hanya memiliki uang yang bisa digunakan di masa depan atau masa darurat melainkan juga diberikan energi secara psikis. Yuk rajin menabung, apalagi bagi kamu kaum wanita yang seringkali menghadapi berbagai masalah, tak hanya keuangan tapi juga dalam kehidupan sehari-hari. Dengan menabung paling tidak kamu akan banyak belajar, sehingga bisa menjadi pribadi yang lebih baik.

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu